Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi Resmikan Renovasi Lapangan Tembak Yonif 141/AYJP

Sen, 16 Jan 2023 08:28:50pm Dilihat 469 kali author aldo muara enim
A9C95CBC-B1DA-41FB-ACAE-C46A44806388
[Sassy_Social_Share]

Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) – Panglima Kodam (Pangdam) II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P.,M.B.A.,M.Han melakukan kunjungan sekaligus melakukan peresmian Lapangan Tembak Kopda Suheri (Alm) di Batalyon Infanteri 141/Aneka Yudha Jaya Prakosa atau Yonif 141 Karang Raja Muara Enim, Minggu pagi (15/1/2023).

Tampak hadir Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Kadispora) Kab.Muara Enim Syarifudin mewakili Pj Bupati Muara Enim, Komandan Yonif (Danyonif) 141 Letkol Inf Arie Prasatyo Widyo Broto, S.E, Dandim 0404/Muara Enim Letkol Arh Rimba Anwar,S.I.P, Wakapolres Muara Enim Kompol Christopher Salohot Panjaitan,SE., M.Si, General Manajer (GM) Pertambangan Tanjung Enim Venpri Sagara, SM Hukum PTBA Nugraha beserta jajaran dan anggota Yonif 141/AYJP.

Danyonif 141 Letkol Inf Arie Prasatyo Widyo Broto dalam sambutan awalnya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Panglima Kodam II Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi di Batalyon Infanteri 141/Aneka Yudha Jaya Prakosa atau Yonif 141 Karang Raja Muara Enim dalam rangka meresmikan Lapangan Tembak.

“Yang semula itu cuma 4-5 meter kami tinggikan sampai 10 meter dengan ketebalan 12 meter bapak Panglima. Karena apa? Karena waktu saya datang pertama nembak kesini sering rekonsek, apalagi Kodim juga sering latihan disini bersama-sama. Jadi pelurunya kadang-kadang lewat ke atas, jadi kami pasukan infanteri nih harus minimal senjatanya senjata kecil bapak Panglima kalibernya, jadi mau gak mau harus tetap latihan, terlebih disaat hujan juga dapat kami laporkan tanah disini becek disaat hujan, untuk itu kami bersama-sama prajurit disini saya ajak untuk memanfaatkan hasil Paba namanya bapak Panglima, yaitu play ass pembakaran dari batubara. Kami manfaatkan sedemikian hingga untuk pengecoran jalan ini (akses menuju ke lapangan menembak,red), sehingga tanpa harus mengecor sesuai dengan budget yang besar, besi dan sebagainya, tapi kami cukup Paba dan Semen kami bisa memperkeras jalan dengan kekuatan 5 ton yang sekarang ini mobil-mobil bisa melewati kami uji coba bapak Panglima, sehingga dengan harapan besar kami juga nanti inginnya jalan-jalan di asrama ini di cor juga bapak Panglima dengan memanfaafkan Paba ini. Jadi limbah Paba ini bisa di manfaatkan juga ternyata dan saya aflikasikan betul untuk pembangunan walaupun dengan cost sedikit. Kami juga lagi membangun kandang sapi dan kami juga cor dengan Paba sehingga kotoran sapi itu bisa dibersihkan kalau di cor. Harapan kami anggota disini mempunyai rejeki bisa memelihara sapi disitu,” terang Danyonif 141 Letkol Inf Arie Prasatyo Widyo Broto dihadapan Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi, dengan nada semangat.

“Kami juga membuat conblok bapak Panglima, kami belajar dengan PT Bukit Asam, anggota kami titipkan selama dua bulan untuk belajar membuat conblok dari Paba itu juga yang nanti bisa dimanfaatkan untuk di Satuan-satuan. Jadi kami beli mesin cetak conblok itu, nanti bisa membuat sendiri. Pemanfaatannya nanti kami bisa tarok di masing-masing Kompi dan rencana kami setelah sudah membangun tempatnya. Jadi sudah belajar teknologinya dengan PTBA. Besar harapan kami di batalyon ini bisa berkembang dengan adanya teknologi yang dimiliki oleh PTBA ini. Karena bapak Panglima pernah bilang kalau kerjasama team itu sangat perlu, kalau di era kami bilangnya Avengers, yang berarti tokoh-tokoh yang hebat-hebat jadi harus dikerjasamakan. Nah, di Kabupaten Muara Enim kalau saya bilang negeri Wakanda bapak Panglima. Hasil buminya banyak, kalo disini batubaranya banyak bapak Venpri ini, jadi kalau bisa dimanfaatkan kayak Briket. Jadi briket itu bisa buat tungku atau kompor, nanti juga saya pengen liat bagaimana briket itu bisa buat tungku dari pada pake kompor gas, jadi bisa lebih murah, apalagi gas sekarang kan mahal jadi saya akan coba kalau bikin kompor bisa dari briket batubara seperti di PTBA,”ungkapnya.

