Platmerah - Bongkar Fakta Tajam Dan Terarah

LKPJ Walikota Depok : IPM Tahun 2021-2022 Tertinggi di Jawa Barat

Rab, 5 Apr 2023 04:54:38pm Dilihat 95 kali author Wismo
rapat-paripurna-dprd-depok

LKPJ Walikota Depok : IPM Tahun 2021-2022 Tertinggi di Jawa Barat

Platmerah.net, Depok- Suasana bulan suci Ramadhan 1444 di hari ke delapan menjalankan ibadah puasa tak menyurutkan semangat Sidang Paripurna Masa Sidang Pertama Tahun Anggaran 2023 guna penyampaian Laporan Kete rangan Pertanggung-Jawaban Wali Kota Depok tahun 2022 yang digelar, Jumat 31 Maret2023.

Dari pemandangan yang ada banyak anggota DPRD Kota Depok lebih memilih mengikuti rapat paripurna secara virtual daripada harus hadir secara fisik.

Suasana puasa nampaknya juga mempengaruhi jumlah anggotanya yang hadir sehingga banyak kursi yang kosong namun masih memenuhi qourum sehingga rapat tetap digelar.

Sidang paripurna LKPJ Walikota Depok Tahun 2022 sendiri dibuka ketua DPRD Kota Depok, H.TM, Yusuf Syahputra, dihadiri Wakil Walikota Depok dan Sekretaris Daerah Supian Suri, Wakil ketua dan anggota DPRD Kota Depok Sekre taris Dewan Kania Purwanti, AKBP Ervin Isdrianto selaku Kabar Opsi mewakili Kapolres Depok, Mayor Inf, Ibrahim selaku Pasiter Dandim 0508, Mayor Inf, Mulyadi Kasub Garnisun 0508, serta para pejabat instansi vertikal kota Depok dan undangan.

Pada kata pembukaan Sidang Ketua DPRD Kota Depok H. MT, Yusup Syahputra mengatakan, Sidang Paripurna DPRD Kota Depok menerima laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Depok 2022.

“Siang diawali rencana rapat paripurna ini terlebih dahulu telah dilakukan rapat Badan Musyawarah (Banmus) untuk melaksanakan sidang Paripurna untuk umum,” jelasnya.

Menyinggung pelaksanan sidang memasuki bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah,oleh sebab itu Ketua DPRD Kota Depok H, MT, Yusup Syahputra tak lupa mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi umat islam, tuturnya.

Ia juga mengucapkan, selamat kepada Pemerintah kota Depok yang telah mendapat penghargaan Digital Government World dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN-RB) pada Senin 20 Maret 2023.

” Penghargaan tersebut masuk 10 besar dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) terbaik se Indonesia dengan nilai 3, 42,” katanya.

Semoga indeks SPBE kedepannya terus meningkat lagi terutama domain yang masih rendah antara lain soal tata kelola terdiri dari perencanaan strategi SPBE teknologi informasi dan komunikasi. juga ucapan selamat atas penghargaan terbaik ke dua dokumen evaluasi rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tingkat provinsi Jawa Barat tahun 2023, semoga perencanaan pada Pemerintah Kota Depok dalam sinkronisasi, sinergitas dan konsistensi ini dapat mewujudkan visi dan misi kota Depok yang maju, berbudaya dan sejahtera, pungkasnya.

Ketua DPRD Depok menyoal sedikitnya daftar kehadiran anggota DPRD Kota Depok pada sidang tersebut, menurutnya sesuai catatan daftar dari 50 anggota yang hadir sebanyak 29 orang artinya melebihi setengah dari jumlah anggota DPRD Kota Depok.

Sehingga sidang Paripurna sesuai pasal 147 ayat 1 huruf C, tentang peraturan dan tata tertib DPRD Kota Depok maka rapat dinilai cukup korum, dan kami buka dan terbuka untuk umum.

Sebelum digelar rapat Paripurna, DPRD Kota Depok, telah menerima surat Walikota Depok No, 100/152 -PMKS tertanggal 21 Maret 2023 perihal penyampaian LKPJ tahun 2022 dan berdasarkan hasil rapat Banmus tanggal 30 Maret 2023 menetapkan pelaksanaan Paripurna diadakan pada hari jumat tanggal 31 Maret 2023 diadakan rapat paripurna. Susunan agenda harus mendapat persetujuan oleh anggota DPRD Kota Depok.

Lanjut Yusup Syahputra, berdasarkan ketentuan pasal 71 ayat 2 Undang-Undang No, 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan pasal 19 ayat 1 Permen No, 13 serta Permendagri No, 18 tahun 2020, tentang pelaksanaan peraturan Pemerintah Daerah, bahwa Walikota menyampaikan laporan pertanggungjawaban sekali setahun paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir,.

Untuk memenuhi peraturan tersebut maka pada kesempatan rapat Paripurna DPRD Kota Depok mempersilahkan Walikota Depok menyampaikan LKPJ tahun 2022 yang akan disampaikan oleh Wakil Walikota Depok.

