Platmerah - Bongkar Fakta Tajam Dan Terarah
D6DAF9D8-B638-472E-A787-0E99211CB75C

Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) – Bupati Muara Enim diwakili Penjabat (Pj.) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim Drs. Emran Tabrani, M.Si membuka Sosialisasi Peningkatan peran serta Masyarakat dalam Penyimpanan, Perawatan, Pelestarian, dan Pendaftaran Naskah Kuno di Kabupaten Muara Enim tahun 2022 di Grand Ballroom Hotel Grand Zuri, Kota Muara Enim, Selasa pagi (31/05/2022).
 
Dalam sambutannya usai menyematkan tanda peserta, Pj Sekda sangat menyambut baik dan berterima kasih kepada jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, karena sebagaimana kita ketahui bahwa Naskah Kuno atau Manuskrip adalah semua dokumen tertulis yang tidak dicetak atau tidak diperbanyak dengan cara lain, baik yang berada didalam negeri maupun diluar negeri yang berumur paling rendah 50 tahun, dan yang mempunyai nilai kebudayaan nasional, sejarah, dan ilmu pengetahuan (Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 24 Tahun 2014).
 
“Jadi dengan adanya kegiatan ini yang tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan bagi kita semua, terutama bagi para peserta sosialisasi dalam Penyimpanan, Perawatan, Pelestarian, dan Pendaftaran Naskah Kuno sangat lah tepat, sekali lagi terima kasih,” ucap Pj Sekda dalam sosialisasi yang di narasumberi langsung oleh Agung Kriswanto dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan Ahmad Rapanie dari Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan.
 
Lebih lanjut, Pj Sekda berpesan kepada para peserta sosialisasi yang berjumlah 246 orang terdiri dari Kepala Desa se-kabupaten Muara Enim agar dapat mengikuti dengan sebaik-baiknya sampai selesai dan memperhatikan dengan cermat setiap materi yang disampaikan. Karena kita sadari bahwa selama ini masalah Naskah Kuno belum dikelola secara optimal. Apabila kita lihat kembali kebelakang betapa pentingnya Naskah Kuno sebagai bukti peninggalan masa lampau, yang mampu memberi informasi mengenai berbagai aspek kehidupan masyarakat dimasa lampau seperti agama, sosial budaya, ekonomi, dan lain-lain.
 
Selain itu, Pj Sekda juga menegaskan seluruh Kepala Desa agar melihat dan memverifikasi sejarah yang ada di wilayah masing-masing, baik berbentuk naskah, maupun film (video), dan penetapan saat zaman sebelum merdeka maupun setelah merdeka, untuk disampaikan atau didaftarkan sehingga menjadi bukti sejarah baik untuk Indonesia ataupun khusus untuk Kabupaten Muara Enim sendiri.
 
“Saya informasikan, sebagai bentuk komitmen Kabupaten Muara Enim dalam meningkatkan minat baca dan peningkatan Indeks Literasi Masyarakat sudah membangun Perpustakaan Daerah melalui APBD, membangun Perpustakaan Desa 5 unit di tahun 2021, 4 unit di tahun 2022 dan insyaallah di tahun-tahun mendatang tetap kami bangun, selain telah membeli Buku Elektronik (E-Book), dengan Tag Line “MEDALI” (Muara Enim Digital Library) dalam upaya mendorong Transformasi Digital menuju Perpustakaan Inklusi,”ujar Pj Sekda Emran Tabrani diakhir sambutannya.
 
Hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya beberapa Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab. Muara Enim dan Penggiat Literasi se-Kabupaten Muara Enim. (HAI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Dansektor 2 Citarum Harum Terus Himbau Kepada Masyarakat Untuk Jaga Alam dan Lingkungan.

Sel, 28 Jun 2022 12:48:09pm

Platmerah.net, Pacet-Kab Bandung,-Kolonel Inf Belyuni Herliansyah S.Sos selaku Dansektor 2 Citarum Harum memerintahkan kepada seluruh anggota dan...

60 Atlit Depok Perkuat Kontingen Jawa Barat pada FORNAS ke VI di Palembang

Sen, 27 Jun 2022 04:36:32pm

Ketua KORMI Kota Depok M Kholik 60 Atlit Depok Perkuat Kontingen Jawa Barat pada FORNAS ke VI di...

PPP Kota Depok Dukung Anies Basweldan dan Qofifah Jadi Calon Presiden RI

Sen, 27 Jun 2022 11:26:55am

PPP Kota Depok Dukung Anies Basweldan dan Qofifah Jadi Calon Presiden RI PLATMERAH.NET,DEPOK-Dukungan terhadap Anies Basweldan terus mengalir...

Polres Ciamis Sosialisasi Dan Edukasi Prokes Dalam Rangka Ops Patuh Lodaya 2022.

Sen, 27 Jun 2022 07:37:24am

Platmerah.net, Ciamis,- Personel Polres Ciamis Polda Jabar melaksanakan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan dalam rangka Operasi Patuh...

Mabes Polri Gandeng SEPMI Gelontorkan Bantuan ke Warga Terdampak

Sen, 27 Jun 2022 05:05:26am

Mabes Polri Gandeng SEPMI Gelontorkan Bantuan ke Warga Terdampak Platmerah.net,Bogor- Kabupaten Bogor berduka karena Bencana alam menerpa,...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 2
  • Visit Today : 2
  • Visitors Total : 16090
  • Visit Total : 25949
Chat Whatsapp