Pertama Kalinya, Pak RT dan RW di Kelurahan Pasar Tanjung Enim Ikuti Lomba Gerak Jalan HUT RI ke-78

Jum, 18 Agu 2023 12:28:10pm Dilihat 671 kali author aldo muara enim
[Sassy_Social_Share]

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (MUARA ENIM) – Dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 tahun 2023, para Ketua Rukun Tetangga dan Ketua Rukun Warga (RT/RW) di kelurahan Pasar Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan turut ikut serta dalam dalam pelaksanaan lomba Gerak Jalan Indah untuk kategori Umum, yang diselenggarakan oleh Panitia Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-78 tingkat Kecamatan Lawang Kidul. 

Momentum merajut kebersamaan ini dilandasi pak RT dan pak RW khususnya yang ada di Kelurahan Pasar Tanjung Enim untuk memupuk kebersamaan dan kekompakan sebagai Ketua RT dan RW yang sehari-hari berkutat dengan berbagai persoalan sosial ditengah warga masyarakat yang di pimpinnya. Nah, untuk itulah momentum ini sekaligus untuk menanamkan jiwa nasionalisme kepada generasi muda sebagai generasi penerus bangsa ini kedepannya, mengingat masa depan bangsa ada di pundak mereka para pemuda/i.  

 
Lurah Pasar Tanjung Enim Najiburrahman, SE.,MM saat mengetahui para Ketua RT dan RW dibawah lingkungan kerjanya ingin ikut berpartisipasi dalam kegiatan lomba Gerak Jalan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-78 langsung merespon positif, mengingat kata dia barisan pak RT dan pak RW ini akan membawa nama baik Kelurahan Pasar Tanjung Enim. 
 
“Intinya tujuan kita bukan soal menang kalahnya, tapi mungkin ini akan menjadi sejarah baru/rekor bagi kelurahan pasar dan mungkin dpt dipastikan baru kali ini ada tim gerak jalan baik di Kecamatan Lawang Kidul ataupun Kabupaten Muara Enim, yang peserta umumnya murni diikuti oleh para bapak-bapak Ketua RT/RW di kelurahan Pasar Tanjung Enim, tentu nya dari berbagai lintasan usia. Saya yakin ini akan seru,menghibur dan mencuri perhatian dari dewan juri maupun masyarakat yang menonton saat di panggung utama kehormatan,Dirgahayu HUT RI ke-78 Merdeka,”ujar Lurah Pasar Tanjung Enim yang juga diamini oleh para Ketua RT lainnya Nesti, Koni,Anwar Sanusi dan Agusman,saat mendampingi Lurah Pasar Tanjung Enim.
 
Lebih lanjut kata Najiburrahman, selain Tim Gerak Jalan dari para Ketua RT dan RW juga Kelurahan Pasar Tanjung Enim mengirim tim gerak jalan bagi Ibu-ibu PKK Kelurahan Pasar Tanjung Enim serta ada 1 tim Srikandi Kecamatan Lawang Kidul yang anggotanya terdiri dari perwakilan instansi di lingkup Kecamatan Lawang Kidul. 
 
Hijazi Ketua RW 07 Pasar Tanjung Enim yang bertindak sebagai Pimpinan regu sekaligus pelatih mengiyakan apa yang telah disampaikan Lurah Pasar Tanjung Enim. Menurutnya memang baru kali ini ada peserta Jalan Santai yang pesertanya murni dikuti oleh para pak RT dan pak RW.
 
“Seingat saya belum pernah ada sejak dulu. Yang ada biasanya warga pak RT dan pak RW nya yang ikut dan ibu-ibu PKK baik di desa/kelurahan. Untuk jenis latihan yang kita terapkan tentunya yang ringan-ringan saja dan mudah diingat, mengingat tim pak RT dan pak RW ini tahu sendiri kan, sudah banyak tidak muda lagi, nanti kalau terlalu banyak gerakan atau yel-yel malah bingung dan lupa, tidak seperti halnya para pelajar/remaja yang masih berusia produktif untuk menerima materi yang diberikan. Begitupun untuk pola latihan dengan waktu yang sangat mepet kita hanya bisa menggelar latihan beberapa kali pertemuan selama dua pekan sebelum pelaksanaan lomba, yang penting dari segi kelengkapan seperti seragam dan tentunya semangat masih tetap ada dan ini akan menjadi kenang-kenangan dimasa yang akan datang bila tidak menjabat lagi,”tutup Hijazi yang akrap disapa Bung Jack dikalangan Jurnalis Muara Enim. 
 
Untuk diketahui rangkaian kegiatan Gerak Jalan tingkat Pelajar SMP,SMA/SMK dan Umum digelar pada Rabu pagi (15/08/2023) kemarin, hingga sore yang diikuti sebanyak 92 tim. 
 
Sementara itu Agusman, S.Pd Ketua Panitia HUT RI ke-78 Kecamatan Lawang Kidul menjelaskan bahwa untuk penilaian lomba Gerak Jalan Indah ini yakni meliputi Keutuhan/Kelengkapan peserta, lalu keindahan dan kekompakan dalam barisan. 
 
“Juga harus semangat, khusus di panggung kehormatan penilaian mencakup dari aspek kekompakan,keindahan,dan kerapihan pasukan,untuk menampilkan Variasi/Atraksi/ dan Yel-yel. Titik Finish Tugu Kujur Plaza Saringan untuk penilaian Kerapihan. Jadi untuk membubarkan pasukan ada Perintah/Aba-aba dari pemimpin atau komandan barisan, serta keputusan juri tidak bisa di ganggu gugat,”pungkasnya. (HAI)

News Feed

Meriahkan HUT Bhayangkara Ke-78, Polres Purwakarta Gelar Liga Nepak Tiga Pilar

Kam, 20 Jun 2024 06:58:19pm

PURWAKARTA - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Bhayangkara, Polres Purwakarta menggelar pertandingan bulutangkis bertajuk Liga...

Supian Suri Dijadwalkan Hadir Pada Hari Krida Pertanian Di Tapos

Kam, 20 Jun 2024 03:07:29pm

Supian Suri Dijadwalkan Hadir Pada Hari Krida Pertanian. Platmerah.net,Depok-Hari Krida pertanian yang diperingati setiap tanggal 21 Juni sebagai...

Polisi Amankan Pelaku Pencabulan dan Kekerasan Terhadap Anak

Rab, 19 Jun 2024 05:39:45pm

CIAMIS - Polres Ciamis gelar Konferensi Pers Kasus Pencabulan dan Kekerasan Terhadap anak di bawah umur, yang terjadi di Kecamatan Panumbangan...

Satpoliarud Polres Purwakarta Ingatkan Hal Ini Untuk Masyarakat Beraktifitas Di Perairan

Rab, 19 Jun 2024 02:11:19pm

PURWAKARTA - Sebagai upaya deteksi dini permasalahan yang terjadi di wilayah perairan di Kabupaten Purwakarta, Satuan Polisi Perairan dan Udara...

Ketua DPD Partai Golkar Kota Depok Farabi  Pimpin Langsung  Penyembelahan  Tujuh Ekor Sapi..

Sel, 18 Jun 2024 11:31:01pm

DPD Partai Golkar Kota Depok Farabi  Pimpin Langsung  Penyembelahan  Tujuh Ekor Sapi.. Platmerah.net,Depok-Seperti juga tahun-tahun sebelumnya...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 10
  • Visit Today : 10
  • Visitors Total : 78622
  • Visit Total : 145716