F4B9644A-83B2-46E4-8EDE-0CA7199A7835
[Sassy_Social_Share]

“Khas Tegalrejo, Bekunya Saje”

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) – Camat Lawang Kidul bersama Manajemen PT Satria Bahana Sarana (SBS) dan Kepala Desa Tegalrejo Jumat siang (15/8/2023), melaunching Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Stik Labu Madu dan Sawi Caisim produksi Kelompok Wanita Tani (KWT) Tegal Serasan desa Tegalrejo, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim.

Turut hadir dalam Launching tersebut, Camat Lawang Kidul Andrille Martin, SE diwakili oleh Kasi PMD Ispahmi,S.K.M.,M.M, Senior Manager (SM) SDM dan Layum PT SBS Yudhi Wibowo, Kepala Desa (Kades) Tegalrejo Teguh Priono, Ketua BPD Tegalrejo Maryanto AD, Ketua KWT Tegal Serasan Rumiyati, yang mewakili Dinas Ketahanan Pangan Kab.Muara Enim, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan, Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kab.Muara Enim, PPL Pertanian Kab. Muara Enim, UPTD Puskesmas Tanjung Enim, Ketua KWT Sejahtera desa Keban Agung, Ketua KWT desa Saka Jaya Trans Muara Enim, Kepala Pengadaian Tanjung Enim, Ketua Pokja I,II,III dan IV TIM Penggerak (TP) PKK Kec.Lawang Kidul, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Tegalrejo, para Ketua RT dan Kepala Dusun (Kadus) I,II,III dan IV desa Tegalrejo, Ketua Karang Taruna Desa Tegalrejo, serta Sesepuh masyarakat desa Tegalrejo dan seluruh pengurus dan anggota Ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) Tegal Serasan (Tegas) desa Tegalrejo.

Ketua Panitia penyelenggara kegiatan Tuty Niati dalam laporannya menjelaskan, terbentuknya organisasi KWT Ini sejak tahun 2020 dalam naungan dan binaan Dinas Ketahanan Pangan Kab.Muara Enim yang dibina dan dibimbing langsung oleh orang-orang yang ahli (kompeten,red) dibidangnya baik ahli dalam masalah perikanan, tanaman dan bahkan agro bisnis.

Dikatakan Tuty sudah banyak prestasi yang telah diraih oleh ibu-ibu KWT Tegas yakni pernah meraih Juara 1 lomba stand bazar di hari Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kab.Muara Enim, juara 2 lomba olahan sayur dan buah dalam event Expo di kota Muara Enim dan juga menjuarai lomba olahan kuliner yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Kab.Muara Enim.

“Alhamdulillah, saat itu kami menerima bantuan dalam bentuk kolam Aquabioflok sebanyak 2 (tiga) unit lengkap, mesin pompa air dan sebagainya dari Dinas Ketahanan Pangan Muara Enim, dan saat ini kami masih menjaga dan merawat aset tersebut. Kemudian mengelola dan menjalankan usaha ternak ikan lele dan juga sayuran sehat,”ujarnya.

Adapun produk unggulan dari KWT Tegas lanjutnya adalah buah labu madu dan sayur Saicim juga kangkung dalam Budikamber. “Nah, dari bahan yang ada inilah kami menciptakan produk unggulan dari KWT Tegas yakni berinovasi menjadi jajanan cemilan yang enak dan gurih untuk disantap dalam bentuk Stik Labu Madu dan Stik Sawi Saicim. Dan satu lagi produk dari KWT Tegas yakni Kopi Susu Gula Aren, yakni perpaduan dari biji kopi bubuk Semendo dan gula aren,”jelasnya.

Atas dasar itulah lanjut Tuty pihaknya menyelenggarakan acara ini dengan harapan semua masyarakat luas dapat mengenal akan produk KWT Tegas.

“Juga instansi-instansi terkait lainnya, para mitra KWT yang telah banyak membantu kami hingga impian akan dapat memasarkan produk kami dalam jumlah banyak dan sampai masuk dikenal ke berbagai instansi dapat terwujud. Sebelum Launching ini kami sudah memproduksi stik dengan 2 (dua) rasa dan sudah 3 (tiga) kali produksi dalam jumlah besar. Alhamdulillah banyak orang yang menyukai dan PT SBS sudah membantu dalam memasarkannya,”tambahnya.

“Kepercayaan dan kerjasama ini akan selalu kami jaga sepenuh hati agar kedepan apa yang dicita-citakan menjadi harapan dan impian kita semua. Dapat terus memproduksi stik labu dan stik caisim ini. Kami bersyukur telah banyak dibantu dalam berbagai hal baik perijinan, mendesain label kemasan, dan lain sebagainya, sekali lagi terima kasih,”pungkasnya.

Ketua KWT Tegal Serasan Rumiyati pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada manajemen PT SBS dan berharap agar bukan hanya KWT desa Tegalrejo saja yang ada, namun juga nantinya ikut tumbuh KWT di desa Keban Agung, Darmo dan semua desa/kelurahan yang ada di Kecamatan Lawang Kidul.

