B1F157B6-0900-4E57-9FCA-9DD71BC0EE8F
[Sassy_Social_Share]

Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) – Sebagai perusahaan pertambangan terkemuka di Indonesia (BUMN) yang bergerak di bidang pertambangan batu bara yang mana salah satu wilayahnya berada di Kabupaten Muara Enim, PT Bukit Asam Tbk atau PTBA terus menunjukan kepedulian nya untuk kemajuan pembangunan di Kabupaten Muara Enim, salah satunya dengan memberikan 1 Unit Mesin Pemusnah Sampah IPI AWS 50 untuk tempat pemrosesan akhir (TPA) Bukit Kancil Muara Enim yang didanai melalui program CSR PTBA.
 
Penggunaan mesin ini dilaunching langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Dr. H. Ahmad Rizali,MA bersama Forkopimda Kabupaten Muara Enim, Vice President (VP) Sustainability PTBA Hartono dan Pj Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Dr. dr. Hj Rose Mafiana, Sp.An ditandai dengan pemotongan pita di Area TPA Bukit Kancil, Selasa pagi (13/02/2023). 
 
 
Tentunya kehadiran mesin yang memiliki kapasitas produksi 50-60 ton perhari ini diharapkan dapat membantu memaksimalkan pengelolaan sampah di TPA Bukit Kancil seluas 28,5 hektar ini, mengingat secara total TPA Bukit Kancil ini menerima sekira 70 ton timbulan sampah perhari yang mencakup sampah dari Kecamatan Muara Enim 30 ton perhari dan Kecamatan Lawang Kidul 40 ton perhari,” ucap Pj Bupati dalam sambutannya.
 
Lebih dari itu, Pj Bupati menekankan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) agar mesin pemusnah sampah produksi PT Indo Power Internasional (IPI) jenis Sistem Konversi Limbah Lanjutan (Advance Waste Conversion System/AWS) tipe 50 yang sangat ramah lingkungan karena mampu memanfaatkan limbah sampah untuk diolah atau dikonversikan menjadi sumber energi alternatif juga pupuk ini dapat dijaga dan dimaksimalkan fungsinya.
 
“Silahkan atur jam operasionalnya 2 shift atau 3 shift, yang penting perawatannya harus diutamakan, karena insyaallah kedepan mesin ini akan kita tambah lagi unitnya,”ujar Pj Bupati.
 
Tak lupa, mewakili pemerintah dan masyarakat Kabupaten Muara Enim, Pj Bupati mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Jajaran Manajemen PTBA atas sumbangsih maupun kepedulian PTBA terhadap berbagai pembangunan di Kabupaten Muara Enim ini. Semoga berbagai kepedulian dan program CSR PTBA ini dapat berkelanjutan dan menjadi panutan bagi BUMD/BUMN maupun dunia usaha lainnya.
 
“Mari bersama kita bersinergi untuk membangun Bumi Serasan Sekundang menjadi yang terdepan,”pungkasnya.
 
Sementara itu, Hartono Vice President Sustainability PTBA menyampaikan kalau pengadaan mesin ini merupakan salah satu konsen program dari PTBA di bidang lingkungan sebagai respon atas kebutuhan masyarakat Kabupaten Muara Enim akan pengelolaan sampah yang baik dan ramah lingkungan.
 
Sama seperti Pj Bupati Muara Enim, mewakili Jajaran Manajemen PTBA, ia berharap mesin ini dapat menjadi solusi dari masalah persampahan dan menjadi pendongkrak kesejahteraan para pengelolah sampah di TPA Bukit Kancil bahkan lebih dari itu dapat menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Muara Enim.
 
Hadir diantaranya, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Plt Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan beserta para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab. Muara Enim termasuk Camat Muara Enim. (HAI) 

News Feed

Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali Ajak KNPI Satukan Langkah Bangun Kabupaten Muara Enim

Sen, 27 Mei 2024 03:47:46pm

Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) - Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali mengajak Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Muara...

UPT Rusunawa, Cilangkap, Depok Gelar Pemilihan Ketua UMKM

Sen, 27 Mei 2024 01:07:18pm

UPT Rusunawa, Cilangkap, Depok Gelar Pemilihan Ketua UMKM   Platmerah.Net,Depok-–Guna menggali potensi warga rusunawa Kelurahan Cilangkap...

Rotasi Besar-Besaran Di Kejaksaan Agung Republik Indonesia Untuk Pejabat Eselon II dan Eselon III

Sab, 25 Mei 2024 06:18:37pm

Rotasi Besar-Besaran Di Kejaksaan Agung Republik Indonesia Untuk Pejabat Eselon II dan Eselon III Platmerah.Net,Jakarta- Jaksa Agung ST Burhanuddin...

Warga Pondok Jaya, Cipayung Depok, Dukung Supian Suri Menjadi Walikota

Jum, 24 Mei 2024 06:26:19pm

Warga Pondok Jaya, Cipayung Depok, Dukung Supian Suri Menjadi Walikota Platmerah.Net,Depok- Kembali dukungan datang dari masya rakat Kota Depok...

Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali Tinjau Warga Terdampak Banjir akibat Luapan Sungai Enim di Tanjung Enim

Kam, 23 Mei 2024 08:58:32pm

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) - Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap ribuan warga masyarakat dibeberapa desa dalam Kecamatan Lawang Kidul...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 14
  • Visit Today : 31
  • Visitors Total : 77752
  • Visit Total : 144370