Platmerah - Bongkar Fakta Tajam Dan Terarah
DSCF3470-450x300

Fakultas Teknik Universitas Indonesia Onboarding Day Entrepreneurship Camp “Innovation into Invention” 2022

 

Platmerah.net,Depok-Program Entrepreneurship Camp “Inno vation into Invention” i3 FTUI melaksanakan pendaftaran para calon start up binaan FTUI pada bulan Mei-Juni 2022 yang lalu dan telah berhasil menya ring 10 kelompok.

Sebagai tahap selanjutnya, program i3 yang merupakan inkubator bisnis terbesar di FTUI, dibawah koordinasi unit Wirausaha dan Inovasi (WiN) dan CDC FTUI yang berkola borasi dengan E-Corp FTUI, menyelenggarakan pertemuan perdana dengan kelompok usaha terpilih.

Acara ini berlangsung secara hybrid, daring melalui platform zoom dan luring di ruang Smart Classroom GK 304 & 306 pada 22 Juli 2022 yang lalu.

Dari pendaftaran yang telah berlangsung pada bulan Mei-Juni lalu berhasil terjaring 10 kelompok, (4 melalui skema individu dan 6 melalui skema kelompok). Adapun 10 kelompok yang akhirnya terdaftar pada program i3 FTUI adalah sebagai berikut:

ENUI (Lampu Penerangan Jalan yang Aditif Bertenaga Surya),Tim 02 (An Artsy Way of Painting (Tanaman),IO-Team
Tim 04 (Pemanen Hujan Praktis (Portable Rain Harves ting),Kelas Kuliah (Bimbingan belajar masuk kuliah dengan sistem mentoring dan simulasi kelas),Zapato Pack (Packaging sepatu yang ramah lingkungan)
Sembulon (Penyedia kebutu han bulanan (Sembako) untuk keluarga dengan sistem online dan dapat diantarkan setiap bulan).

Kelompok lainnya yakni Nalani (Usaha yang bergerak di bidang aromaterapi dengan produk berupa Reed Diffuser),Cinta Indonesia (Startup agrikultural teknologi berbasis website yang mempertemukan petani dengan pembeli).Aftur Compa ny Bisnis Pakaian Jadi (Konvek si dari Tekstil).

“Sebagai luaran dari rangkaian kegiatan Entrepreneurship Camp ini diharapkan dapat melahirkan usaha rintisan yang berasal dari FTUI. Sesuai dengan semangat FTUI Entrepreneur Unggul Berdampak.” ujar Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FTUI Prof
Dr.Ir Yanuar,M.Eng,M.Sc.

“Semoga para peserta bisa memperoleh ilmu sebanyak-banyaknya dan dapat menjadi bekal untuk membangun usaha rintisan untuk ide bisnis masing- masing,” tambahnya.

Pembukaan Entrepreneursip Camp i3 menghadirkan Radyum Ikono, CEO dari Schoters, sebagai pembicara. Schoters merupakan salah satu startup yang bergerak di bidang ed-tech khususnya terkait persiapan kuliah lanjut terutama bagi mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan di luar negeri dengan beasiswa.

Dalam pemaparannya, Radyum menyampaikan bagaimana langkah awal membangun startup, tips dan trik mengelola bisnis, serta motivasi untuk terus menjalankan bisnis.

“Ada tiga hal yang perlu dikuasai seorang pengusaha saat ia membangun sebuah start up. Yang pertama adalah founders, siapa saja pendirinya, bagaimana kesepakatan antar pendiri, dan visi yang dimiliki.” imbuhnya.

Kedua adalah ide. Apa ide yang ingin direalisasikan, misalnya ingin membuat startup yang pasarnya digital. Ketiga adalah market size, ketahui siapa target pasar kita, apakah remaja atau orang dewasa, apakah lokal atau internasional, dan sebagainya,tuturnya.

Setelah pertemuan perdana dilakukan, 10 kelompok usaha Entrepreneurship Camp i3 nantinya akan menjalani workshop dan mentorship selama lima minggu ke depan dengan rangkaian Fantastic Ideas (Penjaringan Ide), Innovation Camp (Inkubasi Startup), dan Expert Validation (Validasi Ahli). Dengan adanya workshop dan mentorship ini diharapkan dapat menghasil kan usaha rintisan yang sukses dari realisasi ide bisnis civitas akademika FTUI dan UI.(*).

BKP-FTUI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Herik Y Terpilih Secara Aklamasi Pada Muscab HIPMI Depok ..

Sel, 27 Sep 2022 07:30:16pm

Herik Y Terpilih Secara Aklamasi Pada Muscab HIPMI Depok .. Platmerah.Net,Depok-Musyawarah Cabang (Muscab) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI)...

Presiden Jokowi Peroleh  Gelar Kesultanan Buton Bau – Bau – Sultra

Sel, 27 Sep 2022 06:52:56pm

Presiden Jokowi Peroleh  Gelar Kesultanan Buton Bau - Bau - Sultra   Platmerah.net,Sultra- Dalam kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi...

Sektor 2 Citarum Harum Laksanakan Komsos Edukasi Dalam Penanganan Sampah di Wilayah Sektor 2 Citarum Harum.

Sel, 27 Sep 2022 06:27:39pm

Platmerahnews.net, Pacet-Kab Bandung,- Sampah adalah salah satu permasalahan yang cukup sulit untuk di pecahkan.karena untuk mengatasi sampah...

Tajudin Tabri Lega,Ahmad  Misbah Supir Truk Penabrak Portal Tarik Laporan Polisi.

Sen, 26 Sep 2022 08:18:26pm

Tajudin Tabri Lega,Ahmad  Misbah Supir Truk Penabrak Portal Tarik Laporan Polisi. Platmerah.net, Depok-Melalui  musyawarah yang cukup dra...

Satgas Citarum Harum Sektor 10 Subsektor 001 Melaksanakan Pembersihan Sampah dan Rumput Liar di Anak Sungai Citarum.

Sen, 26 Sep 2022 06:03:49pm

Platmerah.net, Rajamandala-KBB,- Satgas Citarum Harum Sektor 10 Sub-01 dipimpin Pelda Nandang bersama masyarakat melaksanakan kegiatan pembersihan...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 31
  • Visit Today : 62
  • Visitors Total : 26417
  • Visit Total : 43084
Chat Whatsapp