PT Pama Beserta Mitra dan Subkon “Ger-Cep” Bantu Warga Terdampak Banjir di Tanjung Enim dan Sekitarnya

Ming, 12 Mar 2023 02:36:41pm Dilihat 1183 kali author aldo muara enim
C7CAAF6A-F328-4710-AFD1-3BFC99F58E20
[Sassy_Social_Share]

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) – Akibat tingginya intensitas curah hujan akhir-akhir ini menyebabkan meluapnya aliran sungai Enim dari daerah hulu seperti Semendo dan Meo hingga mengakibatkan musibah banjir di beberapa titik wilayah mulai dari Desa Lubuk Nipis Kecamatan Panang Enim, Tanjung Agung hingga wilayah Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul hingga Kecamatan Muara Enim dan Ujan Mas. 
 
Setidaknya data yang ada sebanyak 62 Kepala Keluarga (KK) warga desa Lubuk Nipis, Kecamatan Panang Enim Kabupaten Muara Enim terdampak banjir bandang, sedangkan di Tanjung Enim khususnya di beberapa RT dan RW di kelurahan Pasar Tanjung Enim dan desa Lingga di dusun 2 dan 4 disepanjang sungai Kiayahan, serta Dusun Muara Enim, Desa Tanjung Raman, Guci dan Desa Ujanmas Ulu Kecamatan Ujan Mas. 
 
Akibat dari musibah banjir tersebut masyarakat yang terdampak banjir malam itu sangat membutuhkan bantuan suplai untuk makan malam, hingga Gerak Cepat “Garcep” dari PT Pama beserta mitra dan Subkon nya langsung meluncur untuk segera memberikan bantuan yang diperlukan seperti makan malam dan juga team Rescue. 
 
Deputi Project Manager PT Pama Persada Nusantara Job Site MTBU, Robbi Garibaldi saat di wawancarai platmerah.net usai memberikan bantuan nasi kotak malam itu mengatakan, bahwa sebagai kontraktor yang bekerja dan beroperasi diwilayah Tanjung Enim sudah menjadi kewajiban kami untuk cepat tanggap bila melihat kesulitan warga seperti saat ini telah terjadi bencana alam banjir akibat meluapnya aliran sungai Enim. 
 
”Kami juga punya Team ERT yang semuanya itu bisa bekerja di site untuk kebutuhan untuk didalam tambang, tapi juga saat dibutuhkan diluar Team Rescue kami juga akan meluncur ke luar seperti saat musibah sekarang ini kebutuhan yang diperlukan dengan cepat oleh masyarakat seperti nasi kotak dan Sembako dari mitra dan subkon PT Pama, jadi ya udah kita kasih itu dulu,”ujar Robbi Garibaldi yang juga ikut didampingi Wan Zul Eflaini (CSR Officer Pama Site BTSJ, Joko Budi Santoso (CSR Officer site MTBU), dan Deni Martana (Social Responsibility and General Service Departemen Head), Kamis malam (9/3/2023).
 
“Tapi kami tidak hanya bantuan ini saja, kalo nanti dibutuhkan hal lain maka Team kami juga akan bergerak terus untuk menyuplai atau membantu saudara-saudara kita di seputar sini yang saat ini kena musibah banjir, jadi kami akan terus berperan aktif lah,”tambahnya.
 

“Harapan kita semoga dengan adanya bantuan ini bagi masyarakat yang terdampak bisa merasa terbantu paling tidak sedikit bisa meringankan bebanlah, karena mungkin tadi siang dengan paniknya dan harus mengungsikan barang-barang perabot rumah tangga dan lain sebagainya tidak sempat masak dan lupa makan, jadi kebutuhan pokok nya dulu yang kita bantu, untuk yang lain-lainnya nanti menyusul,”pungkasnya. 

 
Ditambahkan Suhartatik dari PT BCKA mewakili dari mitra dan Subkon PT Pama yakni BKM, DWP, EBS, NPT, AMU, dan SNUJ, yang malam itu juga ikut memberikan bantuan berupa Snack (biskuit) yang di terima secara simbolis oleh Lurah Pasar Tanjung Enim Najibburahman di halaman Masjid As-Sa’adah Pasar Tanjung Enim. Lalu keesok harinya
Sabtu siang pihaknya kembali menyalurkan bantuan ke Kelurahan Pasar Tanjung Enim beruo 10 Dus Indomie + 5 dus air mineral, 
setelah sebelumnya memberikan bantuan ke desa Sirah Pulau Merapi Lahat dan Kampung 8 Dusun Muara Enim.
 
