Kelompok Informasi Masyarakat Kec. Benakat Diberi Nama KIM Sengkuang

Jum, 25 Mar 2022 06:39:31pm Dilihat 1104 kali author aldo muara enim
480B34C6-E5C3-4340-92DF-02B58FBCB036
[Sassy_Social_Share]

PLATMERAH I MUARA ENIM (SUMSEL) Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Tahun 2022 oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kab. Muara Enim hari ini Jumat (25/03/2022), sudah di 5 (lima) wilayah Kecamatan. Setelah sebelumnya diawali di Desa Muara Gula Baru Kecamatan Muara Enim, Senin (21/03), lalu dilanjut pembentukan KIM di Desa Gunung Megang Luar Kecamatan Gunung Megang, Selasa (22/03), kemudian di hari ke 3 (tiga) Diskominfo Muara Enim melanjutkan pembentukan KIM di Desa Belimbing Jaya, Kecamatan Belimbing, Rabu (23/03), serta kemarin dihari ke 4 pembentukan KIM di Desa Tebat Agung Kecamatan Rambang Niru, Kamis (25/03), dan hari ini Jumat (26/03/2022), Diskominfo Muara Enim membentuk Kelompok Informasi Masyarakat di Desa Pagar Dewa Kecamatan Benakat yang diberi nama KIM Sengkuang. 
 
Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Komunikasi Publik (PKP) Dinas Kominfo Kabupaten Muara Enim Abdul Roni Darus, S.E mewakili Kadiskominfo Muara Enim, Ardian Arifanardi, A.P., M.Si pada saat membuka Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) 
di Aula Rapat Kantor Kepala Desa (Kades) Pagar Dewa Kecamatan Benakat mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa Pagar Dewa beserta perangkatnya karena telah menyediakan tempat dan waktu serta segala sesuatunya, sehingga pelaksanaan kegiatan kita pada hari ini dapat terlaksana sesuai dengan harapan. 
 
“Sebelumnya mohon maaf karena Kadis Kominfo pak Ardian Arifanardi tidak bisa hadir langsung untuk membukanya karena saat ini beliau sedang ada kegiatan (dinas luar,red) di kabupaten Lumajang Jawa Timur untuk memberikan bantuan untuk korban bencana alam melestusnya Gunung Semeru dari Pemkab Muara Enim bersama OPD terkait dan bapak Bupati Muara Enim sehingga beliau mengutus kami untuk membentuk KIM di desa Pagar Dewa ini. Dan alhamdulillah, pesertanya juga telah hadir tepat waktu. Untuk itu sekali lagi kami ucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada kepala desa Pagar Dewa beserta para perangkatnya,” ucap Abdul Roni Darus, yang akrap disapa ARD mengawali sambutannya.
 
Disampaikan ARD bahwa dalam pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat atau yang disingkat KIM pada tahun 2022 dapat dibentuk sebanyak 10 kelompok di dalam kabupaten Muara Enim ini. Dan untuk di kecamatan Benakat ini adalah tempat yang ke 5 (lima) yang sudah kami bentuk. 
 
“Beberapa waktu yang lalu kami juga sudah terlebih dahulu berkoordinasi dengan pak Camat Benakat, dan beliau sangat respon langsung menujuk desa Pagar Dewa dengan pertimbangan desa tersebut sangat aktif dan pak Kadesnya sangat respon sekali dalam setiap kegiatan. Artinya di tingkat kecamatan Benakat desa Pagar Dewa ini dinilai aktif dalam segala hal baik itu program kegiatan di kabupaten maupun di tingkat kecamatan,”ujar ARD.
 
Ditambahkan ARD, bahwa Kelompok Informasi Masyarakat ini adalah kelompok yang di bentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif mengelola informasi dan pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan nilai tambah. Definisi ini lanjut ARD berdasarkan peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI No.08/PER/M.KOMINFO/6/2010. 
 
Pembentukan KIM ini sangat penting di desa karena KIM ini adalah Humasnya di Desa yang nantinya bisa menjawab kebutuhan-kebutuhan informasi apapun yang dibutuhkan oleh masyarakat dan diharapkan nantinya yang menjadi kepengurusan di KIM ini adalah pemuda/i maupun bapak ibu atau juga dari kelompok pengajian dan tim penggerak PKK, gunanya untuk berkolaborasi apabila ada permasalahan yang perlu di diskusikan di KIM ini nantinya,”tutup ARD, yang juga menjabat sebagai Direktur Utama LPPL Radio Suara Muara Enim/Radio Kominfo.
 
