479879F5-C7B7-4EE4-BD37-C2BBAE6C5597
[Sassy_Social_Share]

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) – Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat di sekitar perusahaan (ring 1,red) yang meliputi 5 wilayah Kecamatan yakni Tanjung Agung, Lawang Kidul, Muara Enim serta Kecamatan Merapi Barat dan Merapi Timur kabupaten Lahat, dalam menyambut dan merayakan Hari Raya Lebaran Idul Adha 1444 Hijriah, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yang merupakan anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID menyalurkan 145 ekor sapi dan 56 ekor kambing kurban, dengan rincian yakni 100 ekor sapi dan 36 ekor kambing dari Unit Pertambangan Tanjung Enim, 9 ekor sapi dan 20 ekor kambing dari Unit Pelabuhan Tarahan, 25 ekor sapi dari unit Dermaga Kertapati Palembang dan 11 ekor sapi dari Unit Pertambangan Ombilin di Sawahlunto Sumatera Barat. 

 
Untuk hewan kurban dari Pertambangan Tanjung Enim yang berhasil di kumpulkan tidak hanya dari PTBA, melainkan juga ditambah dengan hewan kurban yang berasal dari para sub-kontraktor dan anak cucu perusahaan yang di salurkan. 
 
Pelaksanaan penyerahan bantuan hewan Qurban ini secara simbolis dilakukan oleh manajemen PT Bukit Asam Tbk tahun 1444 H yang pusatkan di Halaman Masjid Jami Bukit Asam (MJBA) Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Rabu (28/6/2023) pagi. 

 
Hadir dalam penyerahan tersebut, Direktur Operasi dan Produksi (OP) PT Bukit Asam Tbk Suhedi, General Manager (GM) Pertambangan Tanjung Enim Venpri Sagara, Camat Lawang Kidul Andrille Martin beserta Forkopimcam, Kades Lurah di lingkup Kecamatan Lawang Kidul, pejabat jenjang 2,3,4 di lingkungan PT Bukit Asam, serta para Ketua/Pengurus Masjid, Tokoh agama dan undangan lainnya. 
 
Ketua Panitia Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha 1444 H PT Bukit Asam Tbk, Mustafa Kamal dalam laporannya mengatakan, penyerahan hewan Qurban Idul Adha 1444 H / 2023 M ini adalah rangkaian kegiatan terakhir dari kepanitian Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha 1444 H PT Bukit Asam Tbk. 
 
“Jadi kami bagi 3 (tiga) kegiatan untuk hewan qurban ini, yang pertama untuk pemasok hewan qurban alhamdulillah 100 persen kami ambil dari lingkungan disekitar kita. Jadi tidak ada satupun dari luar Provinsi dan Kabupaten. Untuk seluruh hewan qurban sapi dan kambing yang akan kita sebarkan ini sudah mendapatkan surat sehat dari dokter hewan yang berwenang, jadi sudah dipastikan hewan yang akan dikurbankan ini sudah melewati quality kontrol pemeriksaan kesehatan hewan, pada hewan ternak sapi ataupun kambing. Demikian juga dari segi fiqih nya itu sudah sesuai, tentunya kita telah bekerjasama dengan Kementerian Agama/KUA Lawang Kidul. Dengan begitu hewan qurban yang kita serahkan itu jauh dari penyakit PMK atau Penyakit Mulut dan Kuku,”jelas pria yang kerap disapa Buya ini. 
 
Disebutkannya juga untuk wilayah penyerahan yakni ada di 5 (lima) Kecamatan yang ada di ring 1 PTBA yakni meliputi desa-desa/kelurahan di Kecamatan Tanjung Agung, Lawang Kidul, Muara Enim dan Merapi Barat dan Timur kabupaten Lahat. 
 