“Ayo kita manfaatkan dan kita minta disini, ada PT SBS, ada CSR PTBA, PT Pama dan lain-lainnya. Inti nya kita semua harus maju. Kenapa harus maju? Karena kita ini ibu rumah tangga,kalau tidak ada kegiatan jemu di rumah,jangan hanya berkutat dengan dapur, ngasuh,jadi kita harus membuat kegiatan/kesibukan masing-masing,”tukasnya.

Dikatakannya, kegiatan ini diselenggarakan oleh KWT Tegas dengan disuport sepenuhnya dari CSR PT SBS. “Terimakasih telah percaya pada kami dan menjadi mitra binaannya. Semoga kerjasama ini menjadi langkah awal bagi kami ibu-ibu KWT yang akan terus berkarya dan berinovasi untuk menciptakan produk-produk baru yang menjadi ciri khas oleh-oleh Desa Tegalrejo Kecamatan Lawang Kidul,”ucapnya.

“Sekali lagi ucapan terima kasih kami kepada CSR PT SBS yang telah mengajak ibu-ibu KWT Tegas bekerjasama dan belajar berbisnis dengan peluang dan kesempatan yang diberikan secara tidak langsung memberdayakan ibu-ibu disela-sela waktu untuk mengerjakan sesuatu yang bermanfaat baik untuk diri sendiri, untuk organisasi maupun masyarakat,”tutupnya.

Kepala Desa Tegalrejo Teguh Priono dlm kesempatan itu atasnama pribadi dan juga pemerintah desa Tegalrejo serta masyarakat mengucapkan terima kasihnya kepada manajemen PT SBS.

“Sebetulnya masih banyak produk-produk kreativitas dari ibu-ibu desa Tegalrejo,namun yang lain terkendala persoalan pengurusan perizinan. Nah alhamdulillah untuk dua produk ini yakni Stik Labu Madu dan stik Sawi Caisim sudah resmi izinnya, NPWP nya sudah ada, label Halal MUI nya juga sudah ada dan lain sebagainya. Itu semua berkat bantuan dari manajemen PT SBS. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih, karena sudah membimbing dan membina sehingga KWT Tegas ini bisa maju seperti sekarang ini,”sebutnya.

“Demikian juga kepada dinas-dinas terkait supaya KWT Tegal Serasan ini, In ShaaAllah selalu di suport dan didukung penuh untuk kegiatan-kegiatan kedepannya ataupun untuk produk-produk yang lainnya. Dan harapan saya dengan adanya Launching ini bisa menambah income ataupun pemasukan bagi ekonomi keluarga. Kami dari pemerintahan desa akan selalu mendukung penuh apapun itu, baik dari segi perizinan dan lain sebagainya,”tutupnya.

Sedangkan Senior Manager SDM dan Layum PT SBS Yudhi Wibowo mengawali sambutannya menjelaskan, bahwa PT Satria Bahana Sarana atau SBS merupakan anak usaha PT Bukit Asam Tbk atau PTBA.

“Kami ingin sukses bersama masyarakat. Salahsatu wujud nyata PT SBS ingin tumbuh dan berkembang bersama masyarakat adalah mendukung semua komponen dimana kami beroperasi, oleh karena itu kami sangat suport dengan kegiatan-kegiatan seperti ini. Semuanya itu kami rangkum dalam wadah yang namanya CSR atau kepedulian lingkungan disekitar perusahaan beroperasi (Corporate Social Responsibility). Oleh karena itu kami ingin kedepan akan ada KWT-KWT lainnya selain KWT Tegal Serasan ini. KWT-KWT yang juga menunjukan produk-produk unggulannya untuk kita bina bersama-sama, sehingga kami berharap setiap KWT yang menjadi mitra binaan menjadi mandiri. Mandiri secara ekonomi, secara manajemen dan lain-lainnya,”ungkapnya.

Lebih lanjut kata Yudhi, PT SBS akan terus mendukung dan tidak hanya sebatans di Launching saja, tapi bagaimana produk ini bisa dikenal, baik di wilayah Kecamatan Lawang Kidul, Muara Enim bahkan sampai dikenal regional di Palembang dan ditingkat nasional.

“Lalu pertanyaannya bagaimana caranya? Ya mungkin PT SBS banyak kegiatan korporasi mulai dari kegiatan rapat penting, tamu-tamu penting, dan lain sebagainya, PT SBS akan siap mempromosikan produk kita ini sebagai bagian dari jeri payah dan buah tangan dari pelaku UMKM khususnya KWT Tegal Serasan ini. Tapi kembali lagi kita harus punya daya saing. Daya saing itu ibu-ibu sendiri yang mengerti,dimana cela-cela untuk memanfaatkannya. Mungkin diawal kita mendapatkan sumber atau bahannya dari luar kota, kedepan kita sudah harus mengusahakannya sendiri. Kalau kemarin kita membuat produk hanya dikenal di Tanjung Enim, tapi kedepan kita akan coba bawq ke luar kota, dan rasa dan kemasannya akan semakin lebih baik lagi. Intinya kita bisa bersaing,”terangnya.,

Yudhi berharap semoag Lauching ini berjalan lancar dan kedepannya  PT SBS akan tetap bisa mendampingi sampai ke suatu fase yang mandiri.