LKPJ Walikota Depok disampaikan oleh Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono, bahwa LKPJ ini adalah laporan yang disampaikan oleh pemerintah kota Depok untuk dilaporkan kepada DPRD Kota Depok hasil capaian kinerja selama satu tahun anggaran berjalan.

Hasil penyelenggaraan dari pemerintah yang dimaksud ada 3 unsur yaitu, pertama soal capaian pelaksanaan program serta permasalahan upaya penyelesaian setiap urusan pemerintahan.

Yang kedua tentang kebijakan strategis yang ditetapkan oleh kepala daerah serta pelaksananya.

Yang ke tiga adalah soal yaitu, tindak lanjut rekomendasi tahun anggaran sebelumnya.

Wakil Walikota Depok ini juga mengatakan bahwa berkat sinergitas pemangku kebijakan yang mana didalamnya juga ada DPRD Kota Depok, alhamdulillah saat ini kota Depok telah menunjukkan pencapaian yang positif cukup signifikan dalam berbagai bidang. Hal itu dapat dilihat dari capaian makro pembangunan kota Depok pada tahun 2022. Persentase penduduk miskin 0,05 persen dari 2,58 persen menjadi 2,53 persen, penduduk miskin m terendah di jawa barat dan terendah ke 5 dari angka kemiskinan secara nasional.

Selain itu, capaian tingkat pengangguran terbuka mengalami penurunan sebesar 1,94 persen poin dari tahun sebelumnya. Hal ini juga menunjukkan bahwa upaya Pemkot Depok menurunkan dan menunjukkan angka penurunan pengangguran hasil yang signifikan.melalui cipta wira usaha baru, maupun program pada urusan tenaga kerja.

Tahun 2021-2022 menjadi 81,86 persen termasuk IPM tertinggi di jawa barat tetapi kita masih pertimbangkan IPM yang perlu di intervensi lebih lanjut, dimana terdapat 4 Kecamatan IPM terendah dibawah 80 persen diantaranya kecamatan Tapos, Cipayung, Sawangan dan Bojongsari.

Adapun laju pertumbuhan ekonomi (LPE) kota Depok tumbuh 5,24 persen, lebih kecil dibanding dengan jawa barat dan nasional, setidaknya ada tiga hal penyebab.

Pertama, berdasarkan lapangan usaha tahun 2022 di jawa barat maupun secara nasional sektor pertanian merupakan sektor yang dominan dan memegang peran pertumbuhannya sangat tinggi dan berkontribusi sebesar 20 persen

Yang kedua lapangan usaha industri pengolahan di kota Depok maupun nasional sama-sama masuk kontributor utama pertumbuhan ekonomi pada saat pandemi industri kimia farmasi merupakan industri sher yang memberikan sebesar 4 persen di kota Depok.

Yang ke tiga adanya peralihan dalam belanja off yang line ke belanja online yang berpengaruh terhadap kontribusi sektor perdagangan yang merupakan salah satu kontributor utama di Kota Depok. Demikian hal pendapatan perkapita yang sering digunakan untuk menggambarkan tingkat kemakmuran masyarakat secara makro. Pada tahun 2022 kota Depok menargetkan, mencapai pendapatan perkapita sebesar 24, 82 juta rupiah dan realisasinya pada tahun 2022 sebesar 38, 23 juta rupiah, urainya.

Wakil wali kota Depok juga mengatakan tentang capaian PDRP perkapita kota Depok juga meningkat sebesar 7,21 persen dari tahun 2021. Hal ini menggambarkan tingkat kemakmuran di wilayah kota Depok mengalami peningkatan pada tahun 2022 jika dibandingkan tahun 2021.

Soal pendapatan daerah lanjut Wakil Walikota Depok, satu realisasi pendapatan daerah pada tahun 2022 adalah sebesar 3,664, 656,173,29 rupiah, terealisasi 101,96 persen dari target sebesar 3,594,168, 434, 35 rupiah. Ke dua, dengan target anggaran sebesar 1,543,435, 858,69 rupiah. Realisasi pendapatan asli daerah pada tahun 2022 sebesar 1,642, 228, 601, 282 rupiah atau terealisasi 106, 43 persen

Adapun pendapatan yang ditransfer tahun 2022 sebesar 97,66 persen atau sebesar 2,329,273 62 rupiah dari target anggaran sebesar 251,124, 457, 466 rupiah, sedangkan pendapatan yang lain – lain terealisasi sebesar 19,398, 544, 385 rupiah.

b). Belanja daerah, Kebijakan belanja daerah pemerintah kota Depok tahun 2022 diarahkan kepada,

1, Meng alokasi anggaran belanja operasi termasuk didalamnya belanja pegawai, belanja barang dan jasa, belanja hiba dan belanja sosial, dan mengalokasikan belanja modal serta anggaran tidak terduga.

Yang kedua, mengalokasikan anggaran untuk pegawai untuk tambahan penghasilan pegawai ASN dengan memperhatikan kemampuan sesuai keuangan daerah.

