Platmerah - Bongkar Fakta Tajam Dan Terarah
IMG-20221025-WA0109

Platmerah.net, Pacet-Kabupaten Bandung,- Pikukuh Urang Sunda : Gunung teu meunang dilebur, lebak teu beunang diruksak, larangan teu meunang dirempak, buyut teu meunang dirobah, lojor teu meunang dipotong, pondok teu meunang disambung, nu lain kudu dilainkeun, nu ulah kudu diulahkeun, nu enya kudu dienyakeun.

Artinya: Petunjuk bagi orang Sunda : Gunung tidak boleh dihancurkan, lembah tidak boleh dirusak, larangan tidak boleh dilanggar, buyut tidak boleh diubah, panjang tidak boleh dipotong, pendek tidak boleh disambung, bukan harus dianggap bukan, dilarang harus tetap dilarang, benar harus dibenarkan.

Falsafah orang Sunda ini seiring berjalannya waktu dan keserakahan manusia serta moderenisasi.petuah-petuah dari nenek moyang kita yang mana begitu menjaga kelestarian alam sekarang mulai terkikis dan hampir tidak ada.

Sekarang Kita bisa melihat dengan gundulnya hutan karena peralihan fungsi oleh masyarakat yang tanpa memikirkan bahaya yang menanti karena rusaknya hutan, baik bahaya banjir bandang tanah longsor serta menurun sumber air karena tempat-tempat menampung air telah di babat dan di tebang.

Sumber air yang menurun menjadikan Sungai-sungai air mengecil karena kurangnya air yang keluar dari dalam tanah, sungai Citarum sebagai muara air dari sungai-sungai kecil kita bisa lihat sekarang bagaimana kecilnya aliran sungai manakala terjadi kemarau dan begitu besar air tatkala musim hujan karena air yang jatuh ke tanah kurang nya resapan tanah yang di akibatkan oleh kurangnya alat resapan air yaitu pohon-pohon.

Di samping rusaknya resapan air, mata air yang mengecil di tambah lagi dengan kurangnya kesadaran masyarakat yang membuang sampah ke sungai yang mana sungai menjadi bak sampah yang besar bagi masyarakat dan ini mengakibatkan terjadinya penumpukan sampah yang cukup parah sehingga sungai terpanjang di tatar Pasundan pernah di nobatkan sebagia salah satu sungai terkotor di dunia.

Setelah turunnya Perpres No 15 tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum.maka di bentuklah satgas Citarum yang di bagi tugas ke sektor-sektor.

Satgas Sektor 2 Citarum Harum yang terletak di Kecamatan Kertasari dan Pacet yang sekarang di pimpin oleh Dansektor 2 Citarum Harum Kolonel Inf Tri S.I.P. bekerja dan berupaya untuk mengembalikan hutan yang kritis serta sungai yang kotor untuk di kembalikan menjadikan alam yang lestari serta sungai Citarum yang bersih dan menjadi harum kembali.

Pada hari ini Selasa (25/10/2022) Dansektor 2 Citarum Harum Kolonel Inf Tri S.I.P turun langsung kelapangan dan bekerja bersama-sama dengan anggota Sektor 2 Citarum Harum membersihkan sungai yang berada di wilayah pengendalian Sektor 2 Citarum Harum.ini membuktikan bahwa Komandan Sektor 2 Citarum Harum begitu peduli akan lingkungan dan menjalankan tugas pokok beliau sebagai Dan sektor 2 Citarum Harum.

Komandan Sektor 2 Citarum Harum Kolonel Inf Tri S.I.P mengajak kepada seluruh anggota Sektor 2 Citarum Harum untuk memperbaiki dan menjaga alam supaya tetap lestari karena sesungguhnya kita tidak di wariskan alam oleh nenek moyang kita tetapi kita hanya meminjam alam dari anak cucu kita, maka kita sebagai yang meminjam alam kepada anak cucu kita. Kita harus bisa mengembalikan hutan yang lestari dan sungai yang bersih kepada pemiliknya yaitu anak cucu kita.

(Purwadhi JSI).

Sektor 2 Citarum Harum
Kerja Ikhlas Kerja Tuntas Tetap Semangat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Wujudkan Pembentukan Provinsi Tapanuli, Bupati Tapanuli Utara Tanda Tangani Akta Pendirian PPPT

Kam, 1 Des 2022 10:01:51pm

PLATMERAH || TAPUT || Bupati Tapanuli Utara Dr. Can. Drs. Nikson Nababan, MSi turut menandatangani Akta Pendirian Panitia Percepatan Provinsi...

Pussenkav Gelar Focus Group Discussion Tahun 2022.

Kam, 1 Des 2022 08:49:08pm

Platmerah.net, Bandung,- Bertempat Gedung Manunggal Tri Daya Cakti Pussenkav Jalan Ciremai No.9 Kota Bandung, telah dilaksanakan kegiatan Focus Group...

Antusias Warga Landono Sambut Kedatangan Ketua Komisi V DPR – RI, Ir Ridwan Bae

Kam, 1 Des 2022 07:46:56pm

Konawe Selatan || PLATMERAH.NET || Kunjungan kerja ketua Komisi V DPR RI ridwan Bae sudah lama di tunggu tunggu oleh warga Kecamatan Landono, untuk...

Antusias Warga Landono sambut kedatangan Ketua Komisi V DPR – RI. Ir Ridwan Bae.

Kam, 1 Des 2022 06:59:45pm

Antusias Warga Landono sambut kedatangan Ketua Komisi V DPR - RI. Ir Ridwan Bae.   Platmerah.nrt,KowaneSelatan-Kunjungan kerja ketua Komisi V...

MT Balai Wartawan Depok Peduli Korban Bencana Gempa Bumi Ciajur

Kam, 1 Des 2022 02:33:57pm

MT Balai Wartawan Depok Peduli Korban Bencana Gempa Bumi Ciajur   Platmerah.ney,Cianjur- Sepekan setelah menggelar Maulid Nabi dan Santunan...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 8
  • Visit Today : 39
  • Visitors Total : 32022
  • Visit Total : 55741
Chat Whatsapp