Sementara itu, Lurah Pasar Tanjung Enim Najiburrahman, S.E.,M.M menjelaskan, wilayah di kelurahan Pasar Tanjung Enim yang terdampak banjir ada 3 (tiga) RW, yakni RW 1,2 dan 3, dengan total 7 RT yang terdampak secara langsung. Kepala Keluarga (KK) yang terdampak secara langsung ada 128 KK dan untuk jiwa itu sekitar lebih kurang 400 jiwa. 
 
Lebih lanjut kata Najib, berdasarkan dari pantauan pihaknya bersama Team untuk saat ini kondisi sungai Enim sudah mulai menurun, sehingga rumah-rumah warga yang terdampak banjir tadi sudah mulai surut dan sudah banyak warga yang membersihkan rumahnya pasca terendam akibat banjir dari luapan sungai Enim. 
 
“Tadi ada pak Kapolres yang juga saat hari pertama pasca banjir bersama anggotanya membagikan nasi bungkus untuk makan malam warga mengingat tentu warga sudah bisa lagi untuk memaksa karena perabot rumah banyak yang terendam jadi bantuan nasi untuk makan malam dulu yang harus di utamakan. Ada juga bantuan nasi kotak dari perusahaan seperti PT Pama untuk warga yang terdampak dan juga nasi bungkus dari CSR PTBA yang difasilitasi oleh bu Rima Tanjung Enim Bersih (TEB), untuk makan malam bagi petugas gabungan Rescue diantaranya PTBA, Pama, SBS dan PPA, yang ikut mengontrol/memantau debit air sungai Enim, dan perusahaan yang lainnya yang mungkin nanti banyak yang menyusul,”ungkap Lurah Pasar Tanjung Enim ini. 
 
Untuk di Lawang Kidul lanjut Najib nanti akan ada Posko Kecamatan yang didirikan di depan Kantor Lurah Pasar Tanjung Enim dan nanti kita akan koordinasi di Kecamatan. “Saya menghimbau kepada warga masyarakat khususnya yang ada di wilayah Kelurahan Pasar Tanjung Enim di sepanjang aliran Sungai Enim untuk tetap selalu siap siaga apabila kondisi air sungai Enim meluap yang diakibatkan intensitas tingginya hujan yang turun (deras,red) untuk tetap selalu waspada namun jangan panik. Kita berharap semoga musibah yang buruk seperti banjir tidak terjadi lagi, Aamiin,”tutupnya. (HAI) 

News Feed

KAKI desak POLRI tangkap mantan walikota Palembang

Jum, 17 Mei 2024 01:51:54pm

KAKI desak POLRI tangkap mantan walikota Palembang Platmerah.Net, Jakarta.Kasus Dugaan Mark Up dalam pengadaan lahan untuk pembangunan Kolam Retensi...

Ketegangan Geopolitik dan Resesi Global jadi Tantangan 100 Hari Kerja Prabowo- Gibran Bidang UMKM

Kam, 16 Mei 2024 03:30:38pm

Ketegangan Geopolitik dan Resesi Global jadi Tantangan 100 Hari Kerja Prabowo- Gibran Bidang UMKM Platmerah.net, Jakarta - Dunia saat ini diwarnai...

Satpol PP Depok Turunkan Spanduk Bernada Provokatif Dari Bang Udin.

Rab, 15 Mei 2024 06:53:50pm

Satpol PP Depok Turunkan Spanduk Bernada Provokatif Dari Bang Udin.   Platmetah.Net,Depok-Satpol PP Turunkan spaduk. Bernada provokatif yang...

Pertemuan Indonesia -Belanda Angkat Topik, Kerja Sama Penanganan Isu-Isu kekon suleran, visa dan fasilitas diplomatik,

Rab, 15 Mei 2024 11:57:03am

Pertemuan Indonesia -Belanda Angkat Topik, Kerja Sama Penanganan Isu-Isu kekon suleran, visa dan fasilitas diplomatik, Platmerah.net, Bandung-...

Memberatkan Masyarakat, PKB Minta Study Tour Dihapus

Sen, 13 Mei 2024 03:13:13pm

Memberatkan Masyarakat, PKB Minta Study Tour Dihapus Platmerah.net,Depok-Tragedi kecelakaan bus yang ditumpangi siswa SMK Lingga Kencana, Depok 11...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 6
  • Visit Today : 7
  • Visitors Total : 77413
  • Visit Total : 143716