Indonesia Respon Ajak Masyarakat Dalam Gerakan Bersih Pantai di Gianyar, Bali

Sel, 31 Okt 2023 10:31:53am Dilihat 260 kali author Platmerah
IMG-20231030-WA0106
[Sassy_Social_Share]

  1.  

PLAMERAH,Denpasar:Indonesia Respon Bersama Lembaga Pengawasan Reformasi Indonesia (LPRI) mengadakan kegiatan bersih-bersih pantai di Pantai Lebih, Desa Adat Lebih, Gianyar, Bali dalam upaya menjaga pantai agar bebas sampah dan kelestarian lingkungan terjaga.

Kegiatan yang diadakan pada hari Sabtu, 28 Oktober 2023 di Pantai Lebih yang terletak di Desa Adat Lebih, Kecamatan Gianyar Propinsi Bali ini, dihadiri oleh tokoh masyarakat, pemuda, ibu-ibu dan juga anak-anak sekolah dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, yang bertema “Dengan Semangat Sumpah Pemuda, Kita Satukan Tekad Ciptakan Pantai Bebas Sampah dan Kelestarian Lingkungan Terjaga”

Dalam sambutannya, ketua LPRI, Vasudewadi mengatakan,“Saya mengapresiasi semua yang terlibat dalam kegiatan Beach Clean Up ini dan berharap, kegiatan bersih pantai ini bisa memberikan dampak baik, pantai yang bersih ; pantai bebas sampah, lingkungan jadi semakin sehat dan berharap kegiatan ini secara rutin dapat dilaksanakan tidak hanya di Desa Adat Lebih, tetapi secara luas juga dilaksanakan di pantai lain di Bali, tentunya dengan dukungan Indonesia Respon dan support dari semua pihak yang cinta lingkungan “.

Dalam kesempatan yang sama, pendiri Indonesia Respon, Herie Marjanto, menyampaikan harapan, semoga kegiatan ini bisa menjadi sebuah gerakan besar di masyarakat. Gerakan Bersih Pantai (GEBER PANTAI) yang tepat pada hari Sumpah Pemuda dimulai dari Pantai Lebih – Gianyar, nantinya secara rutin akan diselenggarakan GEBER PANTAI di Bali dan semoga nanti menjadi Gerakan bersih pantai di seluruh pantai di Indonesia. “Bali adalah destinasi wisata internasional yang dikelilingi pantai nan indah, karunia Tuhan ini harus kita syukuri, kita jaga bersama dan kita rawat dengan lebih agar tetap lestari. Semoga kegiatan ini menjadi gerakan besar dan menjadi budaya kita semua, untuk selalu peduli. Karena dengan pantai yang bersih, akan banyak yang datang untuk menikmati, semakin banyak wisatawan yang hadir , secara langsung akan memberikan dampak ekonomi buat warga sekitar, khususnya di Desa Adat Lebih, Gianyar, Bali,” katanya.

Kegiatan bersih pantai ini diikuti oleh berbagai unsur masyarakat di Desa Adat Lebih, yang terdiri dari para pemuda, ibu-ibu, anak-anak sekolah; mereka bergerak bersama mengumpulkan sampah-sampah yang berserakan di pantai dan bebatuan; terutama sampah plastic. Dukungan kegiatan ini juga datang dari tim kebersihan Desa telah menyiapkan mobil sampah untuk mengangkut semua sampah yang terkumpul.

Aksi ini juga mendapat respon positif dari siswa-siswi di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Lebih, SDN 3 Lebih, yang didampingi oleh ibu-ibu guru dari masing-masing sekolah. Salah satunya adalah Ratih; siswa SDN 2 Lebih, yang mengatakan sangat setuju kegiatan ini dilakukan. “Bagus, senang ada kegiatan bersih-bersih pantai, semoga pantai kita nanti menjadi lebih indah dan tidak tercemar “, katanya.

Selain Pantai Lebih, Pantai Siyut dan Pantai Cucukan juga menjadi lokasi bersih pantai ini dengan melibatkan warga dan pengelola wisata setempat; Villa L’Orange Bali, Puri Nirwana, Rumah Luwih, Kuda Laut dan lainnya. Rangkaian kegiatan pendukung Gerakan bersih pantai ini, dilakukan juga acara pembacaan teks Sumpah Pemuda oleh Herie Marjanto yang diikuti semua peserta aksi bersih pantai. Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan hiburan musik, pembagian doorprize, makanan khas Bali dan pembagian Air Sehat KIPI-KIPI yang memberikan dukungan di dalam kegiatan ini, sehingga acara Clean Beach Up dapat terselenggara dengan baik.

Acara Gerakan Bersih pantai ini, diakhiri dengan Komitmen Bersama untuk menciptakan pantai bebas sampah dan menjaga kelestarian lingkungan, dengan memberikan tanda tangan dan nama di backdrop yang terbentang.

News Feed

Muara Enim Matangkan Pemberangkatan 395 orang JCH Tahun 2024

Rab, 24 Apr 2024 05:43:53pm

Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) - Guna mematangkan keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Muara Enim yang diagendakan keberangkatannya...

257 Peserta Didik Kelas XII dan XIII GP SMK Bukit Asam Tahun Ajaran 2023/2024 di Serahkan

Rab, 24 Apr 2024 04:48:43pm

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) -  Sebanyak 257 peserta didik Kelas XII dan XIII Geologi Pertambangan (GP) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)...

OSO Intruksikan Untuk Buka Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah

Rab, 24 Apr 2024 04:26:20am

Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Oesman Sapta Odang Dan jajaran Pengurus Pusat Hanura   Platmerah.net,Jakarta-Ketua Umum Partai...

Halal bi Halal DPC PKB Sékaligus Konsolidasi Penjaringan Bakal Calon Wali-Wakil Walikota Depok

Sel, 23 Apr 2024 09:38:28am

Halal bi Halal DPC PKB Sékaligus Konsolidasi Penjaringan Bakal Calon Wali-Wakil Walikota Depok Platmetah.net,Depok- Partai Kebangkitan Bangsa...

Ketua MK Suhartoyo Menolak Permohonan  Ganjar-Mahfud, Menolak Eksepsi Termohon dan Pihak Terkait

Sen, 22 Apr 2024 07:05:12pm

Ketua MK Suhartoyo Menolak Permohonan  Ganjar-Mahfud, Menolak Eksepsi Termohon dan Pihak Terkait Platmerah.net,Jakarta-Mahka mah Konstitusi (MK) ...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 111
  • Visit Today : 169
  • Visitors Total : 76568
  • Visit Total : 142423