Moeldoko, Meminta Prov Papua Membantu Pemerintah Mengatasi Krisis Pangan Global

Sab, 23 Jul 2022 08:50:10am Dilihat 784 kali author Wismo
[Sassy_Social_Share]

PLATMERAH || JAKARTA || Ketua Umum DPP HKTI Jen deral TNI (Purn) Dr.Moeldoko lantik Kepengurusan DPD Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Papua untuk masa bakti lima tahun kedepan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (22/07/2022).

Moeldoko berpesan DPD HKTI Provinsi Papua dapat membantu pemerintah dalam mengatasi ancaman Krisis pangan global.

Dikatakan, ancaman krisi pangan bukan isapan jempol, karena sudah ada negara yang mengalami kesulitan seperti Sri Lanka dan tidak menutup kemungkinan, jika kondisi ini dibiarkan banyak negara yang akan menyusul Sri Lanka.

Ia mengajak HKTI untuk dapat berperan lebih besar untuk Bangsa dan Negara.

“Mari kita fokus ke pertanian. Tidak boleh kita nanti-nanti saja, jangan lagi berbicara Belanda masih jauh, sekarang saatnya bergerak. Saya titipkan kepada Pak Peter dan seluruh jajarannya, saya yakin HKTI Papua dapat berperan dengan baik, itu harapan saya mari kita semuanya mendukung,” tutur Moeldoko saat menyampaikan sambutannya.

Moeldoko optimis, Papua memiliki potensi untuk menjadikan sektor pertanian sebagai kekuatan dalam menggerakan roda pereko nomian daerah.

Namun, Moel doko mengingat kan dibalik potensi ada tantang an yang dihadapi, oleh karena itu tantangan-tantangan terse but menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pengu rus DPD HKTI Provinsi Papua.

“Di Papua ini potensinya luar biasa tetapi belum bisa mengatasi tantangan. Kenapa tidak bisa mengatasi tantangan, bisa jadi karena belum cukupnya pengalaman dalam mengelola pertanian atau bisa juga kurangnya keberpihakan pemerintah kepada petani. Saat ini saya lantik Ketua DPD HKTI Papua dan saya berharap beliau bisa menyelesaikan tantangan ini,” ujar Moeldoko.

Moeldoko menyampaikan selamat menjalankan tugas kepada pengurus baru DPD Provinsi Papua.

Pada kesempatan tersebut, Moeldoko berjanji kesiapannya membantu memperjuangkan aspirasi para petani di Papua. Karena itu, Ketua DPD HKTI Papua dapat melakukan konsolidasi hingga ke tingkat gapoktan (Gabungan Kelompok Tani).

“Kita semuanya siap memberikan dukungan, jangan ragu-ragu Pak Peter, anda bisa mengkonsolidasikan seluruh unsur sampai ke gapoktan. Gapoktan nanti membuat RDKK, saya selaku Ketua Umum akan terlibat, mengintervensi sampai ke Kementerian Pertanian,” tegas Moeldoko.

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua DPD HKTI Provinsi Papua Piter Gusbager menyampaikan sejumlah program, diantaranya akan membangun sumber daya manusia (SDM) yang handal dan berkualitas di sektor pertanian. Hal tersebut didukung dengan latar belakang masyarakat Papua yang 60 persen adalah petani.

“Pelantikan hari ini, bukan hanya untuk menghidupkan kembali kevakuman, bukan hanya menjadi agenda konsolidasi organisasi Tetapi lebih dari itu Papua benar-benar menjalankan misi besar Organisasi mewujudkan human capital sumber daya manusia untuk pertanian, untuk petani yang lebih maju, petani yang lebih modern, petani yang makmur dan sejahtera,” kata Bupati Keerom ini.

Peter mengakui Papua memiliki potensi pertanian yang tidak kalah dengan daerah lain. Lahan yang ada di Papua sangat mendukung produksi komoditas pertanian, bahkan Papua layak dijadikan lumbung pangan nasional.

“Setiap daerah di Papua memiliki potensi yang besar contohnya di daerah Keerom, hari ini kita sedang menggala kkan perkebunan jagung investasi 20000 hektar, awal ini kita akan buka 10000 hektar didukung oleh Presiden akan menjadi cikal cikal bakal ketahanan pangan nasional lumbung jagung nasional di wilayah timur Indonesia,” tutur Piter.

Pelantikan pengurus DPD HKTI Provinsi Papua ini ditandai dengan pembacaan naskah pelantikan oleh Ketua Umum DPD HKTI dan dilanjutkan dengan penyerahan bendera Pataka. Setelah itu, Ketua DPD HKTI Provinsi Papua membacakan ikrar dan diikuti oleh jajaran pengurus. (“)

News Feed

Meriahkan HUT Bhayangkara Ke-78, Polres Purwakarta Gelar Liga Nepak Tiga Pilar

Kam, 20 Jun 2024 06:58:19pm

PURWAKARTA - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Bhayangkara, Polres Purwakarta menggelar pertandingan bulutangkis bertajuk Liga...

Supian Suri Dijadwalkan Hadir Pada Hari Krida Pertanian Di Tapos

Kam, 20 Jun 2024 03:07:29pm

Supian Suri Dijadwalkan Hadir Pada Hari Krida Pertanian. Platmerah.net,Depok-Hari Krida pertanian yang diperingati setiap tanggal 21 Juni sebagai...

Polisi Amankan Pelaku Pencabulan dan Kekerasan Terhadap Anak

Rab, 19 Jun 2024 05:39:45pm

CIAMIS - Polres Ciamis gelar Konferensi Pers Kasus Pencabulan dan Kekerasan Terhadap anak di bawah umur, yang terjadi di Kecamatan Panumbangan...

Satpoliarud Polres Purwakarta Ingatkan Hal Ini Untuk Masyarakat Beraktifitas Di Perairan

Rab, 19 Jun 2024 02:11:19pm

PURWAKARTA - Sebagai upaya deteksi dini permasalahan yang terjadi di wilayah perairan di Kabupaten Purwakarta, Satuan Polisi Perairan dan Udara...

Ketua DPD Partai Golkar Kota Depok Farabi  Pimpin Langsung  Penyembelahan  Tujuh Ekor Sapi..

Sel, 18 Jun 2024 11:31:01pm

DPD Partai Golkar Kota Depok Farabi  Pimpin Langsung  Penyembelahan  Tujuh Ekor Sapi.. Platmerah.net,Depok-Seperti juga tahun-tahun sebelumnya...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 10
  • Visit Today : 10
  • Visitors Total : 78622
  • Visit Total : 145716