Kompetisi P4 ke-4, Pemkab Muara Enim Raih Piala Anggakara Birawa dari Menpan-RB

Sel, 21 Jun 2022 09:02:44am Dilihat 833 kali author aldo muara enim
866C733F-0455-427B-90B0-E4F5499D9A03
[Sassy_Social_Share]

“Masuk Top 5 kategori Instansi Pemerintah (IP Umum) se-Indonesia”

Platmerah.Net I JAKARTA – Berkat pelayanan publik yang terus membaik dari tahun-ketahun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab.) Muara Enim kembali meraih penghargaan dalam Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) ke-4 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Republik Indonesia. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini Pemkab Muara Enim berhasil masuk Top 5 kategori Instansi Pemerintah [IP] Umum) se-Indonesia dan meraih Piala Anggakara Birawa kategori Aspek Keberlanjutan Konektivitas dan Dampak Terbaik.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Sekretaris Kemenpan RB Rini Widyantini kepada Plh Bupati Muara Enim Kurniawan dalam acara Penganugerahan Kompetisi P4 ke-4 yang berlangsung di Ballroom Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (16/06/2022).

Kompetisi P4 tahun ini merupakan gelaran keempat yang bertujuan untuk mendorong penyelenggara pelayanan publik dalam membangun pengelolaan pengaduan pelayanan publik ideal yang terintegrasi, partisipatif, dan dimanfaatkan dalam perbaikan berkelanjutan yang mana beberapa waktu lalu, Senin (23/05) Plh Bupati Muara Enim memaparkan  P4 Kab. Muara Enim tahun 2021 di depan Tim Evaluasi Kompetisi P4 Kementerian PANRB secara virtual.

Untuk masuk Top 5 di tahun 2022 ini tidaklah mudah, pasalnya Pemkab Muara Enim melalui kolaborasi dari Dinas Kominfo, Inspektorat dan Bagian Organisasi serta Perangkat Daerah lingkup Pemkab Muara Enim termasuk PDAM Lematang Enim, KPUD Muara Enim dan BNN Kab. Muara Enim secara konsisten terus berinovasi melakukan perbaikan terhadap pelayanan publik diantaranya Penguatan Komitmen dengan seluruh Kepala Perangkat Daerah, BUMD dan instansi vertikal untuk meningkatkan kualitas Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik, Penjaringan Aspirasi dan Aduan masyarakat melalui Bunga Desa (Bupati Ngantor di Desa), Penguatan Komitmen dengan Inspektorat selaku APIP dalam pengawasan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik, LAPOR On the Road, LAPOR Goes to School and Campus, dan LAPOR Goes to Dusun.

Sebelum berhasil meraih Piala Anggakara Birawa ini, dalam kompetisi yang dimulai sejak tahun 2017 ini,  Pemkab Muara Enim juga berhasil mencatatkan prestasi lainnya yakni masuk nominasi Top 30 pada tahun 2019 dan Top 45 ditahun 2020.

Usai menerima penghargaan, dengan bersemangat, Plh Bupati Kurniawan, A.P.,M.Si yang juga didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Amrullah Jamaluddin, S.E., Asisten Administrasi Umum, Ir. Maryana dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kab. Muara Enim, Ardian Arifanardi, AP., M.Si., mengatakan penghargaan ini dipersembahkan untuk masyarakat Kab. Muara Enim. 

“Jadi, ini adalah persembahan Pemkab. Muara Enim untuk masyarakat Muara Enim walaupun pada dasarnya bukan ini (penghargaan) yang kita cari, tapi ini merupakan motivasi untuk kita khususnya dari aparat pemerintah lingkup Pemkab. Muara Enim untuk semakin giat lagi dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Kab. Muara Enim dan  masyarakat dari luar Muara Enim dengan terus berinovasi dan terus bersinergi antar semua pihak terkait,” terang Plh Bupati.

Dijelaskannya bahwa pencapaian ini telah melalui berbagai tahapan penilaian, mulai dari berhasil menyisihkan 573 intansi dari kementerian, lembaga, BUMN, BUMD, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota di Indonesia, kemudian lolos penyaringan menjadi 51 besar yang dikemudian disaring lagi melalui pemaparan dan wawancara langsung kepala daerah dihadapan tim penilai dari Kemenpan-RB, Kemendagri, Kemenkominfo, Kantor Staf Presiden dan Ombudsman RI. Selanjutnya berkat konsistensi dan kerja keras, Plh. Bupati-pun bersyukur akhirnya Pemkab. Muara Enim mampu menorehkan prestasi menjadi yang terbaik pada penilaian kali ini.

“Bahwa apa yang terpenting bukanlah mengejar penghargaan, melainkan bentuk konkret atau aksi nyata yang dirasakan masyarakat dalam pemenuhan hak publik berupa pelayanan prima dari pemerintah,”tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris Kemenpan-RI didampingi Deputi Bidang Pelayanan Publik, Prof. Dr. Diah Natalisa, M.B.A., menyampaikan apresiasinya atas prestasi Pemkab. Muara Enim sebagai 17 besar instansi terbaik tahun ini yang didalamnya hanya terdapat 7 pemerintah daerah, yaitu Pemprov. Sumbar, Aceh dan Jatim, kemudian Pemkab. Muara Enim, Hulu Sungai Selatan, Pemkot. Denpasar dan Kediri.

Turut hadir dalam acara tersebut, Inspektur, Kabag organisasi dan Kabag Prokopim serta Tim LAPOR! Kab. Muara Enim. (HAI)

News Feed

Pelayan Masyarakat Hari Pertama Paska Liburan Panjang Romadhon 1445 H Di Kelurahan Tanah Baru, Berjalan Normal

Sel, 16 Apr 2024 11:18:20am

  Pelayan Masyarakat Hari Pertama Paska Liburan Panjang Romadhon 1445 H Di Kelurahan Tanah Baru, Berjalan Normal   Platmerah.net,...

Wali Kota Depok Ada Lima Nilai yang Harus Dipelihara – Dirawat Pasca Ramadan.

Sab, 13 Apr 2024 01:33:53am

Wali Kota Depok Ada Lima Nilai yang Harus Dipelihara - Dirawat Pasca Ramadan. Platmerah.net,Depok-Ribuan umat Islam Kota Depok melaksanakan Sholat...

Membludak Arus Mudik Menggunakan Pesawat Terbang Lebaran 1445 Hijriah

Sen, 8 Apr 2024 09:51:38am

Membludak Arus Mudik Menggunakan Pesawat Terbang Lebaran 1445 Hijriah Platmerah.net, Tangerang- Ratusan ribu orang mudik menggunakan pesawat...

Polresta Bandara Soekarno -Hatta mendirikan Pos Ramah Ibu dan Anak Ramadhan Presisi 2024,Selama Arus Mudik Dan Balik

Sen, 8 Apr 2024 09:21:55am

Polresta Bandara Soekarno -Hatta mendirikan Pos Ramah Ibu dan Anak Ramadhan Presisi 2024,Selama Arus Mudik Dan Balik Platmerah.net– Tangerang-...

Usut Oknum Penyebar Info Sesat Terkait Dana Hibah Penyelenggaraan UKW

Sen, 8 Apr 2024 04:56:32am

Usut Oknum Penyebar Info Sesat Terkait Dana Hibah Penyelenggaraan UKW   Platmerah.net,Depok-Ketua PWI Depok Kecam DK PWI Pusat, Usut Oknum...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 22
  • Visit Today : 39
  • Visitors Total : 76288
  • Visit Total : 142006