Platmerah - Bongkar Fakta Tajam Dan Terarah

Muncul Kelompok Ekstremis Negara Islam Indonesia (NII), Kepala BNPT Boy : “Generasi Tersesat”

Sab, 7 Mei 2022 04:07:30pm Dilihat 270 kali author Rintos Sastro Sinambela
images

PLATMERAH || JAKARTA || Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengungkap sedikit fakta baru hasil penyelidikan sementara tentang keberadaan kelompok ekstremis yang menamakan diri Negara Islam Indonesia (NII) dan sebagian besar berbasis di sejumlah kabupaten di Sumatera Barat.

Polisi menyebut kelompok itu sedang mempersiapkan serangan teror dan bahkan berencana membuat kekacauan untuk kemudian melancarkan kudeta terhadap pemerintah pada tahun 2024. Aparat menyatakan, berdasarkan hasil pemetaan, jumlah mereka mencapai 1.125 orang.

Aparat belum mengungkap banyak tentang keberadaan mereka kecuali seputar penangkapan 16 orang oleh Densus 88 Antiteror Polri karena diduga sebagai kelompok teroris. Belum diungkap juga keterkaitan NII di Sumatera Barat itu dengan kelompok bernama serupa yang berbasis di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Seperti dilansir dari viva.co.id Dalam satu kesempatan wawancara eksklusif dengan The Interview, di Jakarta, Kamis, 28 April 2022, Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar menyatakan bahwa NII di Sumatera Barat, “menurut saya, generasi yang tersesatkan”.

Mereka, katanya, mendapatkan inspirasi dari masa lalu, yaitu gerakan bernama Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII) di Jawa Barat, yang puncak aksinya terjadi pada 7 Agustus 1949. Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo, pemimpin utama gerakan itu, sempat memproklamasikan pendirian Negara Islam Indonesia (NII), tetapi tak lama setelah itu dia ditangkap dan dihukum mati.

Berbekal inspirasi masa lalu dari gerakan dan pemikiran Kartosoewirjo itu, Boy menjelaskan, segelintir orang di antara mereka merekrut anggota dan menggalang kekuatan untuk bertindak kekerasan. Mereka, katanya, juga mendapatkan inspirasi atau dukungan moral dari gerakan teroris global, seperti ISIS dan Alqaeda, yang juga menginginkan mendirikan negara Islam.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Dansektor 2 Citarum Harum Terus Himbau Kepada Masyarakat Untuk Jaga Alam dan Lingkungan.

Sel, 28 Jun 2022 12:48:09pm

Platmerah.net, Pacet-Kab Bandung,-Kolonel Inf Belyuni Herliansyah S.Sos selaku Dansektor 2 Citarum Harum memerintahkan kepada seluruh anggota dan...

60 Atlit Depok Perkuat Kontingen Jawa Barat pada FORNAS ke VI di Palembang

Sen, 27 Jun 2022 04:36:32pm

Ketua KORMI Kota Depok M Kholik 60 Atlit Depok Perkuat Kontingen Jawa Barat pada FORNAS ke VI di...

PPP Kota Depok Dukung Anies Basweldan dan Qofifah Jadi Calon Presiden RI

Sen, 27 Jun 2022 11:26:55am

PPP Kota Depok Dukung Anies Basweldan dan Qofifah Jadi Calon Presiden RI PLATMERAH.NET,DEPOK-Dukungan terhadap Anies Basweldan terus mengalir...

Polres Ciamis Sosialisasi Dan Edukasi Prokes Dalam Rangka Ops Patuh Lodaya 2022.

Sen, 27 Jun 2022 07:37:24am

Platmerah.net, Ciamis,- Personel Polres Ciamis Polda Jabar melaksanakan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan dalam rangka Operasi Patuh...

Mabes Polri Gandeng SEPMI Gelontorkan Bantuan ke Warga Terdampak

Sen, 27 Jun 2022 05:05:26am

Mabes Polri Gandeng SEPMI Gelontorkan Bantuan ke Warga Terdampak Platmerah.net,Bogor- Kabupaten Bogor berduka karena Bencana alam menerpa,...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 3
  • Visit Today : 3
  • Visitors Total : 16091
  • Visit Total : 25950
Chat Whatsapp