Karmin SH. Gub LIRA Sultra, Sorot Dugaan Kerusakan Lingkungan di Lamondowo

Rab, 25 Mei 2022 01:48:28pm Dilihat 1153 kali author Rintos Sastro Sinambela
IMG-20220525-WA0008
[Sassy_Social_Share]

Sultra Konawe Utara ||
PLATMERAH.NET || Terkait dugaan kerusakan lingkungan yang terjadi di Wilayah Desa Lamondowo Kecamatan Andowia Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kini mendapat reaksi dari sejumlah aktivis pemerhati Hukum dan Lingkungan.

Salah satunya adalah Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Provinsi Sultra mulai angkat bicara soal sumber air bersih yang rusak di Kali Desa Lamondowo.

Gubernur LIRA Sultra, Karmin,SH kepada platmerah.Net pada Rabu (25/05/2022), dirinya mengatakan bahwa soal kerusakaan lingkungan yang terjadi di wilayah Desa Lamondowo, harus disikapi serius oleh pihak terkait.

” Setelah kami mendapat pengaduan masyarakat setempat dan sekaligus permintaan pendampingan, maka kami mulai melakukan investigasi lebih dalam terhadap kerusakan alam dan lingkungan di mana merupakan salah satu sumber kebutuhan vital yakni sumber air bersih masyarakat,” kata Karmin.

Dikatakan, setelah melihat hasil pemeriksaan sampel air dari Dinas Lingkungan Hidup Konut, kami menilai tidak rasional dan sangat bertolak belakang dengan fakta di lapangan.

“Air sudah berubah warna merah karena lumpur tanah , juga terjadi kerusakan , kenapa masih dianggap tidak tercemar. Aneh juga itu,” ungkapnya.

Kemudian kata Karmin, masalah ini untuk kepentingan masyarakat pengguna air yang layak, sehingga dalam waktu dekat kami akan kembali lagi ke lokasi untuk mendampingi aspirasi masyarakat didesa itu.

” Kita berharap seluruh pemangku kebijakan dapat bekerjasama memulihkan dampak yang timbul. Pemerintah, pengusaha dan masyarakat bisa bergandengan tangan membuat solusi yang baik , sehingga masyarakat yang terdampak dapat menikmati sumber daya alam yang maksimal,” harapnya.

Kontributor Sultra :
ISKANDAR RAPI

News Feed

180 Koordinator Masyarakat Di Tiga Kecamatan “Saboci” Bertekad Menangkan SS.

Jum, 19 Jul 2024 08:24:42pm

180 Koordinator Masyarakat Di Tiga Kecamatan  Dapil 6 "Saboci" Bertekad Menangkan SS. Platmerah.net,Depok- H. Iman Yuniawan Politisi Partai...

Ratusan Massa Geruduk Kantor Pemkot  Dan Gedung DPRD Depok

Kam, 18 Jul 2024 04:10:39pm

  Ratusan Massa Geruduk Kantor Pemkot  Dan Gedung DPR Depok Platmerah.net,Depok-Forum Penyelamat Pendidikan Kota Depok yang tergabung dari...

Dede Yusup: Demokrat Ajukan B1KWK untuk Pasangan Kang DS Ali Syakieb di Pilbup Bandung

Kam, 18 Jul 2024 08:45:28am

KAB. BANDUNG   PLATMERAH NET.  - Ketua DPP Partai Demokrat Dede Yusuf Macan Efendi menyatakan,  pihaknya menyambut baik atas rekomendasi DPP...

Menilik Akar Dan Solusi Konflik Tambang Di Indonesia.

Rab, 17 Jul 2024 06:02:23pm

  Oleh: Dr.Yossita Wisman,M.M.Pd (Dosen S2 Program studi Pendidikan IPS/Pengamat Sosial Dan Budaya/Sekjen Perkumpulan Intelektual Dayak...

PWI Beri Materi Cerdas Bermedsos di 34 MPLS SMPN di Depok.

Sel, 16 Jul 2024 10:20:21am

PWI Beri Materi Cerdas Bermedsos di 34 MPLS SMPN di Depok. Platmerah.net,Depok-Saat ini bermedsos menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari....

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 48
  • Visit Today : 49
  • Visitors Total : 81414
  • Visit Total : 149840