“Sistem penyerahan selain ke Masjid dan Langgar yang ada, juga kita titipkan kepada Lurah dan Kades, itu ada beberapa tempat yang memang Lurah dan Kades nya sendiri yang tahu. Terima kasih juga kepada pak GM Pertambangan Tanjung Enim yang sudah menyurati para PJO-PJO para perusahaan yang ada di Subkon ataupun mitra kerja PTBA. Jadi pak Suhedi hari ini sudah banyak dan totalnya sudah lebih melewati angka 200 hewan qurban. Jadi tiap hari kami sama bu Listati itu dapat laporan dari kontraktor ataupun subkontraktor yang ada dikita. Jadi sesuatu yang menggembirakan bagi kita pada tahun ini mereka sudah ikut, jadi pada kesempatan ini kita undang mereka, dan saat ini mereka masih ada yang menyalurkan,”terang Mustafa Kamal. 
 
Sementara itu, Direktur Operasi dan Produksi PTBA, Suhedi dalam sambutannya menyampaikan, bahwa bantuan penyaluran hewan qurban ini sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat di sekitar perusahaan (ring 1,red), serta sebagai ungkapan rasa syukur dan semangat dalam berkurban dalam setiap tahunnya yang harus terus di tingkatkan.
 
“Pada kesempatan ini saya masih bisa berdiri disini untuk melakukan penyerahan hewan qurban secara simbolis,sekaligus alhamdulillah berkat doa dari bapak/ibu hadirin sekalian saya masih dipercaya untuk memimpin diperusahaan ini menjadi bagian dari manajemen PTBA. Tadi sudah disampaikan oleh Ketua Panitia bahwa tahun ini ada 100 an hewan qurban sapi, kemudian 36 ekor kambing dari PTBA yang akan kita distribusikan baik itu di kabupaten Lahat, Muara Enim dan sekitarnya. Memang kalau kita lihat dari permintaan setiap tahun luar biasa. Tapi mohon maaf, mungkin kemampuan kita hanya seperti itu, tapi memang setiap tahunnya itu saya lihat semakin banyak (meningkat,red) yang kita distribusikan ke masyarakat yang ada disekitar perusahaan,”ungkapnya. 
 
“Jadi memang kita harapkan semangat kita, dan bila melihat sejarah bahwa Nabi Ibrahim AS rela dan ikhlas mengorbankan anaknya Ismail itu luar biasa ya! Nah, semangat inilah yang perlu kita tingkatkan terus. Mudah-mudahan dengan semangat berqurban ini, kita bisa lebih mendekatkan lagi kepada Allah SWT dan In Shaa Allah kita akan mendapatkan pahala yang besar,”ujar Suhedi yang pernah menjabat sebagai GM UPTE ini. 
 
“Kinerja PTBA di tahun 2022 ini memang alhamdulillah lebih baik dan tentunya tidak henti-hentinya saya minta doa nya dari bapak/Ibu sekalian, agar kinerja perusahaan PTBA berjalan semakih baik, sehingga di tahun-tahun yang akan datang kita masih dapat lakukan kegiatan seperti ini dan semoga lebih banyak lagi,”tambahnya.
 
“Untuk itu terimakasih kepada panitia, para kontraktor, luar biasa karena tidak seperti tahun-tahun yang lalu, semoga nantinya kedepan akan memberikan qurban yang cukup banyak semakin tahun di gerakan. Paling tidak kita bisa membantu, supaya saudara-saudara kita yang susah bisa merasakan juga memakan hewan qurban di momen hari raya Idul Adha, Aamiin,”tutupnya. 
 
Camat Lawang Kidul Andrille Martin yang juga mewakili segenap masyarakat Kecamatan Lawang Kidul mengucapkan terima kasihnya kepada PT Bukit Asam Tbk.
 
“Terima kasih sebesar-besarnya kepada manajemen PT Bukit Asam Tbk, khususnya kepada jajaran Direksi, GM Pertambangan Tanjung Enim, VP CSR dan Tim Kepanitian atas setiap tahunnya masyarakat kami yang ada di ring 1 khususnya Kecamatan Lawang Kidul dibantu terus dibantu terus baik itu mengenai hewan qurban yang hari ini dilakukan penyerahan secara simbolis, maupun di bantu dengan bidang pendidikan, kesehatan, sosial kemasyarakatan, infrastuktur, semuanya dibantu oleh PT Bukit Asam,”ucapnya. 
 
