Platmerah - Bongkar Fakta Tajam Dan Terarah

Proyek Strategis PUPR Depok Senilai Rp. 57,6 Miliar Tak Kunjung Dikerjakan

Sen, 5 Sep 2022 10:15:21am Dilihat 75 kali author Wismo
images

PLATMERAH || DEPOK || LSM Gerakan Lokomotif Pembang unan (Gelombang) Kota Depok mensuga tiga proyek strategis Kota Depok senilai Rp. 57,6 Miliar belum juga dikerjakan.

Penetapan tahapan pengadaan melalui metode e-purchasing terhadap tiga proyek strategis kota merupakan proses yang paling cepat diduga bakal digunakan sebagai bahan “bancakan.”

Ketua LSM Gerakan Lokomotif Pembangunan (Gelombang) Kota Depok, Cahyo P Budiman lebih lanjut mengatakan, hing ga kini ke tiga proyek tersebut yakni Penataan Jalan Margon da Raya, Peningkatan Jalan Kartini dan Rekontruksi jalan Akses UI dengan nilai total Rp 57,6 Miliar itu belum juga ada pekerjaannya di lapangan.


Dari pantauan kami, proyek regular telah dilakukan proses tendernya minggu lalu dan saat ini sedang memasuki tahap evaluasi oleh Pokja pemilihan, ujar nya kepada wartawan Minggu (05/09/2022).

Menurut Cahyo, metode e-purchasing yang diterapkan terhadap tiga paket strategis kota itu diduga menjadi akal- akalan para oknum pejabat dinas PUPR kota Depok agar proyek yang bernilai cukup fantastis itu dapat dengan mudah dijadikan “bancakan”.

Hal ini menjadi alasan meng ada-ada jika dikatakan kalau metode e-purchasing itu akan lebih cepat prosesnya padahal proyek lainnya sudah bisa lebih dahulu dilakukan lelang, dan dipastikan proyek strategis ter sebut akan dikerjakan berba rengan dengan proyek regular lainnya.

“Kalau faktanya seperti itu nantinya, ngapain juga tiga proyek itu memakai metode e-purchasing sementara proyek yang lain memakai metode Tender, kalau ujungnya dikerjakan berbarengan,” tegasnya.

LSM Lokomotif juga nilai, tiga proyek yang dikatakan proyek strategis kota ini nilainya tidak akan jauh dari nilai pagu yang terdapat di Rekapitulasi RUP Nasional, sedangkan nilai kontrak proyek regular tentunya akan banyak sekali mengalami penghemat an anggaran karena penawaran harga.

“Akibatnya tentu patut diduga, bahwa tiga proyek Strategis tersebut menjadi bahan bancakan oknum-oknum pejabat PUPR Kota Depok” terang Cahyo.

Cahyo pun memperkirakan, tiga proyek tersebut belum juga dikerjakan hingga saat ini, yang mana diduga antara rekanan yang ditunjuk untuk mengerja kan tiga proyek strategis itu dengan oknum dinas belum terjadi kesepakatan,” Antara apa yang diberikan dengan apa yang akan diterima sehingga e-purchasing yang katanya proses tercepat itu belum juga memulai pekerjaannya.” tambahnya.

Ia mengingatkan agar masya rakat nantinya bisa turut me mantau pelaksanaan tiga proyek strategis tersebut dimana dalam pelaksanaan nanti masyarakat dapat dengan mudah mengawasi, salah satunya proyek Penataan Jalan Margonda.

Cahyo menyebutkan, tahun 2021 proyek penataan jalan Margonda segmen 1 sudah dikerjakan dengan nilai kontrak sebesar Rp.2.529.136.004,00 oleh CV. PUTRA PARNA dan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik yakni membangun separator sepanjang kurang lebih 700 meter.

Saat ini harga pagu proyek Penataan Jalan Margonda tahun 2022 adalah sebesar Rp 30 Miliar, sementara rencana pembangunannya sama dengan tahun lalu,jelasnya.

Cahyo mengajak masyarakat untuk mengawasi, jika dengan uang Rp 2,5 Miliar terbangun 700 meter, maka seharusnya separator yang dibangun tahun ini adalah sekitar 8.300 meter atau sekitar 8,3 Kilometer.

“Nah kalau separator yang terbangun tahun ini kurang dari 8.300 meter, artinya ada apa? Belum lagi beban harga BBM naik,” tutupnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Herik Y Terpilih Secara Aklamasi Pada Muscab HIPMI Depok ..

Sel, 27 Sep 2022 07:30:16pm

Herik Y Terpilih Secara Aklamasi Pada Muscab HIPMI Depok .. Platmerah.Net,Depok-Musyawarah Cabang (Muscab) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI)...

Presiden Jokowi Peroleh  Gelar Kesultanan Buton Bau – Bau – Sultra

Sel, 27 Sep 2022 06:52:56pm

Presiden Jokowi Peroleh  Gelar Kesultanan Buton Bau - Bau - Sultra   Platmerah.net,Sultra- Dalam kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi...

Sektor 2 Citarum Harum Laksanakan Komsos Edukasi Dalam Penanganan Sampah di Wilayah Sektor 2 Citarum Harum.

Sel, 27 Sep 2022 06:27:39pm

Platmerahnews.net, Pacet-Kab Bandung,- Sampah adalah salah satu permasalahan yang cukup sulit untuk di pecahkan.karena untuk mengatasi sampah...

Tajudin Tabri Lega,Ahmad  Misbah Supir Truk Penabrak Portal Tarik Laporan Polisi.

Sen, 26 Sep 2022 08:18:26pm

Tajudin Tabri Lega,Ahmad  Misbah Supir Truk Penabrak Portal Tarik Laporan Polisi. Platmerah.net, Depok-Melalui  musyawarah yang cukup dra...

Satgas Citarum Harum Sektor 10 Subsektor 001 Melaksanakan Pembersihan Sampah dan Rumput Liar di Anak Sungai Citarum.

Sen, 26 Sep 2022 06:03:49pm

Platmerah.net, Rajamandala-KBB,- Satgas Citarum Harum Sektor 10 Sub-01 dipimpin Pelda Nandang bersama masyarakat melaksanakan kegiatan pembersihan...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 33
  • Visit Today : 64
  • Visitors Total : 26419
  • Visit Total : 43086
Chat Whatsapp