Platmerah - Bongkar Fakta Tajam Dan Terarah
Ketua-PWI-Jabar-Hilman-Hidayat-1-845x475

PWI Jabar Mendesak Kepolisian Mengusut Tuntas Dugaan Penganiayaan Dua Wartawan di Karawang

Platmerah.net,Bandung — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Barat mengutuk keras tindak kekerasan terhadap dua orang wartawan di Kabupaten Karawang.

Karena itu PWI Jabar mendesak kepolisian mengusut tuntas peristiwa itu dan menangkap para terduga pelaku penganiayaan.

Ketua PWI Jabar Hilman Hidayat dalam siaran persnya, Selasa (20/92022) menyatakan keprihatinan yang mendalam atas peristiwa tersebut.

Disebutkan Hilman, di era keterbukaan informasi seperti saat ini tindakan kekerasan adalah sebagai tindakan biadab.

Maka Hilman, berharap jika terjadi ketidaksetujuan atas pemberitaan di media sebaik nya diselesaikan melalui salu ran yang sudah ditetapkan dalam Undang undang nomor 40/1999 dan peraturan turunan nya.

” Saluran untuk menyatakan ketidaksetujuan itu sudah diatur oleh peraturan Dewan Pers. Pasti Dewan Pers akan memfasilitasi dan memediasi sehingga peristiwa delik pers bisa diselesaikan secar baik dan beradab,” kata Hilman.

Seperti diketahui Dua orang wartawan di Kabupaten Kara wang yakni Gusti Sevtian Gumilar dan Zaenal Mustofa diduga menjadi korban penye kapan dan penganiayaan oleh sejumlah orang.

“Kedua korban sudah membuat laporan polisi di Polres Kara wang.” terang Hilman.

Didampingi kuasa hukum dan puluhan wartawan Gusti dan Zaenal melapor ke Polres Karawang. Adapun nomor laporan polisi tersebut tercatat dengan nomor laporan STTLP/174/IX/2022/SPKT.RESKRIM/POLRES KARAWANG/POLDA JAWA BARAT, Senin malam 19 September 2022.

Kronologis Peristiwa

Usai launching Persika 1951 Gusti yang saat masih berada di stadion Singaperbang sa Karawang, dibawa oleh yang mengaku orang suruhan seorang pejabat Karawang berinisial A.

Gusti dibawa ke bekas kantor PSSI Karawang. Sesampainya di kantor tersebut ruangan langsung ditutup tidak boleh ada yang masuk selain orang orang dari yang mengaku suruhan pejabat berinisial A dan korban.

Dilaporkan korban alat kerja wartawan seperti gadget, hand phone korban dirampas. Selang waktu beberapa saat setelah korban di bawa ke ruangan tersebut mulai mendapat penganiayaan berupa pukulan dari sejumlah orang yang berada di ruangan tersebut.

Bahkan menurut laporan korban oknum pejabat A hadir di ruangan itu dan mencekoki korban dengan air kencing sebanyak tiga kali.

Kecuali itu, korban pun mendapat hantaman kepala. tinju di beberapa bagian tubuhnya.

Korban Gusti pun mendapat ancaman jika soal ini berlanjut dan korban melapor, keluarga akan dihabisi. Korban dapat ke luar dari ruangan itu setelah dijemput oleh salah seorang keluarganya yang mengetahui korban ada di ruang itu. Koban mengalami penyekapan satu malam, yakni Sabtu malam hingga Minggu dini hari.

Korban dianiyaya dari malam hingga pagi hari hingga tak dasarkan diri dan baru bisa pulang karena di jempaut oleh saudaranya.

Kemudian korban diselamat kan dan bawa ke salah satu kantor Dinas dan baru pulang pukul 18.00 WIB Minggu sore 18 September 2022.

Korban lainya Zaenal, dijemput dari rumahnya pukul 04.00 WIB Minggu 18 September 2022 Setelah berada di dalam mobil penjemput Zaenal disiksa.

Karena siksaan itu Zaenal Mustofa mengalami luka robek di bagian kepala.

Berdasar kronologi dugaan penyekapan dan penganiayaan yang seperti dilaporkan ke pihak kepolisian di Karawang tersebut, PWI Jabar menyatakan menolak segala bentuk kekerasan terhadap wartawa.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Herik Y Terpilih Secara Aklamasi Pada Muscab HIPMI Depok ..

Sel, 27 Sep 2022 07:30:16pm

Herik Y Terpilih Secara Aklamasi Pada Muscab HIPMI Depok .. Platmerah.Net,Depok-Musyawarah Cabang (Muscab) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI)...

Presiden Jokowi Peroleh  Gelar Kesultanan Buton Bau – Bau – Sultra

Sel, 27 Sep 2022 06:52:56pm

Presiden Jokowi Peroleh  Gelar Kesultanan Buton Bau - Bau - Sultra   Platmerah.net,Sultra- Dalam kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi...

Sektor 2 Citarum Harum Laksanakan Komsos Edukasi Dalam Penanganan Sampah di Wilayah Sektor 2 Citarum Harum.

Sel, 27 Sep 2022 06:27:39pm

Platmerahnews.net, Pacet-Kab Bandung,- Sampah adalah salah satu permasalahan yang cukup sulit untuk di pecahkan.karena untuk mengatasi sampah...

Tajudin Tabri Lega,Ahmad  Misbah Supir Truk Penabrak Portal Tarik Laporan Polisi.

Sen, 26 Sep 2022 08:18:26pm

Tajudin Tabri Lega,Ahmad  Misbah Supir Truk Penabrak Portal Tarik Laporan Polisi. Platmerah.net, Depok-Melalui  musyawarah yang cukup dra...

Satgas Citarum Harum Sektor 10 Subsektor 001 Melaksanakan Pembersihan Sampah dan Rumput Liar di Anak Sungai Citarum.

Sen, 26 Sep 2022 06:03:49pm

Platmerah.net, Rajamandala-KBB,- Satgas Citarum Harum Sektor 10 Sub-01 dipimpin Pelda Nandang bersama masyarakat melaksanakan kegiatan pembersihan...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 34
  • Visit Today : 66
  • Visitors Total : 26420
  • Visit Total : 43088
Chat Whatsapp