Platmerah - Bongkar Fakta Tajam Dan Terarah

Ekspor Indonesia 2021 Capai Rekor Tertinggi, Kemendag Kembali Beri Apresiasi Primaniyarta dan Primaduta

Kam, 7 Apr 2022 08:59:10am Dilihat 451 kali author Rintos Sastro Sinambela
IMG-20220407-WA0002

PLATMERAH || JAKARTA ||  Kementerian Perdagangan kembali akan menganugerahkan Penghargaan Primaniyarta dan Primaduta Tahun 2022 kepada para pelaku ekspor berprestasi dan pembeli/importir internasional yang loyal. Pemberian penghargaan ini diharapkan dapat mendorong optimisme dan meningkatkan capaian Indonesia dalam perdagangan global terutama dalam kondisi pemulihan ekonomi global akibat pandemi Covid-19.
Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Didi Sumedi mengungkapkan, pada 2021 Indonesia mencetak nilai ekspor terbesar senilai USD 231,54 miliar. Dari nilai tersebut, ekspor nonmigas tercatat sebesar USD 219,24 miliar.

Indonesia memiliki eksportir-eksportir tangguh yang telah berjasa meningkatkan nilai ekspor nasional dan tentunya menjadi alasan loyalitas pembeli produk Indonesia, Jakarta, 6 April 2022.

Penghargaan Primaniyarta dan Primaduta merupakan bentuk apresiasi kepada eksportir nasional dan importir luar negeri yang terus menumbuhkan ekspor Indonesia di tengah pandemi yang mengakibatkan lesunya perdagangan dunia, ujar Didi

Penghargaan Primaniyarta merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah untuk para eksportir dalam meningkatkan ekspornya secara berkesinambungan.

Penghargaan ini bertujuan mengapresiasi para eksportir sekaligus memberikan inspirasi dan motivasi bagi pelaku ekspor lainnya serta mendorong pertumbuhan jumlah pelaku ekspor tangguh dan berdaya saing.

Sedangkan penghargaan Primaduta diberikan kepada para pembeli luar negeri produk Indonesia yang secara kontinu dan loyal membeli produk Indonesia dengan tren yang terus meningkat. Dengan penghargaan ini diharapkan importir dapat terus mempromosikan, meningkatkan jumlah, dan memperluas jenis produk Indonesia yang diimpor, jelas Didi.

Dalam waktu dekat, lanjut Didi, pendaftaran bagi para eksportir yang berminat mengikuti seleksi Penghargaan Primaniyarta 2022 akan dibuka. Informasi lebih lanjut akan diumumkan secara berkala melalui media sosial seperti www.djpen.kemendag.go.id. Peminat juga dapat menghubungi panitia Primaniyarta melalui e-mail: primaniyarta@kemendag.go.id.

Tahun 2021, Kemendag menganugerahkan penghargaan Primaniyarta kepada 20 eksportir berprestasi yang terdiri atas 7 kategori yaitu eksportir pembangun merek global, eksportir pelopor pasar baru, eksportir pelopor produk baru, eksportir produk berkelanjutan, eksportir teknologi tinggi, eksportir digital marketing, dan eksportir muda.

Sedangkan untuk Primaduta 2021, Kemendag menganugerahkan kepada 25 buyers dari 25 negara importir yang terbagi dalam kategori pasar utama dan kategori pasar potensial.

“Presiden RI diharapkan berkenan menganugerahkan penghargaan Primaniyarta 2022 di penghujung tahun ini,” pungkas Didi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Wujudkan Pembentukan Provinsi Tapanuli, Bupati Tapanuli Utara Tanda Tangani Akta Pendirian PPPT

Kam, 1 Des 2022 10:01:51pm

PLATMERAH || TAPUT || Bupati Tapanuli Utara Dr. Can. Drs. Nikson Nababan, MSi turut menandatangani Akta Pendirian Panitia Percepatan Provinsi...

Pussenkav Gelar Focus Group Discussion Tahun 2022.

Kam, 1 Des 2022 08:49:08pm

Platmerah.net, Bandung,- Bertempat Gedung Manunggal Tri Daya Cakti Pussenkav Jalan Ciremai No.9 Kota Bandung, telah dilaksanakan kegiatan Focus Group...

Antusias Warga Landono Sambut Kedatangan Ketua Komisi V DPR – RI, Ir Ridwan Bae

Kam, 1 Des 2022 07:46:56pm

Konawe Selatan || PLATMERAH.NET || Kunjungan kerja ketua Komisi V DPR RI ridwan Bae sudah lama di tunggu tunggu oleh warga Kecamatan Landono, untuk...

Antusias Warga Landono sambut kedatangan Ketua Komisi V DPR – RI. Ir Ridwan Bae.

Kam, 1 Des 2022 06:59:45pm

Antusias Warga Landono sambut kedatangan Ketua Komisi V DPR - RI. Ir Ridwan Bae.   Platmerah.nrt,KowaneSelatan-Kunjungan kerja ketua Komisi V...

MT Balai Wartawan Depok Peduli Korban Bencana Gempa Bumi Ciajur

Kam, 1 Des 2022 02:33:57pm

MT Balai Wartawan Depok Peduli Korban Bencana Gempa Bumi Ciajur   Platmerah.ney,Cianjur- Sepekan setelah menggelar Maulid Nabi dan Santunan...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 8
  • Visit Today : 39
  • Visitors Total : 32022
  • Visit Total : 55741
Chat Whatsapp