Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah Resmi Buka MTQ ke-39 Tingkat Kabupaten di Kecamatan Rambang

Ming, 12 Mar 2023 09:28:38am Dilihat 509 kali author aldo muara enim
0B29EB83-BC52-47DD-AF40-C70BD233E633
[Sassy_Social_Share]

Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) – Kegiatan pengelolaan bina mental spiritual Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-39 Tingkat Kabupaten Muara Enim Tahun 2023 resmi dibuka oleh Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah,S.H., LL.M (Bham).,LL.M (Abdn),Ph.D di Lapangan Sepak Bola Pagar Agung Kecamatan Rambang, Kabupaten Muara Enim, Sabtu (11/3/2023).

Kegiatan yang akan berlangsung selama 4 hari terhitung dari tanggal 10-14 Maret 2023 tersebut mengangkat tema “Dengan Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an tingkat Kabupaten Muara Enim ke-XXXIX Tahun 2023, Kita Wujudkan Generasi Muda Muara Enim Yang Religius dan Qur’ani”.

Dari pantauan langsung platmerah.Net kegiatan MTQ tingkat Kabupaten Muara Enim ke-39 ditandai dengan pemukulan bedug oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim yang didampingi oleh Plt Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Muara Enim, Nurul Vita Utami Kaffah, S.E, Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim H Riswandar,S.H., M.H dan Kepala Kemenag Muara Enim Dr.H. Hasanudin, S.Ag., M.H.I siang tadi berlangsung meriah, ditambah dengan penampilan parade defile peserta Kafilah dari 22 Kecamatan di Kabupaten Muara Enim dengan diawali penampilan Marching Band Bahana Swara Rambang (SD Negeri 7 Rambang,red), lalu pengibaran bendera lambang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dengan diiringi oleh paduan suara yang menyanyikan lagu mars MTQ. Barulah setelah itu kegiatan pembukaan MTQ ke-39 tingkat Kabupaten Muara Enim di mulai dengan terlebih dahulu menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an.

Ketua Panitia Pelaksana Musbaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-39 Tingkat Kabupaten Muara Enim Tahun 2023, Drs.H. Emran Tabrani, M.Si yang juga sehari-hari menjabat sebagai Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra dalam laporannya menjelaskan, bahwa peserta Musbaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-39 Tingkat Kabupaten Muara Enim Tahun 2023 diikuti oleh para kafilah utusan dari 22 Kecamatan se-Kabupaten Muara Enim yang berjumlah 713 orang. 

“Perlombaan sebanyak 7 Cabang yang di perlombakan dengan kategori 23 tangkai perlombaan yang terdiri dari Cabang Tilawatil Qur’an Putra/putri, Cabang Hifzil Qur’an Putra/putri, Cabang Tafsir Qur’an Putra/putri, Cabang Syarhil Qur’an Putra/putri, Cabang Fahmi Qur’an Putra/putri, serta Cabang Khotil Qur’an Putra/putri, dan Cabang Hadist Nabi. Sedangkan untuk Dewan Hakim sebanyak 52 orang terdiri dari 47 orang Dewan Hakim dari Kabupaten Muara Enim dan 5 orang Dewan Hakim dari Provinsi Sumatera Selatan yang telah disusun oleh Kementerian Agama Kabupaten Muara Enim sesuai dengan bidangnya masing-masing,”jelasnya Emran Tabrani, yang juga sebelumnya menjabat sebagai Pj Sekda Muara Enim ini.

Dikatakan Emran, tujuan diselenggarakannya MTQ tingkat Kabupaten Muara Enim ini adalah untuk menyalurkan bakat dan minat dalam mempelajari seni baca dan tulis Al-Qur’an. Kemudian memberikan motivasi kepada anak dan generasi muda untuk terus mempelajari, memahami dan menghayati isi kandungan kitab suci Al-Qur’an. Selanjutnya kata Emran untuk mempererat tali silahturahmi antar sesama kafilah dari 22 Kecamatan khususnya umat Islam dalam kabupaten Muara Enim dan juga untuk menjaring potensi dan pengembangan wawasan bagi penggiat Al-Qur’an di Kabupaten Muara Enim.

“Biaya pelaksanaan kegiatan Musbaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-39 Tingkat Kabupaten Muara Enim Tahun 2023 di Kecamatan Rambang ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Muara Enim tahun anggaran 2023,”pungkasnya.

Camat Rambang Herry Mulyawan,S.P.,M.M mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Bupati Muara Enim dan rombongan yang telah hadir untuk membuka rangkaian kegiatan MTQ tingkat Kabupaten ke-39 Tahun 2023 ini.

“Terima kasih kepada pak bupati beserta ibu dan rombongan, terkhusus kepada warga Pagar Agung. Bahwasanya ini adalah suatu kebanggaan bagi kami masyarakat Rambang yang di tunjuk untuk menjadi tuan rumah kegiatan MTQ tingkat kabupaten Muara Enim ke-39 tahun 2023 ini. Ini kali pertama kegiatan MTQ seperti yang telah disampaikan oleh Ketua Pelaksana pak Asisten 1 tadi, bahwa kegiatan diserahkan kepada Kecamatan. Olej karena itu tentunya apabila ada kesalahan dan kekeliruan kami selaku tuan rumah untuk dapat dimaafkan dan dimaklumi karena kami telah berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik sebagai tuan rumah MTQ,”ucap Camat Rambang Herry Mulyawan.

