PWI Larang 20.000 Anggotanya Ikut UKW Lembaga Abal-abal dan Tak Patuhi UU Pers

Jum, 26 Agu 2022 10:25:45pm Dilihat 766 kali author Wismo
[Sassy_Social_Share]

PWI Larang 20.000 Anggotanya Ikut UKW Lembaga Abal-abal dan Tak Patuhi UU Pers

Platmerah.net,Jakarta- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) melarang sekitar 20.000 anggotanya mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang pelaksanaannya bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.
PWI secara tegas menyatakan bahwa satu-satunya lembaga yang memiliki legitimasi untuk melakukan pengaturan dan penyelenggaraan UKW adalah Dewan Pers.

Lembaga Uji (LU) yang bisa menguji kompetensi wartawan sesuai UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers adalah LU yang telah tersertifikasi oleh Dewan Pers.

Demikian pernyataan Ketua Umum PWI Pusat Atal Sembiring Depari menyikapi adanya sejumlah lembaga atau organisasi yang menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan tetapi tidak sesuai dengan UU No. 40 Tahun 1999, Jumat (26/8/2022).

“Anggota PWI itu banyak, lebih 20.000 orang. Kami bertang gung jawab dan mengingatkan mereka agar tidak tergoda uji kompetensi yang diselengga rakan organisasi yang tidak jelas dan tidak paham kode etik,” ujar Atal Sembiring Depari yang didampingi Sekjen PWI Pusat Mirza Zulhadi, Wakil Sekjen PWI Pusat Suprapto Sastro Atmojo, dan penasihat PWI Pusat Agus Sudibyo.

Atal juga mengingatkan anggota PWI di seluruh Indonesia agar tidak terjebak dalam bujuk rayu dan tipu muslihat dari lembaga lain yang seolah-olah memiliki legitimasi menyelenggarakan UKW, padahal mereka tidak mengerti kerja jurnalistik yang benar serta tidak paham UU Pers.

Lembaga uji yang bisa menggelar UKW adalah lembaga uji yang tersertifikasi oleh Dewan Pers. Ketentuan tersebut telah diatur melalui Peraturan Dewan Pers Nomor 01/Peraturan-DP/X/2018 tentang Standar Kompetensi Wartawan.

Peraturan DP ini sebagai tindak lanjut dari Deklarasi Palembang tahun 2010 serta hasil kesepakatan para konstituen Dewan Pers, baik organisasi perusahaan pers maupun organisasi profesi wartawan, termasuk di dalam nya adalah Persatuan Warta wan Indonesia (PWI). Deklarasi Palembang antara lain berisi tentang perlunya verifikasi perusahaan pers dan Standar Kompetensi Wartawan (SKW).

Verifikasi perusahaan pers maupun SKW sesuai amanat Pasal 15 UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers yang mengatur tentang tujuan, fungsi, dan tata cara pemilihan anggota Dewan Pers. Guna mengetahui apakah wartawan telah kompeten atau belum, maka dilakukan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh lembaga uji yang telah tersertifikasi Dewan Pers.

“PWI menegaskan bahwa hanya UKW yang mengacu pada UU Nomor 40 Tahun 1999-lah yang sah dan UKW lainnya adalah bertentangan dengan UU Pers. Karena itu, PWI melarang anggotanya mengikuti UKW yang sesat dan melanggar UU Pers,” kata Atal S Depari.

Atal menambahkan, uji kompetensi yang dilakukan lembaga yang tidak terser tifikasi Dewan Pers bukanlah uji kompetensi profesi warta wan.

Uji kompetensi harus menguji aspek pengetahun (knowledge)
aspek keterampilan (skill), dan aspek kesadaran (awareness) yang berkaitan pemahaman terhadap UU Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan peraturan terkait pers lainnya.

“Mereka melakukan uji kompe tensi, tetapi tidak paham kode etik dan bahkan tidak ada satu mata uji pun yang berkaitan dengan kode etik. Padahal dalam UU Pers jelas disebut kan, wartawan wajib mematuhi kode etik,” tambah Mirza Zulhadi.

Ayat (2) Pasal 7 UU Nomor 40 Tahun 1999 berbunyi: “Wartawan memiliki dan menaati Kode Etik Jurnalistik.” pungkasnya. (***)

News Feed

Sidang Paripurna DPD RI,Ricuh Diwarnai Hujan Intrupsi Dan Upaya Merebut Palu Pimpinan. Sidang

Jum, 12 Jul 2024 08:44:19pm

  Sidang Paripurna DPD RI,Ricuh Diwarnai Hujan Intrupsi Dan Upaya Merebut Palu Pimpinan. Sidang   Platmerah.net, Jakarta-Rapat...

Kerjasama Antara Media dengan Diskominfo Purwakarta Kurang Transparansi

Jum, 12 Jul 2024 05:28:55pm

PURWAKARTA - Belakangan ini, kerjasama antara media massa dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta menjadi sorotan...

KH Abu Bakar Madris: Supian Suri Pantas Memimpin Kota Depok

Sel, 9 Jul 2024 04:35:41pm

  KH Abu Bakar Madris: Supian Suri Pantas Memimpin Kota Depok   Platmerah.Depok- Perubahan untuk semua bukan  oleh satu kelompok dan...

Merinding Dengar Sholawat Badar Sambut Calon Walikota Depok Doktor Supian Suri M M

Ming, 7 Jul 2024 01:02:11pm

 Merinding Dengar Sholawat Badar Sambut Calon Walikota Depok Doktor Supian Suri M M Platmerah.net,Depok- Sholawat Badar ratusan ibu-ibu anggota...

Relawan ” BARES” Deklarasi Dukung Supian Suri jadi Walikota Depok

Kam, 4 Jul 2024 09:49:03pm

    Relawan " BARES" Deklarasi Dukung Supian Suri jadi Walikota Depo Platmerah.net,Depok- Kembali dukungan datang dari para tokoh...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 8
  • Visit Today : 8
  • Visitors Total : 80215
  • Visit Total : 147958