Platmerah - Bongkar Fakta Tajam Dan Terarah

Karmin SH. Gub LIRA Sultra, Sorot Dugaan Kerusakan Lingkungan di Lamondowo

Rab, 25 Mei 2022 01:48:28pm Dilihat 284 kali author Rintos Sastro Sinambela
IMG-20220525-WA0008

Sultra Konawe Utara ||
PLATMERAH.NET || Terkait dugaan kerusakan lingkungan yang terjadi di Wilayah Desa Lamondowo Kecamatan Andowia Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kini mendapat reaksi dari sejumlah aktivis pemerhati Hukum dan Lingkungan.

Salah satunya adalah Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Provinsi Sultra mulai angkat bicara soal sumber air bersih yang rusak di Kali Desa Lamondowo.

Gubernur LIRA Sultra, Karmin,SH kepada platmerah.Net pada Rabu (25/05/2022), dirinya mengatakan bahwa soal kerusakaan lingkungan yang terjadi di wilayah Desa Lamondowo, harus disikapi serius oleh pihak terkait.

” Setelah kami mendapat pengaduan masyarakat setempat dan sekaligus permintaan pendampingan, maka kami mulai melakukan investigasi lebih dalam terhadap kerusakan alam dan lingkungan di mana merupakan salah satu sumber kebutuhan vital yakni sumber air bersih masyarakat,” kata Karmin.

Dikatakan, setelah melihat hasil pemeriksaan sampel air dari Dinas Lingkungan Hidup Konut, kami menilai tidak rasional dan sangat bertolak belakang dengan fakta di lapangan.

“Air sudah berubah warna merah karena lumpur tanah , juga terjadi kerusakan , kenapa masih dianggap tidak tercemar. Aneh juga itu,” ungkapnya.

Kemudian kata Karmin, masalah ini untuk kepentingan masyarakat pengguna air yang layak, sehingga dalam waktu dekat kami akan kembali lagi ke lokasi untuk mendampingi aspirasi masyarakat didesa itu.

” Kita berharap seluruh pemangku kebijakan dapat bekerjasama memulihkan dampak yang timbul. Pemerintah, pengusaha dan masyarakat bisa bergandengan tangan membuat solusi yang baik , sehingga masyarakat yang terdampak dapat menikmati sumber daya alam yang maksimal,” harapnya.

Kontributor Sultra :
ISKANDAR RAPI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Karang Taruna TP-PKK, dan Masya karat Kelurahan Cipayung,Depok  Peduli Cianjur

Sab, 3 Des 2022 07:49:16am

Karang Taruna TP-PKK, dan Masyakarat Kelurahan Cipayung,Depok  Peduli Cianjur Platmerah.net,Depok-Pemuda hari ini adalah pemimpin masa yang akan...

Lanud Husein Sastranegara Kembali

Jum, 2 Des 2022 08:41:51pm

  Platmerah.net, Cianjur,- Lanud Husein Sastranegara kembali mengirimkan bantuan logistik korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa...

Prajurit TNI AU Gelar Doa Bersama Dengan Warga Korban Gempa Cianjur.

Jum, 2 Des 2022 08:39:35pm

  Platmerah.net, Cianjur,- Personel Lanud Husein Sastranegara, Wing 1 Kopasgat dan personel RSAU dr. M Salamun, yang tergabung dalam Tim Satuan...

Sektor 2 Citarum Harum Laksanakan Penghijauan Lahan Kritis, Pembersihan

Jum, 2 Des 2022 08:36:54pm

Platmerah.net, Pacet, Kab Bandung,- Sungai terpanjang di tatar Pasundan adalah Sungai Citarum, merupakan sungai yang terbentang 297 kilo meter yang...

La Songo : Kehadiran Kementrian PUPR Bukti Perjuangan Ketua Komisi V, Ir Ridwan Bae

Jum, 2 Des 2022 01:38:42pm

Kendari || PLATMERAH.NET || Ketua Dewan Pengurus Daerah Persatuan Pewarta Warga Indonesia (DPD PPWI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) La Songo...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 39
  • Visit Today : 45
  • Visitors Total : 32132
  • Visit Total : 55970
Chat Whatsapp