Platmerah - Bongkar Fakta Tajam Dan Terarah

Pendekatan Teknologi Berdampak Pada Perekonomian Rakyat

Ming, 1 Mei 2022 07:04:32pm Dilihat 264 kali author Ependi
IMG-20220501-WA0481

PLATMERAH || SUKABUMI || Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi, disambut langsung Dandim 0622/Kab. Sukabumi Letkol Inf Anjar Ari Wibowo, S.Sos., M.Si., di Kampung Cikeong, Desa Cimanggu, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.
 
Hal itu dibenarkan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto, saat dikonfirmasi seusai melaksanakan olahraga jalan santai di Kantor Pendam III/Slw, Jalan Aceh No. 69 Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (01/5/2022).
 
Dalam kunjungan kerja Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, kata Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto untuk melihat secara langsung di lapangan tentang Program Ketahanan Pangan yang dilaksanakan oleh Kodim 0622/Kab. Sukabumi, membuat Demplot di lahan tandus dan berbatuan dengan menggunakan “BIOS 44” hasil inovasi Kodam III/Slw.
 
Pada kesempatan tersebut, Pangdam III/Slw menyampaikan, bahwa kedatangannya itu adalah urgensi pengelolaan lahan dalam rangka membangun ekosistem yang berdampak pada pertanian, perkebunan, peternakan, dan reklamasi.
 
Saya meyakini melihat langsung upaya Dandim 0622/Kabupaten Sukabumi dalam membantu program pemerintahan untuk pemulihan ekonomi yang berkelanjutan,” tegas Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, saat itu.
 
Perlu diketahui. Kegiatan tersebut sebagai upaya dalam penyiapan wilayah pertahanan, Kodam III/Siliwangi melakukan pemberdayaan lahan-lahan kritis menjadi lahan produktif. Dengan membuat demplot di salah satu lahan kritis dan diberikan pupuk “BIOS 44” sehingga lahan tandus dan berbatu menjadi lahan produktif.
 
Hal ini akan memberikan dampak kepada masyarakat bahwa demplot yang sudah dibuat memberikan hasil. Sehingga apa yang sudah dilakukan selama ini bukan hanya omong kosong belaka.
Masyarakat pun tidak ada kata ragù lagi setelah melihat kondisi lahan tandus bisa ditanami dan menghasilkan juga menjadi lahan produktif yang dilakukan Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi, dalam hal ini dengan program ketahanan pangan.
 
Harapan kedepan masyarakat dapat melakukan penanaman pohon yang menghasilkan dalam kurun waktu yang cepat sehingga bernilai ekonomi. Masyarakat juga akan dapat mengembangkan tanaman lainnya dengan mengajak berbagai Kelompok Tani lainnya, seperti halnya yang dicontohkan melalui Demplot di atas tanah seluas 500 meter ditanami jenis tanaman Hanjeli (Coix Lacryma-jobi) bertempat di Kampung Cikeong, Desa Cimanggu, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.  
 
Aktifitas pertanian yang menggunakan lahan tandus di wilayah Kabupaten Sukabumi akan membuat aktifitas masyarakat semakin yakin dalam bertani. Dengan demikian tidak ada lagi lahan kritis yang terbengkalai. Dengan menggunakan “BIOS 44” lahan tersebut akan memberikan nilai ekonomi dan memberikan kesejahteraan bagi para petani, tukasnya.
 
(Purwadhi JSI)
 
Sumber :  Pendam III/Siliwangi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Petahana Ketua LPM Kelurahan Ratu Jaya Pandu Kembali Terpilih

Sen, 28 Nov 2022 07:59:24am

Kandidat Mulyadi,Petahana Pandu,Lurah Ratu Jaya Bambang Sugiarto dan  tokoh masyarakat. Platmerah.net,Depok- Melalui putaran kedua Pandu...

Petahana Ketua LPM Cipayung Jaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok Dudung HS Tumbang

Sen, 28 Nov 2022 02:19:59am

   Ketua LPM Cipayung Jaya, Cipayung Depok Terpilih Ustad Karsef Zarkasyi Platmerah.net,Depok -Ustadz Karsef Zarkasyi no urut 2 terpilih...

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Silaturahmi Dengan Para Wartawan

Ming, 27 Nov 2022 11:52:34am

  Platmerah.Net, Bandung,- Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi Menggelar Silaturahmi Dengan Para Wartawan Baik Dari Media...

Tiga Kandidat Memperebutkan Ketua LPM Cipayung Jaya, Kecamatan Cipayung,Kota Depok.

Sab, 26 Nov 2022 05:49:00pm

Tiga Kandidat Memperebutkan Ketua LPM Cipayung Jaya, Kecamatan Cipayung,Kota Depok.   Platmerah.net,Depok -Tiga kandidat perebutkan Jabatan...

Pasar Murah Dihari ke 2 Kadin Konawe, Komoditi Beras Mendominasi Transaksi Penjualan

Sab, 26 Nov 2022 10:02:30am

UNAAHA || PLATMERAH.NET || Sesi penutupan hari ke dua pasar murah Kadin Konawe masih didominasi komoditi bahan pokok beras, disusul bahan pokok telur...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 24
  • Visit Today : 102
  • Visitors Total : 31451
  • Visit Total : 53898
Chat Whatsapp