Yang ke tiga, mengalokasikan anggaran untuk pembangunan di Kota Depok tahun 2022 terbesar dalam urusan pemerintahan untuk penyelenggaraan pembangunan dibidang infratsruktur, pendidikan, kesehatan serta dalam pemenuhan janji kepala daerah dan pelayanan publik lainnya, sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, anggaran untuk fungsi pendidikan di alokasikan minimal 20 persen dan untuk kesehatan dipenuhi sebesar 10 persen.

Anggaran, faktor dari anggaran alokasi umum dan DBH yang bersifat umum di alokasikan untuk memenuhi program pembinaan dan pengawasan oleh APIP sebesar 0,5 persen dari total APBD kota Depok, termasuk kegiatan prioritas yang di danai dari APBD hasil proses Musrenbang kecamatan dan kelurahan serta anggaran untuk pokok – pokok pikiran DPRD Kota Depok dan aspirasi masyarakat lainnya, sehingga dapat disampaikan bahwa realisasi anggaran belanja tahun 2022 sebesar 3,614, 127, 822, 783 atau sebesar 88, 46 persen dari rencana kerja sebesar 4,865,789, 603, 733 rupiah.

c), Pembiayaan daerah adalah transaksi keuangan daerah yang bertujuan untuk menutupi defisit atau untuk me manfaatkan surplus anggaran yang dirinci menurut sumber pembiayaan yaitu pembiayaan penerimaan dan pengeluaran pembiayaan serta merupakan transaksi keuangan yang dimaksud untuk menutupi selisih pendapatan belanja daerah, penerimaan biaya belanja daerah berasal dari sisa lebih dari hitungan anggaran sebelumnya atau SILPA.

Realisasi penerimaan anggaran tahun 2022 sebesar 585, 536, 810, 398 atau 100 persen dari target dan realisasi pengeluaran pembiayaan adalah 93, 915, 250 ribu rupiah yang merupakan pernyataan modal dari PDAM Tirta Asasta. Berdasarkan realisasi pendapatan belanja biaya APBD kota Depok tahun anggaran 2022 sebagaimana yang disampaikan dalam sidang Paripurna DPRD Kota Depok secara tertulis.
Sementara itu, pada sidang tersebut Imam Budi Hartono menyampaikan soal saldo akhir tahun berkenaan atau SILPA tahun 2022 sebesar 542,150, 990, 314 rupiah. Diakuinya bahwa capaian kinerja penyelenggaraan Pemerintah daerah tahun 2022 memang belum semuanya di penuhi sesuai target, tetapi dapat kami sampaikan bahwa secara umum capaian sudah cukup baik, papar Imam dalam penyampaian Keterangan LKPJ di depan anggota DPRD Kota Depok.

Rapat paripurna dilanjutkan pembentukan panitia khusus (Pansus) LKPJ Walikota Depok tahun 2022, terpilih Ikravany Hilman wakil Reinova Seri Donie berdasarkan rapat putusan dan ditandatangani oleh pimpinan dan anggota DPRD Kota Depok.(Wis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Serap Aspirasi Masyarakat, Torang Sihotang, S.H: Hasil Pertanian Masyarakat Harus Dapat Menjadi Penyeimbang Perekonomian

Rab, 31 Mei 2023 10:11:36pm

Langkat -Platmerahnet. Kabupaten Langkat merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Utara yang sebagian masyarakat menggantungkan hidup pada sektor...

Hari Tanpa Rokok Se Dunia Kecamatan Beji Canangkan RW 12 Sebagai Lokus Kawasan Tanpa Rokok.

Rab, 31 Mei 2023 12:05:39pm

Hari Tanpa Tokok Se Dunia Kecamatan Beji Canangkan RW 12 Sebagai Lokus Kawasan Tanpa Rokok. Platmerah.net,Depok-Hari Tanpa Rokok Se-Dunia di...

Begal Resahkan Warga, Mereka Kejar Tiga Remaja Di Tugu Api Rawa Geni

Rab, 31 Mei 2023 02:14:11am

Begal Resahkan Warga Rombongan Begal Kejar Tiga Remaja Di Tugu Api Rawa Geni Platmerah.net,Depok- Warga Rawa Genih Ratu Jaya Kecamatan...

Anggota DPRD Diduga Intervensi Pemilihan Ketua RW Di Cimpaeun.

Ming, 28 Mei 2023 10:49:30pm

Anggota DPRD Diduga Intervensi Pemilihan Ketua RW Di Cimpaeun. Platmerag.net,Depok- Pemilihan ketua RW 09 kelurahan Cimpaeun kecamatan Tapos...

Samsudin SE sponsori Turnamen Sepakbola Persatuan Persikal Cup 2023.

Ming, 28 Mei 2023 07:12:44pm

Samsudin SE sponsori Turnamen Sepakbola Persatuan Persikal Cup 2023. Platmerah.net,Depok-Sl Turnamen Sepakbola Piala Persatuan Persikal U-33....

Baca Juga

Berita Terbaru

PT. TPL Bantu KTH 1100 Bibit Aren

Jum, 26 Mei 2023 09:32:51pm

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 7
  • Visit Today : 8
  • Visitors Total : 49628
  • Visit Total : 96459
Chat Whatsapp