Sementara itu, Plt Bupati Muara Enim
dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat Bumi Serasan Sekundang untuk memaknai MTQ ke-39 ini sebagai ajang untuk menumbuhkan rasa mencintai dan khususnya bagi para muda-mudi yang nantinya akan menjadi penerus bangsa untuk tertarik tidak hanya mempelajari Al-Quran akan tetapi juga mengamalkanya dalam kehidupan sehari-hari.

“Untuk itu sesuai dengan tema MTQ ke-39 ini, mari kita tingkatkan generasi muda Muara Enim yang Religius dan Qurani,”ujarnya.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan Pemerintah Kabupaten Muara Enim berusaha memaksimalkan peran dalam menyebarluaskan nilai-nilai agama, khususnya dalam menanamkan rasa cinta dan gemar baca tulis Al-Quran yang merupakan sumber dari segala sumber hukum dan sumber ilmu pengetahuan bagi umat manusia.

Ahmad Usmarwi Kaffah menjelaskan, MTQ ke-39 ini di ibaratkan madu yang menjadi pemanis dari pahitnya obat, dengan kata lain melalui MTQ ke-39 ini Pemkab Muara Enim berusaha untuk bagaimana caranya mewujudkan masyarakat Muara Enim yang agamis khususnya untuk mencetak para generasi-generasi muda yang agamis dan qurani.

“Mari berkompetisi secara baik dan jujur dengan tetap mengedepankan sportivitas dan ukhuwah Islamiah. Kepada seluruh masyarakat Kecamatan Rambang Plt Bupati Muara Enim mengucapkan selamat dan terima kasih telah menjadi tuan rumah penyelenggara MTQ tingkat Kabupaten Muara Enim ke-39 ini. Mari bersama kita bangun Kabupaten Muara Enim yang Baldatun Thoyyibatun Warabbun Ghofur,”tutupnya.

Disela-sela pembukaan MTQ ke-39 siang itu, Plt Bupati terlebih dahulu melantik para Dewan Hakim selaku juri dalam perlombaan selama MTQ ke-39 berlangsung.

Turut menghadiri, Forkompimda, Kakan Kemenag,Pj Sekretaris Daerah, Para Staf Ahli,Asisten, Kepala OPD,Kaban Setda,dan Camat Se-Kabupaten Muara Enim, Kepala Desa Se-Kecamatan Rambang dan perangkat, Para Dewan Hakim MTQ ke-39, serta masyarakat Kecamatan Rambang.

Untuk pemenang lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-39 Tingkat Kabupaten Muara Enim Tahun 2023 ini disetiap cabang akan diberikan hadiah berupa Tropy, Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan masing-masing untuk:

Juara I (Satu) sebesar Rp. 5.500.000,-
Juara II (Dua) sebesar Rp. 4.500.000,-
Juara III (Tiga) sebesar Rp. 3.500.000,-
Juara IV (Empat) sebesar Rp. 1.500.000,-

Dan untuk Juara Umum diberikan Tropy tetap dari Bupati Muara Enim. (HAI)

News Feed

Membludak Arus Mudik Menggunakan Pesawat Terbang Lebaran 1445 Hijriah

Sen, 8 Apr 2024 09:51:38am

Membludak Arus Mudik Menggunakan Pesawat Terbang Lebaran 1445 Hijriah Platmerah.net, Tangerang- Ratusan ribu orang mudik menggunakan pesawat...

Polresta Bandara Soekarno -Hatta mendirikan Pos Ramah Ibu dan Anak Ramadhan Presisi 2024,Selama Arus Mudik Dan Balik

Sen, 8 Apr 2024 09:21:55am

Polresta Bandara Soekarno -Hatta mendirikan Pos Ramah Ibu dan Anak Ramadhan Presisi 2024,Selama Arus Mudik Dan Balik Platmerah.net– Tangerang-...

Usut Oknum Penyebar Info Sesat Terkait Dana Hibah Penyelenggaraan UKW

Sen, 8 Apr 2024 04:56:32am

Usut Oknum Penyebar Info Sesat Terkait Dana Hibah Penyelenggaraan UKW   Platmerah.net,Depok-Ketua PWI Depok Kecam DK PWI Pusat, Usut Oknum...

Petugas Rekayasa Arus Lalulintas Menuju Bandara Soekarno-Hatta

Sab, 6 Apr 2024 11:36:06am

Petugas Rekayasa Asus Lalulintas Menuju Bandara Soekarno-Hatta Platmerah.net,Jakarta - Polresta Bandara Soekarno- Hatta (Soetta) menerapkan rekayasa...

Kodim 0404 Gelar Bazar Murah, Sediakan Bahan Pokok Murah Jelang Idul Fitri 1445 H

Kam, 4 Apr 2024 11:18:08am

Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) - Mendapat mandat langsung dari Markas Besar Tentara Negara Indonesia (Mabes TNI) guna menjaga stabilitas harga...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 11
  • Visit Today : 11
  • Visitors Total : 76204
  • Visit Total : 141882