PWI dan DKPP Teken MoU Pemilu Terkait Sosialisasi, Publikasi Edukasi dan Desiminsi KEPP

Ming, 9 Apr 2023 09:41:01am Dilihat 481 kali author Wismo
IMG-20230408-WA0083
[Sassy_Social_Share]

PWI dan DKPP Teken MoU Pemilu Terkait Sosialisasi, Publikasi Edukasi dan Desiminsi KEPP

Platmerah.net,Jakarta-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bersama Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menyepakati nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) tentang sosialisasi, publikasi, edukasi, dan diseminasi Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP).

Penanda-tanganan MoU oleh Ketua DKPP Heddy Lugito dan Ketua Umum PWI Atal S. Depari di markas PWI Pusat, Jakarta Selatan, Kamis (06/04/2023).

Ketua Umum PWI Atal S. Depari mengaku,pihaknya merasa terhormat bisa meneken MoU ini karena DKPP adalah lembaga yang penting dalam menjaga kualitas demokrasi Indonesia.

“Kami berharap MoU ini menjadi dasar yang kuat bagi PWI, DKPP, dan Mapilu PWI untuk bekerja sama menyosialisasikan etika penyelenggaraan pemilu secara nasional, serta fungsi dan kedudukan DKPP kepada khalayak luas.” ujarnya.

“Saya membayangkan bentuk kerja sama ini yang lebih nyata, ya mungkin seminar atau diskusi tentang pengawasan kinerja penyelenggaraan pemilu, pelatihan wartawan sebagai agen pengawas penyelenggara pemilu, serta workshop cegah tangkal politik pecah belah melalui penyebaran hoaks di medsos dalam Pemilu 2024,” tambah Atal.

“Kerja sama ini diharapkan pula dapat produktif ke depan sebagai ikhtiar bersama untuk memajukan iklim demokrasi di Tanah Air.”terangnya.

Sementara itu, Ketua DKPP Heddy Lugito mengakui publik masih sangat terbatas mengenal lem baganya. Meski tanpa sosialisasi pun pengaduan etik yang diterima dan tengah ditangani DKPP mencapai 253 aduan.

“Bayangkan jumlah pimpinan DKPP itu lima orang yang ex oficcio dua orang Bawaslu, jadi sangat besar. Hari ini saya memplenokan ada 12 putusan, baru selesai. Kemarin kami menyidangkan enam putusan. Jadi luar biasa besar dan yang dipublikasikan yang menarik saja, terutama kasus Hasyim KPU,” paparnya.

Lebih lanjut Heddy menjelaskan, ruang lingkup penanganan pelanggaran dugaan KEPP mencapai seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Menurutnya, DKPP harus memastikan seluruh penyelenggara pemilu di 514 kabupaten/kota dan 38 provinsi di seluruh Indonesia berada pada rel yang benar.

“Anggota KPU Bawaslu main judi diadukan ke DKPP. Jadi penyelenggara pemilu kayak malaikat tidak boleh salah sedikit pun, makanya DKPP banjir pengaduan. Kami butuh mitra strategis seperti PWI untuk lebih menginternalisasi kode etik pada setiap penyelenggara pemilu,” jelas Heddy.

Ia berharap kerja sama dengan PWI ini dapat berjalan lancar demi terwujudnya pemilu beretika dan bermartabat.

Penandatanganan MoU ini juga diikuti oleh penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) di antara kedua lembaga ini. PKS ini ditandatangani oleh Sekretaris DKPP Yudia Ramli dan Ketua Masyarakat Pers Pemantau Pemilu (MAPPILU) PWI Suprapto Sastro Atmojo.

Ruang lingkup MoU dan PKS sendiri meliputi tiga hal, yaitu (1) seminar atau diskusi pemilu dan kode etik penyelenggara pemilu, (2) narasumber pada setiap seminar atau diskusi, dan (3) diseminasi dan publikasi berita.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekjen PWI Mirza Zulhadi, Ketua Bidang Organisasi PWI Zulkifli Gani Otto, serta Ketua Bidang Pendidikan Nurjaman Mukhtar.

Dari pihak DKPP turut hadir Tenaga Ahli DKPP Agus Sudibyo, Kabag Humas, Data, dan Teknologi Informasi (Humas Datin) DKPP Mohd. Arif Iriansyah, Kabag Hukum, Kepegawaian, dan Kerja Sama (HKK) DKPP Bugi Kurnia Widianto, dan jajaran Sekretariat DKPP. (*)

News Feed

Jokowi Resmi Lantik AHY Jadi Menteri ATR/BPN

Rab, 21 Feb 2024 12:40:25pm

Jokowi Resmi Lantik AHY Jadi Menteri ATR/BPN Platmerah.net,Jakarta-Presiden Joko widodo melantik Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri...

Perhatian Kepada Warganya Haji Iman Yuniawan Kembali Jadi Anggota Dewan

Ming, 18 Feb 2024 11:16:14am

Perhatian Kepada Warganya Haji Iman Yuniawan Kembali Jadi Anggota Dewan Platmerah.net, Depok – Pen datang baru Partai Demokrat Depok, Mantan...

D’ikazu  Coffe& Resto Hadir Di  Depok Dengan Konsep Rooftop

Sab, 17 Feb 2024 04:17:58pm

D'ikazu  Coffe& Resto Hadir Di  Depok Dengan Konsep Rooftop Platmerah.net,Depok-  Telah hadir memenuhi selera anak muda Kota Depok sebuah...

Kadiskominfo Depok,Meminta Pers Dapat Menjaga Keutuhan Bangsa Di Tengah Situasi Politik Yang Dinamis.

Kam, 15 Feb 2024 07:43:37pm

Kadiskominfo Depok,Meminta Pers Dapat Menjaga Keutuhan Bangsa Di Tengah Situasi Politik Yang Dinamis. Platmerah.net,Depok- Mengawal Transisi...

Bapilu Partai Golkar Depok Bantah Politik Uang

Sel, 13 Feb 2024 08:07:20pm

Bapilu Partai Golkar Depok Bantah Politik Uang   Platmerah.net,Depok-Menanggapi berita miring terkait dengan tudingan politik uang yang...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 42
  • Visit Today : 51
  • Visitors Total : 74647
  • Visit Total : 138882