Platmerah - Bongkar Fakta Tajam Dan Terarah
IMG-20220519-WA0183

 
 
Platmerah.net, Kab Bandung,- Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Dinas Pertanian Kabupaten Bandung menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pengendalian dan Penanggulangan PMK di Kabupaten Bandung, Kamis (19/5/2022).
 
Rapat koordinasi dilakukan mengingat saat ini ada temuan Penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak berkaki empat termasuk sapi dan kambing.
 
“Sampai dengan tanggal 18 Mei 2022, sudah ditemukan kasus yang diduga PMK di empat Kecamatan/ Lima Desa di lokasi kantong ternak sapi perah, yang kemungkinan akan menyebar dengan cepat jika tidak segera dilakukan tindakan pengendalian,” demikian disampaikan  Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung H. Tisna Umaran usai Rakor PMK.
 
Menurut Tisna Umaran, morbilitas di Tingkat kandang (0.75%-2.2%), masih cukup rendah, sehingga inilah Golden Time untuk melakukan Pengendalian, berdasarkan hasil temuan di lapangan, faktor penyebaran penyakit bukan hanya dari hewan ternak yang dilalulintaskan antar kab/provinsi, tapi juga hewan yang berada di  dalam Kabupaten Bandung.
 
Dijelaskan nya, empat Kecamatan yang diduga ada kasus PMK yaitu Kecamatan Kertasari, Desa Tarumajaya (sapi perah) dengan Morbitidas 0.33 %,  Kecamatan Pangalengan Desa Margamekar (sapi perah) morbitidas 2/19 (2.2%), Kecamatan Pasir jambu, Desa Mekarmaju dan Desa Cibodas ( sapi perah): Morbitidas 9/120 (0,75%) dan Kecamatan Cimenyan Desa Mekarmanik (sapi potong).
 
“Masyarakat tidak perlu panik dengan adanya fenomena penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak ini, karena penyakit ini walau disebarkeun melalui virus tapi tidak zoonosis tidak menyebar kepada manusia,  kemudian tidak perlu khawatir karena daging sembelihan dari hewan yang terkena PMK ini asal diolah dan diproses dengan benar  tidak berdampak pada manusia,”tegas Tisna Umaran.
 
Dikatakan Tisna Umara,  saat ini Dinas Pertanian melakukan beberapa upaya diantaranya, menerbitkan SE ke Kepala Dinas, rakor internal petugas,  melaksanakan pengawasan lalu lintas ternak di pasar hewan , RPH dan peternak, pengawasan tindak karantina terhadap hewan masuk yang tanpa memiliki SKKH dan berasal dari daerah tertular/resiko tinggi ( terindikasi) dan melakukan pengobatan terhadap ternak yang sakit/ suspect PMK.
 
Sementara itu dalam menghadapi  idul kurban , dipesankan  kepada masyarakat untuk jangan ragu-ragu membeli hewan Kurban di daerahnya masing-masing dan bisa disembelih di rumah potong hewan (RPH) yang sudah terstandar, dimana di Kabupaten Bandung sendiri ada sekitar 8 RPH (3 milik pemerintah dan 5 milik swasta), dan untuk yang mau membeli hewan Kurban di kabupaten Bandung agar melihat label sehat pada setiap hewan Kurban yang menandakan hewan tersebut sudah diperiksa dan dinyatakan sehat.
 
Saat ini di Kabupaten Bandung ada 370 lapak, hewan sapinya kurang lebih ada 32 ribu ekor dan rencananya, Jum’at besok akan di lepas para petugas kesehatan Ternak oleh Bapak Bupati Bandung untuk diperiksa agar masyarakat aman,  nyaman dalam membeli dan mengkonsumsi hewan ternak , pungkasnya. 
 
(Dian S/Purwadhi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Petahana Ketua LPM Kelurahan Ratu Jaya Pandu Kembali Terpilih

Sen, 28 Nov 2022 07:59:24am

Kandidat Mulyadi,Petahana Pandu,Lurah Ratu Jaya Bambang Sugiarto dan  tokoh masyarakat. Platmerah.net,Depok- Melalui putaran kedua Pandu...

Petahana Ketua LPM Cipayung Jaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok Dudung HS Tumbang

Sen, 28 Nov 2022 02:19:59am

   Ketua LPM Cipayung Jaya, Cipayung Depok Terpilih Ustad Karsef Zarkasyi Platmerah.net,Depok -Ustadz Karsef Zarkasyi no urut 2 terpilih...

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Silaturahmi Dengan Para Wartawan

Ming, 27 Nov 2022 11:52:34am

  Platmerah.Net, Bandung,- Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi Menggelar Silaturahmi Dengan Para Wartawan Baik Dari Media...

Tiga Kandidat Memperebutkan Ketua LPM Cipayung Jaya, Kecamatan Cipayung,Kota Depok.

Sab, 26 Nov 2022 05:49:00pm

Tiga Kandidat Memperebutkan Ketua LPM Cipayung Jaya, Kecamatan Cipayung,Kota Depok.   Platmerah.net,Depok -Tiga kandidat perebutkan Jabatan...

Pasar Murah Dihari ke 2 Kadin Konawe, Komoditi Beras Mendominasi Transaksi Penjualan

Sab, 26 Nov 2022 10:02:30am

UNAAHA || PLATMERAH.NET || Sesi penutupan hari ke dua pasar murah Kadin Konawe masih didominasi komoditi bahan pokok beras, disusul bahan pokok telur...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 24
  • Visit Today : 102
  • Visitors Total : 31451
  • Visit Total : 53898
Chat Whatsapp