“Memang kalau kita berbicara apakah cukup? Pasti masih kurang terus! Dan Yang disampaikan oleh pak Dir Ops tadi memang benar, tiap tahun terus meningkat permintaan. Ya saran saya, sedikit berbagi sedikit, banyak berbagi sedikit-sedikit, untuk mencukupi semuanya,”ujarnya. 
 
Dikatakan Andrille Martin, bahwa penduduk Kecamatan Lawang Kidul ini sangat padat, dan akibat pandemi Covid-19 kemarin itu banyak yang berkurang akibat meninggal dunia. “Pengurangan penduduk sangat banyak jauh drastis, mungkin 200 jiwa lebih yang meninggal, itu yang selalu saya koreksi setiap bulannya,”sebutnya. 
 
Dikatakannya, bantuan penyaluran hewan qurban ini sebagai bentuk wujud kecintaan dari PT Bukit Asam Tbk terhadap masyarakatnya yang ada di sekitar perusahaan atau ring 1 PTBA.
 
“Ini kita manfaatkan momen-momen seperti ini untuk mengucapkan rasa syukur kita kepada Allah SWT, dari Bukit Asam inilah berbagi untuk kita. Coba bila kita membeli daging Sapi mungkin saat ini harganya dipasaran 1 Kg bisa mencapai antara 140-180 ribu terus naik terlebih setiap momen mendekati Lebaran. Nah alhamdulillah dengan adanya bantuan hewan qurban seperti ini, PT Bukit Asam terus memberitahu kepada Subkon-Subkonnya, untuk berbagai dengan masyarakat. Harga sapi kata pak ustadz tadi yang ukuran sedang saat ini berkisar 20 jutaan, belum yang ukuran besar hingga 100 ekor lebih sapi, jadi kalo di total bisa mencapai diangkat 4-5 miliar yang di keluarkan untuk kurban. Untuk itu kami atasnama pemerintah dan masyarakat Kecamatan Lawang Kidul sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada tim panitia qurban PT Bukit Asam. Kami mendoakan, semoga PT Bukit Asam Jaya selalu didalam melakukan operasional perusahaan, termasuk pada tahun ini sukses dan berkinerja dengan baik, Aamiin,”pungkasnya. (HAI) 

News Feed

Warga Pondok Jaya, Cipayung Depok, Dukung Supian Suri Menjadi Walikota

Jum, 24 Mei 2024 06:26:19pm

Warga Pondok Jaya, Cipayung Depok, Dukung Supian Suri Menjadi Walikota Platmerah.Net,Depok- Kembali dukungan datang dari masya rakat Kota Depok...

Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali Tinjau Warga Terdampak Banjir akibat Luapan Sungai Enim di Tanjung Enim

Kam, 23 Mei 2024 08:58:32pm

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) - Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap ribuan warga masyarakat dibeberapa desa dalam Kecamatan Lawang Kidul...

Partai Gerindra Kota Depok Rekomendasikan  Dukungan Kepada Supian Suri Menjadi Bacalon Walikota Depok.

Kam, 23 Mei 2024 07:17:46pm

Partai Gerindra Kota Depok Rekomendasikan  Dukungan Kepada Supian Suri Menjadi Bacalon Walikota Depok. Platmerah.net,Depok- Setelah melalui...

Polres Bandara Soekarno-Hatta Gagalkan Penyelundupan Puluhan Ribu Benih Lobster.

Rab, 22 Mei 2024 10:43:07am

  Polres Bandara Soekarno-Hatta Gagalkan Penyelundupan Puluhan Ribu Benih Lobster. Platmerah.Net,Jakarta - Kepolisian resor Bandara...

MoU KOPITU Dengan Direktur PSP Kementan, Dalam Mendukung Program Ketahanan Pangan

Rab, 22 Mei 2024 10:16:31am

MoU KOPITU Dengan Direktur PSP Kementan, Dalam Mendukung Program Ketahanan Pangan Platmerah.Net, Jakarta -Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 38
  • Visit Today : 69
  • Visitors Total : 77631
  • Visit Total : 144054