Baznas Depok Bertekad Hadirkan Kampung Zakat Pertama di Indonesia

Sen, 26 Des 2022 06:19:53pm Dilihat 523 kali author Wismo
[Sassy_Social_Share]

Baznas Depok Bertekad Hadirkan Kampung Zakat Pertama di Indonesia

 

Platmerqh.net, Depok- Dalam melaksanakan tugas pengum pulan zakat dari para muzaki kedepannya Baznas Depok dapat bersinergi dengan PWI Depok, guna meningkatkan kesadaran para muzaki dalam membayar zakatnya.

Baznas Depok kedepannya juga ber cita-cita menjadikan Depok sebagai Kota Zakat pertama di Indonesia .

Ketua Baznas Depok Dr.En dang Ahmad Yani lebih lanjut mengatakan,“Kota zakat itu adalah berisikan masyarakat yang peduli dengan gerakan zakat, kemudian masyarakat siap untuk berzakat dan berdonasi, dengan hal seperti itu maka kami yakin Depok akan menjadi Kota Zakat pertama di Indonesia.”

Hal itu diungkapkan Dr Endang ketika melakukan Silahturahmi dengan Jajaran Wartawan yang tergabung dalam PWI Depok di Kantornya Sekretariat Jalan Melati Raya no 3, Depok Jaya, Senin (26/12/2022).

Dr. Endang Ahmad Yani menga takan bahwa kedepan akan melaksanakan program pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis masjid, yang mana segala program pemberdayaan akan terpusat dimasjid, sehingga masjid menjadi pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat,

Menyinggung tentang Kampung Zakat Endang menjelaskan,”Adalah kampung di mana muzakkinya orang yang membayar zakatnya orang situ kemudian bikin program dan diperuntukkan untuk orang mustahik (penerima zakat) juga di situ sehingga orang kaya itu bisa memberdayakan anak masyarakatnya di sekitar situ.

Untuk itu pertama pihaknya mengambil lokasi di Mesjid Wikayah Pengasinan dan berharap menyusul daerah lainnya, terangnya.

Dari data yang ada di Depok saat ini terdapat 139,882 orang Muzaki;dengan nominal
Penghimpunan Rp. 16,717,288,565 sedangkan penyaluran Rp. 17,827,055,887 diberikan kepada 68,377 orang
Mustahik.

Ketika ditanyakan banyak warga kota Depok yang membayar zakat di Jakarta sesuai dengan lokasi kantor mereka,Endang mengatakan,
“Sebetulnya secara syariat zakat itu adalah dibayarkan dimana dia tinggal, misalkan siapapun orang Depok berarti dia harus bayar zakatnya di Depok secara Syariah bukan di luar Depok.

“Cuma kenyataannya sekarang banyak orang Depok yang kerja di perusahaan di Jakarta maka dia zakatnya dipotong di Jakar ta, nah seharusnya dia bayar zakat di Depok nah.” terangnya.

Sekarang ini sekitar 60% orang warga Depok yang jadi karyawan di Jakarta membayar zakatnya di Jakarta.

“Sehingga menyulitkan untuk kita mendapatkan zakat dari mereka dan akhirnya terjadi zakat “offline” zakatnya lari ke luar Depok.”.tambahnya.

Seyogyanya pemerintah membuat satu regulasi Kalau karyawan orang Depok bekerja di Jakarta ketika membayar zakatnya di Jakarta sebagian zakat tersebut dikembalikan ke Kota Depok, pintanya.

“Ya seharusnya pembayaran zakat itu terkait dengan azas domisili. Karena zaman para sahabat Rosulullah dulu zakat itu diambil di situ dan dikeluar kan (dikembalikan) sesuai domisili.” ujar Endang.

Disebutkan saat ini Baznas Kota Depok sedangkan melaksanakan Lima Program, yakni 1.Depok Cerdas untuk beasiswa bayar SPP murid 2.Depok sehat mem bayar BPJS 3.Depok Sejahtera 4 Depok Peduli bantuan bencana dan lain lain serta 5.Depok Taqwa bantuan kepada 32 orang Marbot.(wismo).

 

News Feed

Dengan Kurikulum Merdeka Guru Penggerak Diharapkan Dapat Mengangkat Bakat Siswa Sesuai Kemampuan

Ming, 25 Feb 2024 01:14:31am

  Dengan Kurikulum Merdeka Guru Penggerak Diharapkan Dapat Mengangkat Bakat Siswa Sesuai Kemampuan Platmerah.net,Depok :Dinas Pendidikan...

Forum Renja DPRD Kota Depok Tahun 2025,Usung Thema Optimalisasi Pelaksanaan Trifungsi DPRD Setempat

Sab, 24 Feb 2024 06:26:38pm

Forum Renja DPRD Kota Depok Tahun 2025,Usung Thema Optimalisasi Pelaksanaan Trifungsi DPRD Setempat Platmerah.net,Depok- DPRD Kota Depok...

Ketua kelompok tani Mekar Wangi abaikan panggilan Kepala dinas Pertanian Kabupaten Bandung

Jum, 23 Feb 2024 04:02:22pm

CICALENGKA  PLATMERAH NET  Ketua Kelompok tani Mekar Wangi Desa Panenjoan Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung Jawa Barat Sobur Al-Qhadarisman...

Kepala Kantor Pajak Pratama Depok Cimanggis Kunjungi Kantor PWI Kota Depok

Kam, 22 Feb 2024 08:36:24pm

 Kepala Kantor Pajak Pratama Depok Cimanggis Kunjungi Kantor PWI Kota Depok Platmerah.net,Depok-Ketua PWI Kota Depok, Rusdy Nurdiansyah menerima...

Bappeda Depok Apresiasi Kemitraan  Dengan Pers Khsusnya PWI Kota Depok

Kam, 22 Feb 2024 07:12:57pm

  Bappeda Depok Apresiasi Kemitraan  Dengan Pers Khsusnya PWI Kota Depok. Platmerah.net,Depok-Ketua PWI Kota Depok, Rusdy Nurdiansyah menjadi...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 5
  • Visit Today : 7
  • Visitors Total : 74835
  • Visit Total : 139148