Sementara itu, Kades Pagar Dewa Kecamatan Benakat Yusron, atas nama pemerintah dan masyarakat desa Pagar Dewa mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Dinas Kominfo kabupaten Muara Enim karena telah menunjuk desa Pagar Dewa dengan telah dibentuknya KIM ini, mudah mudahan menjadi awal lahirnya KIM di Kecamatan Benakat, serta dapat berjalan lancar pertemuan pada hari ini dan apa yang direncanakan akan tercapai. 
 
“Sebetulnya ini dulu telah pernah dibentuk tahun 2006 silam yang ketuanya pada saat itu pak Zakaria dan pesat kemajuannya untuk menyampaikan infomasi-informasi. Jadi kan KIM ini seluruh informasi masuk semua kesana. Nah, harapan kami dengan timbul dan bangkitnya kelompok ini kita dapat mewakili kecamatan terdekat khususnya Desa Pagar Dewa,”ungkapnya.
 
“Jadi kalo aku baca berita waktu pembentukan KIM di Desa Muara Gula kemarin, itu ada 10 wilayah kecamatan yang di bentuk di tahun 2022 ini dan alhamdulillah salahsatunya adalah kita di Kecamatan Benakat yakni Desa Pagar Dewa yang juga ikut di bentuk KIM. Dan apapun nanti yang diperlukan kami siap membantu pelaksanaan dalam mengemban tugas KIM ini kedepannya,”pungkasnya.
 
Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Babinsa, Bhabinkantibmas,Ketua BPD beserta anggota, Ketua Adat, perangkat desa dan seluruh lembaga desa/masyarakat yang tergabung dalam pemerintahan desa Pagar Dewa Kecamatan Benakat.
 
Usai pembukaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Desa Pagar Dewa, lalu acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dan tanya jawab oleh Sub Koordinator Pranata Humas Muda Diskominfo Muara Enim, Andrio Marino Onara yang menerangkan tentang Aktivitas Pokok KIM yang disingkat ADINDA, kemudian Kedudukan dan Sifat KIM, Hubungan Kelembagaan dan tentang Struktur Organisasi kepengurusan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). HAI

News Feed

Muara Enim Matangkan Pemberangkatan 395 orang JCH Tahun 2024

Rab, 24 Apr 2024 05:43:53pm

Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) - Guna mematangkan keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Muara Enim yang diagendakan keberangkatannya...

257 Peserta Didik Kelas XII dan XIII GP SMK Bukit Asam Tahun Ajaran 2023/2024 di Serahkan

Rab, 24 Apr 2024 04:48:43pm

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) -  Sebanyak 257 peserta didik Kelas XII dan XIII Geologi Pertambangan (GP) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)...

OSO Intruksikan Untuk Buka Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah

Rab, 24 Apr 2024 04:26:20am

Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Oesman Sapta Odang Dan jajaran Pengurus Pusat Hanura   Platmerah.net,Jakarta-Ketua Umum Partai...

Halal bi Halal DPC PKB Sékaligus Konsolidasi Penjaringan Bakal Calon Wali-Wakil Walikota Depok

Sel, 23 Apr 2024 09:38:28am

Halal bi Halal DPC PKB Sékaligus Konsolidasi Penjaringan Bakal Calon Wali-Wakil Walikota Depok Platmetah.net,Depok- Partai Kebangkitan Bangsa...

Ketua MK Suhartoyo Menolak Permohonan  Ganjar-Mahfud, Menolak Eksepsi Termohon dan Pihak Terkait

Sen, 22 Apr 2024 07:05:12pm

Ketua MK Suhartoyo Menolak Permohonan  Ganjar-Mahfud, Menolak Eksepsi Termohon dan Pihak Terkait Platmerah.net,Jakarta-Mahka mah Konstitusi (MK) ...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 116
  • Visit Today : 176
  • Visitors Total : 76573
  • Visit Total : 142430