Konsep Etnik, Futuristik dan Instagramable Warnai Trotoar Margonda Depok

Kam, 13 Okt 2022 11:37:46pm Dilihat 618 kali author Wismo
[Sassy_Social_Share]

Konsep Etnik, Futuristik dan Instagramable Warnai Trotoar Margonda Depok

 

 

Platmerah.Net,Depok- Kota Depok sebagai Kota Eatalase Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Daerah Khusus Ibukota Jakarta terus merias dan berbenah diri .

Satu diantaranya yang tengah dilaksanakan adalah penataan trotoar di Jalan Raya Margon da, jalan protokol Kota Depok kini dengan konsep etnik dan futuristik.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Depok, Citra Indah Yulianty lebih lanjut mengatakan, nan tinya trotoar di Jalan Margonda akan memiliki lebar kiri -kanan masing- masing empat meter di kedua sisi.

“Konsepnya, trotoar akan dibuat menarik dan kekinian yang etnik, futuristik dan instagramable. Jadi nanti right of way (ROW) nya kami lebarkan empat meter, kemudian ada Penerangan Jalan Umum (PJU) etnik juga,” ujarnya, kepada wartawan Kamis(12/09/2022).

Citra menambahkan, lampu etnik pun akan dipasang dan sepanjang trotoar juga akan ditempatkan bangku bangku pada titik tertentu.

” Selain itu juga akan dilengkapi dengan jalur sepeda dan jalur khusus disabilitas.” terangnya.

“Lampu dan bangku kami pasang tiap 20 meter. Akan ada jalur sepeda dan khusus disabilitas,” tambah Citrra..

Menyinggung sampai kapan pengerjaan proyek trotoar konsep baru tersebut?

Dikatakan, penataan trotoar Margonda Raya segmen ke tiga ditargetkan selesaia 16 Desember 2022.

Disebutkan,pekerjaan dimulai sejak 6 September dengan alokasi anggaran Rp 23,5 Miliar. Masa pengerjaan 102 hari kalender, dimana pelaksanaan pekerjaan akan selesai pada 16 Desember 2022, jelasnya.

“Kami berharap awal Desember pekerjaan sudah selesai sebelum kontrak berakhir. Penataan trotoar kali ini menggunakan teknik berbeda dengan sebelumnya,” tambanya.

Menyinggung konsep yang dikembangkan untuk Trotoar Margonda?

Citra menjelaskan,konsep yang digunakan adalah metode steam concrete sehingga dilakukan pembongkaran pada trotoar lama secara bersamaan di sepanjang Margonda.

“Sekarang tidak menggunakan ubin lagi. Yang lama tinggi trotoar 30 cm, sekarang ketinggian 20 cm sehingga dapat digunakan pesepeda,” katanya.

Dikatakannya, penggunaan metode steam concrete dilakukan dengan tahapan pengecoran terlebih dulu.

“Setelah itu baru diberi motif. Motifnya juga langsung ya, sebelum menunggu kering coran. Jadi makanya memang kami bongkarnya tidak bisa sebagian-sebagian, karena coran itu kan harus sekaligus habis,” terangnya.

Diakui Citra, dengan pembongkaran secara keseluruhan ini banyak dikeluhkan warga pengguna jalan. Dia pun meminta maaf atas ketidaknyamanan dan meminta warga untuk bisa bersabar serta memahami dampak pekerjaan proyek tersebut.

“Jadi kami bukan tidak menghormati pengguna jalan, karena ini akan dilebarkan lagi dari kondisi eksisting kemarin. Jadi mohon untuk bersabar, mudah-mudahan sebelum 16 Desember sudah selesai pengerjaannya. Kalau sudah cakep warga juga nyaman, bisa foto-foto karena instagramable seperti di kota lain bisa berfoto ria, nyaman dan ada kursi-kursinya juga,” pungkasnya.(*).

 

News Feed

Warga Pondok Jaya, Cipayung Depok, Dukung Supian Suri Menjadi Walikota

Jum, 24 Mei 2024 06:26:19pm

Warga Pondok Jaya, Cipayung Depok, Dukung Supian Suri Menjadi Walikota Platmerah.Net,Depok- Kembali dukungan datang dari masya rakat Kota Depok...

Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali Tinjau Warga Terdampak Banjir akibat Luapan Sungai Enim di Tanjung Enim

Kam, 23 Mei 2024 08:58:32pm

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) - Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap ribuan warga masyarakat dibeberapa desa dalam Kecamatan Lawang Kidul...

Partai Gerindra Kota Depok Rekomendasikan  Dukungan Kepada Supian Suri Menjadi Bacalon Walikota Depok.

Kam, 23 Mei 2024 07:17:46pm

Partai Gerindra Kota Depok Rekomendasikan  Dukungan Kepada Supian Suri Menjadi Bacalon Walikota Depok. Platmerah.net,Depok- Setelah melalui...

Polres Bandara Soekarno-Hatta Gagalkan Penyelundupan Puluhan Ribu Benih Lobster.

Rab, 22 Mei 2024 10:43:07am

  Polres Bandara Soekarno-Hatta Gagalkan Penyelundupan Puluhan Ribu Benih Lobster. Platmerah.Net,Jakarta - Kepolisian resor Bandara...

MoU KOPITU Dengan Direktur PSP Kementan, Dalam Mendukung Program Ketahanan Pangan

Rab, 22 Mei 2024 10:16:31am

MoU KOPITU Dengan Direktur PSP Kementan, Dalam Mendukung Program Ketahanan Pangan Platmerah.Net, Jakarta -Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 38
  • Visit Today : 65
  • Visitors Total : 77631
  • Visit Total : 144050