Melalui 2 Putaran, Al Azhar Terpilih Menjadi Ketua PWI Muara Enim periode 2022-2025

Kam, 17 Mar 2022 01:13:23am Dilihat 971 kali author aldo muara enim
[Sassy_Social_Share]

Ket Foto : Anggota PWI Muara Enim berfoto bersama pengurus PWI Sumsel usai menggelar Konferkab periode 2022-2025 yang berlangsung di Ballroom hotel Griya Sinstesa Muara Enim, Senin (14/3/2022).

“Selisih 1 suara dari Incumben Siswanto”
 

PLATMERAH I MUARA ENIM (SUMSEL) – Hasil dari Konferensi Kabupaten (KONFERKAB) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Muara Enim yang berlangsung Senin (14/3/2022) di Ballroom hotel Griya Sinstesa Muara Enim, menempatkan Al Azhar, S.sos.i wartawan sekaligus Pimpinan Redaksi Koran Harian Enim Ekspres (Sumatera Ekspres Grup) berhasil menduduki kursi Ketua PWI kabupaten Muara Enim periode 2022-2025.

Berdasarkan dari hasil Tata Tertib (Tatip) Konperkab PWI Muara Enim yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Sumsel H.Anwar Sy Rasuan yang juga didampingi Ketua Panitia pelaksana Konperkab PWI Muara Enim Azhari S.Pd, berkeputusan dan memutuskan pemilihan langsung, setelah mengetahui jumlah suara pemilih sebanyak 29 suara hak memilih dengan 27 suara anggota biasa dan satu suara mandat anggota biasa serta satu suara hak memilih dari PWI Sumatera Selatan selaku ketua PWI Propinsi Sumatera Selatan, dalam hal ini H. Firdaus Komar,SPd.,M.SI atau yang kerap disapa Firkom.

Dari pantauan langsung platmerah.net pemilihan berlangsung cukup dramatis dan mendebarkan. Saat berlangsungnya pemilihan muncul tiga nama calon ketua PWI Muara Enim periode 2022 – 2025 yakni dengan nama calon Al Azhar, Siswanto, S.E.,S.H (Incumben), dan Denni Cristian.
Saat putaran pertama berlangsung Incumben berhasil mengungguli para calon lainnya dengan jumlah suara sah 11 suara, Al Azhar 10 suara sah dan Deni Cristian sebanyak 8 suara sah.

Aturan Konferkab PWI Muara Enim yang dinaungi oleh PWI Sumatera Selatan haruslah calon mengusai suara sah sebanyak 50 %+1 agar bisa dinyatakan sebagai pemenang. Namun, karena belum memenuhi aturan tersebut maka putaran kedua dilakukan dengan menggugurkan calon yang memiliki suara ditempat ketiga. Lalu Konferkab pun dilanjutkan ke putaran kedua dan sudah tentu dua calon yang hanya bisa maju diputaran ini yakni calon Incumben Siswanto bersama Al Azhar. 

 
Setelah dilakukan pemilihan ulang serta dihitung suara sah dari masing-masing kedua calon muncul, dengan suara sah yang diperoleh Al Azhar sebanyak 15 suara, sementara Siswanto sebanyak 14 suara sah.
Lantas sesuai aturan Tata Tertib (Tatip) yang ada maka suara sah milik Al Azhar tersebut telah memenuhi kriteria aturan 50 %+1 suara sah yang diperoleh, sehingga diputuskan oleh Pengurus PWI Sumatera Selatan Al Azhar dinyatakan sah memenangkan pemilihan Ketua PWI kabupaten Muara Enim untuk Periode 2022-2025. 
 
Ketua PWI Sumsel H.Firdaus Komar, SPd, M.Si atau yang akrap disapa Firkom usai pemilihan Ketua PWI Muara Enim lebih menekankan agar sama-sama membangun Organisasi PWI Muara Enim.
 
“Saudaraku Siswanto, apa yang telah disampaikan Ketua PWI terpilih tadi Kita sama-sama membangun PWI kan, sebenarnya intinya seperti itu. Istilah nya kalo bahaso Merinem “Gentian, Dulu Siswanto kali ini Azhar,”kelakar Firkom.
 
Lebih lanjut kata Firkom, saudara Azhar juga tadi sudah menyampaikan bahwa membangun PWI ini perlu kebersamaan atau sama-sama. Kadang-kadang memang dinamika organisasi ini ada yang setujuh dan tidak setujuh, itu hal biasa kan? Terkait keorganisasian, sebetulnya menjadi Ketua organisasi tidaklah berat apalagi kita ini organisasi profesi yang sama-sama seragam dalam artian satu profesi yang memiliki tugas yang sama yakni menjalankan fungsi pers sesuai dengan media dimana kita bertugas. Apa itu fungsi pers? Yakni memberikan edukasi, fungsi menyampaikan informasi, sebagai kontrol sosial, hiburan, dan fungsi ekonomi. Itulah fungsi yang kita jalani pada dasarnya. 
 