“Terima kasih bapak Panglima untuk kehadirannya disini, sudah menyempatkan waktu, kami sebagai warga Yonif 141 bangga bahwa bapak Panglima bisa hadir untuk meresmikan renovasi lapangan tembak. Jadi ini bukan membuat, tapi merenovasi yang sudah ada agar bisa lebih maksimal lagi, dan bisa lebih bagus lagi lapangan tembak Yonif 141 ini dan menjadi kebanggaan Kodam II Sriwijaya,”pungkasnya.

Sementara itu, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi dalam sambutannya lebih menekankan bahwa dengan adanya koordinasi dengan pemerintah daerah, Forkopimda, kemudian sumber daya yang ada disini, rekan-rekan kita dari BUMN PT Bukit Asam Tbk dan lain-lainnya.

“Dan ini semua tidak bisa akan terwujud kalau tidak ada kerjasama. Dan saya sebagai pimpinan di Kodam II Sriwijaya tentunya mengucapkan ribuan terima kasih, ini adalah salahsatu upaya untuk meningkatkan profesionalisme prajurit kita dan tentunya ada dampak yang lain,”ujarnya.

Dijelaskan Pangdam II Sriwijaya, kalau kita melihat fungsi utama TNI Angkatan Darat ada 2 (dua), yakni fungsi tempur dan fungsi pembinaan Teritorial namanya. Kalau fungsi tempur kata dia itu sudah jelas, lapangan tembak ini nanti berfungsi dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit untuk melaksanakan fungsi tempurnya.

“Sedangkan untuk pembinaan Teritorial itu mengajak seluruh masyarakat disini termasuk komunitas apapun itu bisa menggunakan lapangan tembak ini bersama-sama, yaitu dari Perbakin atau masyarakat disini, dalam rangka anak-anak dilatih dan lain-lain, saya rasa tidak ada masalah dalam rangka pembinaan Teritorial yang ada disekitar sini. Jadi dua fungsi ini menyentuh dengan keberadaan lapangan tembak ini,”jelas Pangdam.

“Sedikit kita mencoba flashback kebelakang, kemarin saya sudah cerita pada saat saya menandatangani peresmian lapangan sepak bola di Batalyon Zipur. Jadi begitu saya tandatangani saya langsung teringat. Kalau kita percaya atau tidak percaya kata orang itu, apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai, tapi tidak semuanya demikian. Ini yang salahsatu saya ingat begitu, pada saat saya menjabat Komandan Batalyon 7 Cijantung, saya pada saat itu bukan saya mau menyombongkan diri, ini sekedar kreativitas, nanti pada saat kita sedang menjabat dibawah In Syaa Allah akan ada balasannya suatu saat nanti,”ucap Pangdam II Sriwijaya sedikit bercerita.

“Nah, jadi pada saat itu saya juga merenovasi lapangan sepak bola yang ada di Batalyon. Jadi ada dua sebenarnya pada saat itu, saya membuat lapangan bola kemudian dibelakangnya saya membuat lapangan tembak, jadi teringat saya! Tetapi yang diresmikan oleh Pangdam waktu itu saya minta pak Agus (Mayor Jenderal Agus tadi yang menjadi Kasad,red), saat itu saya masih Danyon, beliau menandatangani dan meresmikan lapangan sepak bola tersebut. Untuk lapangan tembak saya ragu-ragu dengan pertimbangan disfungsinya panjang, karena tidak seluas lapangan tembak ini (Yonif 141,red), karena di Batalyon Cijantung dibelakang kita mempunyai lapangan tembak khusus untuk pistol saja, untuk senjata laras panjang itu terbatas kita nembak. Jadi karena saya merasa malu dengan Pangdam, nanti pantas gak Pangdam dengan meresmikan lapangan tembak yang ada dibelakang Batalyon itu tidak terlalu besar, kalau yang ini sudah wajar dan sangat bagus menurut saya,”tambahnya.

