Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali Tinjau Warga Terdampak Banjir akibat Luapan Sungai Enim di Tanjung Enim

Kam, 23 Mei 2024 08:58:32pm Dilihat 152 kali author aldo muara enim
52B05F27-CEEE-4CF9-95CD-539BCA9B27C2
[Sassy_Social_Share]

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) – Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap ribuan warga masyarakat dibeberapa desa dalam Kecamatan Lawang Kidul yang terkena banjir dampak dari meluapnya debit sungai Enim akibat hujan dengan intensitas tinggi semalam, Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Dr. H Ahmad Rizali,M.A bersama Pj Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Dr.dr. Hj. Rose Mafiana, Sp. An turun langsung ke lapangan tepatnya di Posko Induk yang bertempat di halaman Masjid As-sa’dah Kelurahan Pasar Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, Kamis (23/05/2024) sore. 
 
Tak hanya memberikan bantuan secara simbolis baik itu yang bersumber dari Pemkab. Muara Enim, Perusahaan ataupun stakeholder lain, Pj Bupati yang didampingi langsung oleh Camat Lawang Kidul Andrille Martin,S.E.,KP juga meninjau spot-spot pasca banjir termasuk mengecek kondisi 3 (tiga) rumah warga Dusun Tanjung yang hampir terseret derasnya arus sungai Enim.
 
 
Melihat kondisi ini, Pj Bupati meminta kepada warga masyarakat untuk tetap tenang dan sabar karena pemerintah beserta perusahaan hadir untuk menanggulangi ini. 
 
Ia menghimbau semua daerah yang disekitaran sungai untuk terus meningkatkan kewaspadaan terutama untuk daerah iliran. 
 
“Banjir semacam ini tidak bisa diprediksi kapan terjadinya karena bukan rutin tapi air yang datang dari hulu sungai akibat hujan lebat dalam waktu yang lama,”ujarnya. 
 
Lebih lanjut, Pj Bupati meminta agar kedepan fenomena semacam ini tidak perlu disalahkan, tinggal bagaimana kita bisa mengatasinya terutama nanti dipemukiman warga yang daerahnya rawan tergerus air akan kita bangunkan tembok penahan (talud). 
 
Tak lupa, selain mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, Pj Bupati menekankan kepada Camat Lawang Kidul untuk meningkatkan koordinasi dengan Camat Panang Enim dan Camat Tanjung Agung yang berada di daerah hulu sungai mengingat hujan tahun ini diperkirakan sampai akhir Juni. 
 
“Tingkatkam koordinasi dengan para camat di daerah hulu sungai agar nanti jika air di hulu besar yang di hilir bisa bersiap, minimal bisa memberi tahu masyarakat untuk waspada akan terjadinya banjir,”tutup Pj Bupati. 
 
Turut hadir mendampingi Pj Bupati Muara Enim diantaranya Kadin Sosial, Kadin Kesehatan, Kepala BPBD, Kepala PKP, Forkopimcam Lawang Kidul, Lurah Pasar Tanjung Enim dan perwakilan perusahaan PTBA, PT Pama, PT PPA dan PT SBS. 
 
Untuk diketahui hujan lebat tadi malam hingga menjelang shubuh tidak hanya menyebabkan sebagian wilayah di kecamatan Lawang Kidul teredam banjir namun juga merendam Jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalinteng) tepatnya di depan Masjid As-sa’dah Kelurahan Pasar Tanjung Enim dan juga di Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul. Adapun wilayah banjir yang terdampak parah yakni desa Lingga 1 dan 2, wilayah Gank Bangka, Talang Gabus kelurahan Pasar Tanjung Enim dan sekitarnya. (HAI) 

News Feed

Pj. Bupati Muara Enim Lepas 450 Prajurit Satgas Pamtas Yonif 141/AYJP ke Perbatas RI-PNG

Kam, 13 Jun 2024 04:04:58pm

Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) - Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Ahmad Rizali, M.A., melepas 450 prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 141 Aneka...

Pendidikan Kejuruan Bintara Infanteri TNI AD Tahun 2024 Resmi Dibuka oleh Dandodiklatpur di Baturaja OKU

Kam, 13 Jun 2024 03:38:42pm

Platmerah. Net I BATURAJA (OKU) - Bertempat di Lapangan Chandra Dimuka Dodiklatpur Rindam II/Swj, Kemelak Batu Raja, Kabupaten Ogan Komering Ulu...

Pengunjung Sky Deck Bundaran Hotel Indonesia (HI) Kecewa Fasilitas Pelayanan Tidak Berfungsi.

Sel, 11 Jun 2024 03:20:34pm

Pengunjung Sky Deck Bundaran Hotel Indonesia (HI) Kecewa Fasilitas Pelayanan Tidak Berfungsi.   PlatMerah.Net,Jakarta- Sudah beberapa hari...

Sidang Paripurna Depok Bahas RPJPD Kota Depok 2025-2045

Sel, 11 Jun 2024 09:33:29am

Sidang Paripurna Depok Bahas RPJPD Kota Depok 2025-2045 Platmerah.net, Depok-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat...

Serikat Petani Jawa Barat Dukung KH.Dr M.Idris Lc.MA Maju Pilkada Jabar.

Ming, 9 Jun 2024 05:14:41pm

Walikota Depok KH Mohammad Idris Dan Sekretaris Panitia Pardong Serikat Petani Jawa Barat Dukung KH.Dr M.Idris Lc.MA Maju Pilkada...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 6
  • Visit Today : 7
  • Visitors Total : 78356
  • Visit Total : 145321