“Kami berharap kedepan harus ada KWT-KWT lainnya yang ada di Desa/Kelurahan yang ada di Kecamatan Lawang Kidul ini. Ibu-ibu sebagai pelopor, jadi meski berprofesi sebagai ibu rumah tangga, tapi ibu-ibu juga bisa memberikan kontribusi dan nilai-nilai produktif kepada masyarakat. Demikian yang dapat kami sampaikan mewakili manajemen, mohon maaf sebelumnya, seharusnya yang hadir disini mewakili adalah yang menjadi bagian direksi tapi karena saat ini sedang berada di Jakarta, tapi pesan-pesan dari beliau sudah saya sampaikan apa yang menjadi harapannya,”tutupnya.

Sementara itu, Kasi PMD Ispahmi mewakili Camat Lawang Kidul juga mengucapkan terima kasihnya kepada PT SBS yang telah membina dan mendukung dalam kegiatan ibu-ibu KWT Tegal Serasan ini, khususnya yang kita saksikan saat Ini yakni Launching UMKM Stik Labu Madu dan Sawi Caisim produksi KWT Tegal Serasan.

“Tidak banyak yang akan kami sampaikan selain mengucapkan terima kasih kepada PT SBS yang telah memberikan dorongan dan motivasi kepada KWT Tegal Serasan ini, karena ini adalah suatu inovasi. Jadi apa yang telah disampaikan oleh pihak PT SBS itu, sudah menjadi KWT Tegal Serasan ini akan mendapat suatu pendapatan nilai ekonomi ibu-ibu KWT Tegal Serasan khususnya,”ujarnya.

“Kami juga berharap nantinya di Kecamatan Lawang Kidul setelah ini akan banyak timbul KWT-KWT dari desa/kelurahan yang ada di Lawang Kidul yang akan menimbulkan inovasi-inovasi yang baru didalam pengembangan produk-produk lokal. Kita ini banyak pak Yudhi produk-produk lokal tapi belum banyak terekspos, karena produk kita ini terbentur dari segi pemasaran, produknya meningkat tapi tidak ada yang menampung. Jadi itulah kami minta bantuan dari PT SBS dan PT-PT lainnya yang ada di Kecamatan Lawang Kidul khususnya, harapannya kedepan KWT Tegal Serasan dapat mandiri dan semakin maju, juga akan timbul KWT-KWT lainnya di Kecamatan Lawang Kidul,”harapnya. (HAI)

News Feed

KAKI desak POLRI tangkap mantan walikota Palembang

Jum, 17 Mei 2024 01:51:54pm

KAKI desak POLRI tangkap mantan walikota Palembang Platmerah.Net, Jakarta.Kasus Dugaan Mark Up dalam pengadaan lahan untuk pembangunan Kolam Retensi...

Ketegangan Geopolitik dan Resesi Global jadi Tantangan 100 Hari Kerja Prabowo- Gibran Bidang UMKM

Kam, 16 Mei 2024 03:30:38pm

Ketegangan Geopolitik dan Resesi Global jadi Tantangan 100 Hari Kerja Prabowo- Gibran Bidang UMKM Platmerah.net, Jakarta - Dunia saat ini diwarnai...

Satpol PP Depok Turunkan Spanduk Bernada Provokatif Dari Bang Udin.

Rab, 15 Mei 2024 06:53:50pm

Satpol PP Depok Turunkan Spanduk Bernada Provokatif Dari Bang Udin.   Platmetah.Net,Depok-Satpol PP Turunkan spaduk. Bernada provokatif yang...

Pertemuan Indonesia -Belanda Angkat Topik, Kerja Sama Penanganan Isu-Isu kekon suleran, visa dan fasilitas diplomatik,

Rab, 15 Mei 2024 11:57:03am

Pertemuan Indonesia -Belanda Angkat Topik, Kerja Sama Penanganan Isu-Isu kekon suleran, visa dan fasilitas diplomatik, Platmerah.net, Bandung-...

Memberatkan Masyarakat, PKB Minta Study Tour Dihapus

Sen, 13 Mei 2024 03:13:13pm

Memberatkan Masyarakat, PKB Minta Study Tour Dihapus Platmerah.net,Depok-Tragedi kecelakaan bus yang ditumpangi siswa SMK Lingga Kencana, Depok 11...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 7
  • Visit Today : 9
  • Visitors Total : 77414
  • Visit Total : 143718