“Hikmahnya dari sana saya melihat bahwa begitu saya meresmikan saya teringat dan hubungan nya juga ini dengan lapangan tembak juga, memori saya kembali teringat membuat lapangan sepak bola dan membuat lapangan tembak pada saat itu, walaupun tidak diresmikan oleh Pandam, tetapi lapangan bola nya diresmikan oleh Pandam pada saat itu. Maka dari itu In Shaa Allah ini adalah bagian yang kita tanam,kita akan tuai  suatu saat nanti, dan seperti ini Danyonif 141 saat ini, suatu saat akan menuai sesuatu apapun juga, Aamiin. Ini sekedar cerita, bukan cerita inspirasi, tapi siapa tau bisa berbuat yang terbaik dimanapun kita bekerja,”tutupnya.

Diketahui Pangdam II/Swj beserta Ibu Ketua Persit KCK PD II/Swj dan rombongan sejak hari Sabtu (14/1/2023) kemarin melakukan kunjungan ke wilayah Kab.Muara Enim dan bermalam dikabupaten Muara Enim, lalu esok hari nya Minggu (15/1/2023) dijadwalkan melakukan peresmian renovasi Lapangan Tembak Yonif 141/AYJP. Usai melakukan peresmian Pangdam II/Swj beserta rombongan melaksanakan start Offroad dan Adventure Trail dari Makoyonif 141/AYJP.

Sementara Ibu Ketua Persit KCK PD II/Swj beserta rombongan begeser menuju kolam Taman Yonif 141/AYJP untuk melaksanakan penebaran bibit ikan dan dilanjutkan menuju ke Sentra Industri PTBA, Museum Batubara dan Bowling. Lalu pada saat Pangdam II/Swj beserta rombongan finish di Plumeria Eco Park dilanjutkan makan siang, sholar Dzuhur, lalu ramah tamah dan menanam pohon, lalu setelah itu istirahat di hotel dan rombongan malam harinya sekitar pukul 19.00 malam Wib makan malam jamuan di Mess Hall Saka PTBA untuk kemudian rangkaian kunjungan berakhir Pangdam II/Swj beserta Ibu Ketua Persit KCK PD II/Swj dan rombongam bergeser untuk kembali ke Makodam II Sriwijaya di kota Palembang. (HAI)

News Feed

KAKI desak POLRI tangkap mantan walikota Palembang

Jum, 17 Mei 2024 01:51:54pm

KAKI desak POLRI tangkap mantan walikota Palembang Platmerah.Net, Jakarta.Kasus Dugaan Mark Up dalam pengadaan lahan untuk pembangunan Kolam Retensi...

Ketegangan Geopolitik dan Resesi Global jadi Tantangan 100 Hari Kerja Prabowo- Gibran Bidang UMKM

Kam, 16 Mei 2024 03:30:38pm

Ketegangan Geopolitik dan Resesi Global jadi Tantangan 100 Hari Kerja Prabowo- Gibran Bidang UMKM Platmerah.net, Jakarta - Dunia saat ini diwarnai...

Satpol PP Depok Turunkan Spanduk Bernada Provokatif Dari Bang Udin.

Rab, 15 Mei 2024 06:53:50pm

Satpol PP Depok Turunkan Spanduk Bernada Provokatif Dari Bang Udin.   Platmetah.Net,Depok-Satpol PP Turunkan spaduk. Bernada provokatif yang...

Pertemuan Indonesia -Belanda Angkat Topik, Kerja Sama Penanganan Isu-Isu kekon suleran, visa dan fasilitas diplomatik,

Rab, 15 Mei 2024 11:57:03am

Pertemuan Indonesia -Belanda Angkat Topik, Kerja Sama Penanganan Isu-Isu kekon suleran, visa dan fasilitas diplomatik, Platmerah.net, Bandung-...

Memberatkan Masyarakat, PKB Minta Study Tour Dihapus

Sen, 13 Mei 2024 03:13:13pm

Memberatkan Masyarakat, PKB Minta Study Tour Dihapus Platmerah.net,Depok-Tragedi kecelakaan bus yang ditumpangi siswa SMK Lingga Kencana, Depok 11...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 4
  • Visit Today : 4
  • Visitors Total : 77411
  • Visit Total : 143713