60AFA49B-E19F-431D-90AA-EB2BCA264662
[Sassy_Social_Share]

Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) – Setelah diresmikannya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Irigasi di Desa Karang Raja Kecamatan Muara Enim oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah bersama Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PT Bukit Asam Tbk Suherman disela agenda peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 Tahun 2023 tingkat Kabupaten Muara Enim, kini sawah di Desa Karang Raja tepatnya di Ataran Dusun V bisa panen tiga kali dalam setahun.

PLTS Irigasi ini nantinya mampu mengaliri sawah seluas 35 hektar di Desa Karang Raja yang merupakan bantuan dari PT Bukit Asam untuk meningkatkan produktivitas pangan di Desa Karang Raja.

Sebelumnya PT Bukit Asam Tbk (PTBA) telah menyelesaikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk irigasi lahan pertanian di Desa Karang Raja, Muara Enim, Sumatera Selatan.

Peresmian PLTS irigasi ini dilakukan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah dan Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Suherman bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kamis (17/8/2023).

Turut hadir Forkompinda Kab.Muara Enim, beberapa Kepala OPD, General Manager (GM) Pertambangan Tanjung Enim Venpri Sagara didampingi Vice President (VP) Sustainibility Hartono, Camat Muara Enim, Kepala Desa Karang Raja Okta Avianti, Am.Keb, pemangku adat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan para petani serta warga desa Karang Raja.

Pembangunan PLTS irigasi merupakan upaya PTBA untuk mendorong pemanfaatan energi terbarukan, memberdayakan masyarakat, sekaligus menjaga kelestarian lingkungan. Sejalan dengan  “Noble Purpose” (tujuan mulia,red) PTBA sebagai anggota Grup MIND ID, yaitu membangun peradaban,meningkatkan kesejahteraan, dan menciptakan kehidupan yang lebih baik. 

Direktur SDM PTBA Suherman dalam sambutan awalnya menyampaikan, bantuan PLTS ini merupakan bentuk komitmen perusahaan kepada masyarakat nya di ring 1 yakni di Desa Karang Raja.

“Ini memberikan manfaat dalam membantu mensejahterakan masyarakat setempat dan menciptakan kehidupan yang lebih baik,”ucap Suherman, yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Sekretaris Perusahaan (Sekper) PTBA ini.

Suherman juga menerangkan, PLTS Irigasi ini merupakan yang ke-6 (enam) dibangun oleh PTBA, dimana saat ini juga sedang membangun yang serupa di desa Muara Lawai. Untuk di Karang Raja ini dibangun sejak september 2022 dan selesai pada februari 2023, dimana kapasitasnya 38 Kilo Watt Peak (KWP) dengan luas panel 132 M².

“Dengan adanya suplay air dari pompa, maka potensi peningkatan produksi bisa 175 ton gabah kering pertahun, karena bisa panen 2-3 kali dalam setahun. PLTS irigasi ini tidak hanya memberikan manfaat ekonomi, tetapi juga mendorong pertanian yang lebih ramah lingkungan sehingga mampu mengurangi emisi karbon. Dari sisi perekonomian, program ini memberikan dampak bagi 121 petani,”ungkap Suherman.

Pada kesempatan yang sama, Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah menyampaikan apresiasi kepada PTBA. Ia berharap PTBA dapat terus berkontribusi untuk pembangunan berkelanjutan.

“Hari ini kita menyaksikan salah satu kontribusi positif dari PTBA. Ini kontribusi yang tidak main-main karena bersifat  sustainable development. Saya mengapresiasi penuh PTBA yang sudah menghadirkan dan mempelopori ini di Kabupaten Muara Enim. Saya sangat bangga, sangat senang, mudah-mudahan PTBA melanjutkan di tempat lain. Kami akan mendukung, masyarakat pun mendukung,”ujarnya.

Kaffah mengatakan, dunia perlahan akan meninggalkan energi fosil dan energi surya seperti inilah yang akan mewarnai kehidupan kita kedepan. Dirinya memahami bahwa sangat sulit bergantung terhadap sumber daya air dimana ketika rendah maka sulit untuk menanam padi. Dengan adanya PLTS ini produksi padi bisa stabil bahkan bisa ditingkatkan kedepan, untuk itu terima kasih kepada PT BA.

Kaffah berpesan agar bantuan yang sudah diberikan bisa dijaga dan dirawat serta dimaksimalkan dengan sebaik mungkin sehingga bisa terus produktif membantu peningkatan hasil pertanian yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama di Desa Karang Raja.

“Agar masyarakat turut menjaga dan merawat PLTS irigasi ini supaya manfaatnya dapat terus dirasakan. Para petani saudara-saudaraku sekalian, saya sangat memahami betapa sulitnya ketika kita bergantung pada sumber daya air. Saya sangat berharap PLTS ini dijaga betul, kita harus merawatnya sehingga betul-betul berkelanjutan,”tutupnya.

Sementara itu, Kepala Desa Karang Raja Okta Avianti juga mengucapkan terima kasihnya kepada PT Bukit Asam. “Terima kasih kepada pihak PTBA yang  telah membantu kami atau memberi kami PLTS, yang mana beberapa waktu yang lalu kami telah menerima PLTS ini dan mudah-mudahan PLTS ini dapat membantu khususnya para petani desa Karang Raja, semoga nantinya para petani di Desa Karang Raja insaAllah akan menjadi pengusaha pangan, dan tentunya tidak akan bisa terbangun atau terlaksana PLTS ini tanpa adanya hibah tanah dari bapak iin Tehera dan bapak Jamaludin, untuk itu saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,semoga nantinya akan menjadi amal ibadah bagi mereka berdua,Aamiin,”ucapnya.