“Jadi kita ini di PWI sebagai bonus kita mengabdi dan beribadah. Saya ini sudah 26 tahun jadi wartawan dan mungkin saatnya untuk mengurusi organisasi PWI Sumatera Selatan,”pungkasnya.
 
Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Muara Enim terpilih Al-Azhar mengucapkan terima kasihnya dan siap mengemban amanah menahkodai PWI di Bumi Serasan Sekundang selama 3 tahun kedepan.
 
 “Yang pertama terimakasih atas amanah teman-teman yang sudah memberikan suara ataupun yang belum berkenan memberikan suara kepada saya, sehingga saya ditetapkan sebagai Ketua formatur terpilih PWI Kabupaten Muara Enim periode 2022-2025,”ucap Al Azhar untuk pertama kalinya saat memberikan pidato saat terpilih menjadi Ketua PWI Muara Enim hasil Konferkab.
Dikatakan Azhar sapa akrapnya yang perlu kita sadari bersama bahwa Konferkab PWI ini adalah salahsatu cara kita menjalankan organisasi PWI ini yang sebenarnya. 
 
“Lewat Konferkab ini kita memilih seorang pemimpin. Mungkin disetiap diri kita ada kekurangan dan kelebihan. Oleh sebab itu saya harap dan sayapun butuh dukungan dari kawan-kawan yang lain, dan saya mengajak kawan-kawan yang lainnya untuk sama-sama memajukan PWI Muara Enim. Mari bersama kita berbenah, kalau ingin berbenah. Kalau ingin maju PWI punya integritas, PWI punya nilai jual dan sangat dipandang orang. PWI itu bukan harus bekerjasama atau sama-sama bekerja, PWI satu dan satu PWI,”ujarnya.
 
Azhar juga menekankan Kita dituntut untuk menjadi PWI yang bermartabat dan berkompetensi. “Saya berharap PWI Muara Enim ini menjadi lokomotif organisasi wartawan di kabupaten Muara Enim. Tolong tegur dan ingatkan saya kalau seandainya 3 tahun kedepan atau 1,2 tahun kedepan ada hal-hal yang tidak berkenan bagi teman-teman sekalian, saya bersedia untuk dikoreksi. Saya ingin kita sama-sama terbuka di PWI Muara Enim, dan yakinlah bahwa kontentasi pada hari ini itu hanya menjalankan amanah AD/RT PWI kabupaten Muara Enim,”tutupnya. (HAI)
 
 
 
 

News Feed

Satu-Satunya di Sumsel, ASN Pemkab. Muara Enim Terima TPP THR dan TPP Gaji 13

Jum, 29 Mar 2024 09:58:45am

“Honorer dapat THR Rp 500 Ribu dari Masing-masing OPD”   Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) - Menjelang hari raya Idul Fitri 1445 H, Pemkab....

Bukber Santunan Yatim  Dan 3 Hari Takjiah Almarhum Papi Ipul,Di Balai Wartawan Kota Depok

Kam, 28 Mar 2024 11:21:15pm

Bukber Santunan Yatim  Dan 3 Hari Takjiah Almarhum Papi Ipul,Di Balai Wartawan Kota Depok Platmerah.net,Depok -Pemkot Depok sangat mengapresiasi...

Pokmas Kelurahan Jatijajar Kerjakan Tiga Proyek Pembangunan Tahun Anggaran 2024.

Rab, 27 Mar 2024 07:31:16pm

Pokmas Kelurahan Jatijajar Kerjakan Tiga Proyek Pembangunan Tahun Anggaran 2024. Platmerah.net,Depok-Pembangunan infrastruktur Kelurahan Jatijajar...

Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali Buka Musrenbang RKPD dan RPJPD 2025-2045, Tekankan Program Unggulan

Rab, 27 Mar 2024 03:52:10pm

Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) - Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Dr. H Ahmad Rizali,M.A membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang)...

KPU Depok Tetapkan Nama-Nama 50 Anggota DPRD Setempat

Ming, 24 Mar 2024 10:46:48pm

  KPU Depok Tetapkan Nama-Nama 50 Anggota DPRD Setempat Platmerah.net. Tercatat 50 Orang Anggota DPRD Kota Depok yang akan menduduki kursi...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 34
  • Visit Today : 41
  • Visitors Total : 75829
  • Visit Total : 141248