Platmerah - Bongkar Fakta Tajam Dan Terarah

Melepas Kejenuhan Santriwan-santriwati Ponpes Darussa’adah Ikuti Karyawisata Ke Museum Batubara

Sel, 1 Nov 2022 04:15:12pm Dilihat 135 kali author aldo muara enim
B6DEEF44-9DA9-410F-B004-ADD3D0BC7527

“Metode Pembelajaran Karyawisata,Alternatif Atasi Learning Loss”

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) – Salah satu alternatif mengatasi hilangnya semangat belajar atau kemunduran proses akademik atau lebih populer disebut dengan istilah Learning Loss yakni dengan menerapkan Metode Pembelajaran Karyawisata. Metode karyawisata ialah cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak siswa ke suatu tempat atau objek tertentu di luar sekolah untuk mempelajari/menyelidiki sesuatu.

Guru mata pelajaran Sejarah Madrasah Aliyah (MA) Darussa’adah Muara Enim Tama Maysuri, S.Pd., M.Pd yang menjadi Inisiator mencoba menerapkan metode pembelajaran karyawisata tersebut dengan mengajak para siswanya untuk berkunjung ke Museum Batubara di Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul, Senin (31/10/2022).

Kegiatan ini diikuti sebanyak 70 orang siswa dan 10 orang guru. Dari kegiatan ini siswa-siswi memperoleh informasi bahwa, Museum ini dibangun oleh PT Bukit Asam Tbk atau PTBA sebagai bagian dari Program Tanjung Enim Kota Wisata dengan tujuan menjadi kawasan tambang batu bara di daerah dapat menjadi destinasi wisata dan mandiri setelah kandungan batubara sudah habis nantinya seperti di Ombilin, Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar). 

Metode Pembelajaran Karyawisata ialah cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak siswa ke suatu tempat atau objek tertentu di luar sekolah untuk mempelajari/menyelidiki sesuatu.

“Sangat senang melihat anak-anak begitu antusias mengikuti program Karyawisata ini, mereka bertanya jawab langsung dengan tourgite yang ada di museum. Jadi tujuan metode karyawisata ini antara lain siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dari objek yang dilihatnya yaitu museum batubara. Selain itu, siswa dapat membuang kejenuhan dan kepenatan dr aktivitas dipondok dengan refreshing melihat keindahan kota Tanjung Enim sebagai kota wisata,”ujar Tama Maysuri.

“Dalam kegiatan ini anak-anak nantinya akan membuat laporan hasil Karyawisatanya lalu di presentasikan di dalam kelas,”tambahnya.

Sementara itu, Kepala Madrasah Aliyah Darussa’adah Muara Enim, Mukhtazar, M.Pd sangat mengapresiasi inisiatif dan kreativitas guru-guru dalam proses metode pembelajaran Karyawisata ini demi meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa, ia pun berharap ke depannya dapat terus di tingkatkan lagi karena buku bukan satu-satunya sumber untuk belajar.

Dari pantauan langsung dilapangan, para Siswa-siswi MA Ponpes Darussa’adah menyambut antusias dan sangat bergembira mengikuti kegiatan pembelajaran Karyawisata ini. Selain itu, para siswa dan guru juga berkesempatan melaksanakan shalat zhuhur berjamaah di Masjid Jami Bukit Asam (MJBA) Tanjung Enim yang lokasinya tidak jauh dengan Museum Batubara yakni berada diseberang sungai Enim dengan cukup melintasi fasilitas jembatan yang menghubungkan antara Museum dengan fasilitas umum lainnya atau tepatnya di Taman Love yang saat ini juga sudah ditambah sarana fasilitas umum lainnya yakni miniatur Sriwijaya yang ada di kota Palembang seperti Masjid Agung, Kelenteng Pulau Kemaro, Candi, Benteng Kuto, Patung Iwak Belido, dan Jembatan Ampera.

Kegiatan terasa sangat singkat, ketika tiba waktu makan siang bersama yang dilakukan di Mini Zoo and Jogging Track Bukit Asam, hingga pada akhirnya para santriwan dan santriwati harus segera kembali ke asrama.

Untuk diketahui Museum Batu bara Tanjung Enim sendiri merupakan salah satu aset yang dibangun untuk menyimpan aneka koleksi yang berkaitan dengan pertambangan batu bara, tempat konservasi dan riset serta edukasi hiburan. Kehadiran Museum Batubara adalah wujud komitmen PTBA dalam hal visi sustainability, khususnya pengelolaan masyarakat dan lingkungan yang berkelanjutan. Museum Batu Bara Tanjung Enim juga sekaligus menjadi landscape dan objek wisata pendidikan bagi masyarakat Sumatera Selatan sekitarnya termasuk dari daerah lain, karena di museum ini terdapat banyak koleksi edukasi dan informasi, seperti jenis-jenis batu bara, ruang kereta bawah tanah, alat-alat tambang yang digunakan pada masa lalu, ruang theater audio visual dan sejarah pimpinan Bukit Asam dari masa ke masa.

Di museum ini pengunjung dapat mengetahui sejarah pertambangan batubara dari era kolonial sampai saat ini. Selain itu, kereta akan membawa pengunjung serasa di dalam tambang bawah tanah. Museum Batu Bara ini berdiri dalam sebuah kompleks seluas 4,5 hektar. Ada banyak museum di Indonesia dengan beragam koleksinya, namun Museum Batubara di Indonesia saat ini hanya ada dua museum, satu ada di Kota Sawahlunto dan satu nya lagi yakni Museum Batubara yang ada di Tanjung Enim ini, yang berjarak sekitar 200 km dari Palembang, ibu kota Provinsi Sumatera Selatan (HAI)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Wujudkan Pembentukan Provinsi Tapanuli, Bupati Tapanuli Utara Tanda Tangani Akta Pendirian PPPT

Kam, 1 Des 2022 10:01:51pm

PLATMERAH || TAPUT || Bupati Tapanuli Utara Dr. Can. Drs. Nikson Nababan, MSi turut menandatangani Akta Pendirian Panitia Percepatan Provinsi...

Pussenkav Gelar Focus Group Discussion Tahun 2022.

Kam, 1 Des 2022 08:49:08pm

Platmerah.net, Bandung,- Bertempat Gedung Manunggal Tri Daya Cakti Pussenkav Jalan Ciremai No.9 Kota Bandung, telah dilaksanakan kegiatan Focus Group...

Antusias Warga Landono Sambut Kedatangan Ketua Komisi V DPR – RI, Ir Ridwan Bae

Kam, 1 Des 2022 07:46:56pm

Konawe Selatan || PLATMERAH.NET || Kunjungan kerja ketua Komisi V DPR RI ridwan Bae sudah lama di tunggu tunggu oleh warga Kecamatan Landono, untuk...

Antusias Warga Landono sambut kedatangan Ketua Komisi V DPR – RI. Ir Ridwan Bae.

Kam, 1 Des 2022 06:59:45pm

Antusias Warga Landono sambut kedatangan Ketua Komisi V DPR - RI. Ir Ridwan Bae.   Platmerah.nrt,KowaneSelatan-Kunjungan kerja ketua Komisi V...

MT Balai Wartawan Depok Peduli Korban Bencana Gempa Bumi Ciajur

Kam, 1 Des 2022 02:33:57pm

MT Balai Wartawan Depok Peduli Korban Bencana Gempa Bumi Ciajur   Platmerah.ney,Cianjur- Sepekan setelah menggelar Maulid Nabi dan Santunan...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 9
  • Visit Today : 40
  • Visitors Total : 32023
  • Visit Total : 55742
Chat Whatsapp