Dikatakan Okta, keberadaan PLTS ini tidak hanya berguna untuk mengaliri air pada sawah di desa Karang Raja, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk Kolam.

“Jadi ini awal bagi petani untuk menggarap sawahnya, yang tadi hanya 1 atau 2 kali tanam bisa menjadi 3 kali tanam dalam setahun.
Bapak ibu saya Ada pantunnya sedikit, Berayak mandi ke Enim, Karang Raja Desa Idaman. Kolam ikan Sudan disiapkan, Tinggal perusahaan yang isi ikan! Untuk itu pada kesempatan ini kami juga mengundang stakeholder atau pihak perusahaan yang ada di ring 1 desa Karang Raja, bukan hanya ring 1 karena ini sudah dekat jadi memang banyak nya investor yang berinvestasi di desa Karang Raja,”tambahnya.

Okta juga mengharapkan kerjasamanya kepada seluruh perusahaan yang ada di desa Karang Raja untuk dapat melanjutkan PLTS ini sehingga nantinya tidak menjadi barang atau bangunan yang mangkrak!

“Karena saya tau PLTS ini bukan barang yang murah, diberikan secara gratis oleh PTBA kepada para petani di desa Karang Raja, ini luar biasa saya sangat senang sekali hari ini,untuk itu saya berharap kepada para petani untuk kerjasamanya dan juga kepada pengurus yang nantinya akan menerima surat keputusan Kepala Desa untuk dapat melaksanakan tugas ini, kerena ini merupakan amanah yang telah diberikan PT Bukit Asam, karena mereka telah membantu kita untuk berkelanjutan menjadi pengusaha pangan nantinya,”pungkas Okta Avianti, Kepala Desa Karang Raja.

Untuk diketahui, PLTS Irigasi di Desa Karang Raja mulai dibangun pada 16 September 2021 dan mulai beroperasi pada 14 Februari 2023. Terdiri dari 76 modul yang masing-masing berkapasitas 500 Wattpeak (Wp), total kapasitas PLTS mencapai 38 Kilowatt peak (kWp).

Listrik yang dihasilkan PLTS mampu menghidupkan 2 unit pompa irigasi berkapasitas 20 liter per detik dengan head mencapai 35 meter. Pompa menyedot air sungai sejauh 1,29 kilometer (km) ke bak reservoir yang kemudian didistribusikan ke sawah warga.

Lahan yang dialiri seluas kurang lebih 35 hektar. Sebanyak 121 petani memperoleh manfaat dari PLTS Irigasi Desa Karang Raja.
Berkat adanya PLTS untuk irigasi, para petani di Desa Karang Raja kini bisa panen 2-3 kali dalam setahun. Sebelumnya, petani mengandalkan sawah tadah hujan sehingga hanya bisa panen 1 kali dalam setahun. Hasil tani berpotensi meningkat hingga 175 ton Gabah Kering Giling (GKG) per tahun.

Program PLTS irigasi dijalankan PTBA untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) poin 7 yakni menjamin akses energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, dan modern untuk semua. Selain itu SDGs poin 8, yaitu menciptakan pekerjaan layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Tak hanya di Desa Karang Raja, PTBA telah membangun PLTS irigasi di 5 titik lokasi lain, antara lain Talawi Mudik (Sawahlunto, Sumatera Barat), Trimulyo (Pesawaran, Lampung), Tanjung Raja (Kecamatan Muara Enim, Sumatera Selatan), Nanjungan (Lahat, Sumatera Selatan), dan Rejosari Mataram (Lampung Tengah, Lampung). Total kapasitas terpasang 6 PLTS irigasi ini mencapai 192 kWp. (HAI)

News Feed

Muara Enim Matangkan Pemberangkatan 395 orang JCH Tahun 2024

Rab, 24 Apr 2024 05:43:53pm

Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) - Guna mematangkan keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Muara Enim yang diagendakan keberangkatannya...

257 Peserta Didik Kelas XII dan XIII GP SMK Bukit Asam Tahun Ajaran 2023/2024 di Serahkan

Rab, 24 Apr 2024 04:48:43pm

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) -  Sebanyak 257 peserta didik Kelas XII dan XIII Geologi Pertambangan (GP) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)...

OSO Intruksikan Untuk Buka Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah

Rab, 24 Apr 2024 04:26:20am

Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Oesman Sapta Odang Dan jajaran Pengurus Pusat Hanura   Platmerah.net,Jakarta-Ketua Umum Partai...

Halal bi Halal DPC PKB Sékaligus Konsolidasi Penjaringan Bakal Calon Wali-Wakil Walikota Depok

Sel, 23 Apr 2024 09:38:28am

Halal bi Halal DPC PKB Sékaligus Konsolidasi Penjaringan Bakal Calon Wali-Wakil Walikota Depok Platmetah.net,Depok- Partai Kebangkitan Bangsa...

Ketua MK Suhartoyo Menolak Permohonan  Ganjar-Mahfud, Menolak Eksepsi Termohon dan Pihak Terkait

Sen, 22 Apr 2024 07:05:12pm

Ketua MK Suhartoyo Menolak Permohonan  Ganjar-Mahfud, Menolak Eksepsi Termohon dan Pihak Terkait Platmerah.net,Jakarta-Mahka mah Konstitusi (MK) ...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 100
  • Visit Today : 151
  • Visitors Total : 76557
  • Visit Total : 142405