[Sassy_Social_Share]

Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menerapkan 10 Dzulhijah 1444 Hijriah jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023 esok. Oleh karena itu Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Muara Enim akan melaksanakan shalat Idul Adha esok pagi. Hal tersebut menindaklanjuti edaran Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang telah menetapkan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, Dzulhijjah 1444 H di kantor PP Muhammadiyah Jl. Cik Ditiro, No. 23, Kota Yogyakarta (21/1/2023) yang lalu.
 
“Yang jelas sudah menjadi keputusan pimpinan pusat Muhammadiyah, untuk penetapan 1 Syawal 1444 H jatuh pada 10 Dzulhijjah 1444 H jatuh pada hari Rabu, 28 Juni 2023,” ungkap A Basroh, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Muara Enim, Selasa (27/6/2023) dalam keterangan persnya.
 
 
Menurut A Basroh, seluruh Pimpinan Cabang Muhammadiyah yang ada di Kabupaten Muara Enim akan melaksanakan salat Idul Adha secara serentak di PCM masing-masing. 
 
“Pimpinan Daerah, Cabang dan Masjid di bawah Muhammadiyah semua akan melaksanakan salat Idul Fitri pada hari Rabu 28 Juni 2023, dan lokasi pelaksanaannya telah ditetapkan oleh Pimpinan Daerah setelah menerima masukan dari Cabang – Cabang Muhammadiyah yang ada di Kabupaten Muara Enim,”ujarnya.
 
Kemudian, ia menghimbau kepada warga Muhammadiyah jika terjadi perbedaan penetapan 10 Dzulhijah 1444 Hijriah hendaknya disikapi dengan bijak.
 
“Perbedaan tidak untuk diperdebatkan. Namun, jadikan sebagai warna warni kehidupan guna menimbulkan serta meningkatkan sikap teloransi terhadap pendapat masing-masing,”pungkasnya.
 

Untuk diketahui, puasa Arafah adalah puasa yang dilakukan pada 9 Zulhijah. Waktu ini bertepatan dengan jemaah haji yang wukuf di Padang Arafah, Mekkah yang jatuh pada hari ini, Selasa (27/6/2023).

Kendati demikian, tahun ini ada perbedaan penentuan awal Zulhijah, sama dengan Muhammadiyah Arab Saudi menetapkan 1 Zulhijah pada 19 Juni, artinya 9 Zulhijah jatuh pada hari ini, Selasa (27/6/2023) dan Idul Adha jatuh pada Rabu esok (28/9/2023).

Hari ini pula, jemaah haji di seluruh dunia, termasuk Indonesia akan menjalankan ibadah wukuf di Arafah, Mekkah. Sementara itu, pemerintah Indonesia menetapkan 1 Zulhijah pada 20 Juni, artinya 9 Zulhijah jatuh pada Rabu (28/6/2023) dan Idul Adha jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023.

 
Berikut disampaikan secara rinci lokasi pelaksanaan Shalat Idul Adha di beberapa wilayah di Kabupaten Muara Enim, Imam serta khatibnya sesuai dengan edaran Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Muara Enim sebagai berikut :
 
-. KOTA MUARA ENIM : GOR Pancasila Kota Muara Enim. Imam dan Khatib: Ust. Sugiono,S.Pd,Fis,.M.Si
 
-. LAWANG KIDUL: Komplek Perguruan Muhammadiyah Lawang Kidul. Imam dan Khatib: A. Basroh
 
-. SEMENDE: Halaman SMPN Pulau Panggung. Imam: H. Zailis, Khatib: Ust. Miftah Firdaus
 
-. UJANMAS: Masjid Istiqomah Muhammadiyah Ujanmas. Imam: Ihsan,S.Th.I,. Khatib: Mahfud Riyadi,S.Pd
 
-. GUNUNG MEGANG: Masjid Al’Muttaqin, Imam dan Khatib: Ust. Yusuf Zen. 
-Musholla Nurul Hidayah Sidomulyo, Imam: Sudarno,S.Pd,. Khatib: A. Nashori. 
-Masjid Ad Dakwah Desa Sumaja Makmur, Imam dan Khatib: Imam Wahyudi,S.Pd
 
-. GELUMBANG: Masjid Asy Syifa Desa Talang Taling, Imam: Tarmizi, Khatib: Ayub Awaludin 
 
Waktu pelaksanaan Shalat Idul Adha 1444 Hijriyah akan dilaksanakan pada pukul 06.30 WIB sampai dengan selesai. (HAI)

News Feed

Halal bi Halal DPC PKB Sékaligus Konsolidasi Penjaringan Bakal Calon Wali-Wakil Walikota Depok

Sel, 23 Apr 2024 09:38:28am

Halal bi Halal DPC PKB Sékaligus Konsolidasi Penjaringan Bakal Calon Wali-Wakil Walikota Depok Platmetah.net,Depok- Partai Kebangkitan Bangsa...

Ketua MK Suhartoyo Menolak Permohonan  Ganjar-Mahfud, Menolak Eksepsi Termohon dan Pihak Terkait

Sen, 22 Apr 2024 07:05:12pm

Ketua MK Suhartoyo Menolak Permohonan  Ganjar-Mahfud, Menolak Eksepsi Termohon dan Pihak Terkait Platmerah.net,Jakarta-Mahka mah Konstitusi (MK) ...

MK menolak permohonan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin)

Sen, 22 Apr 2024 06:19:12pm

MK menolak permohonan Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) Platmerah.net,Jakarta- MK menolak permohonan seng. keta hasil Pemilihan...

Lapangan Becek  dan Sepi Pengunjung Mewarnai Lebaran Kukusan Beji Depok

Sab, 20 Apr 2024 05:15:24pm

Lapangan Becek  dan Sepi Pengunjung Mewarnai Lebaran Kukusan Beji Depok Platmerah.net,Depok-Lebaran Kukusan merupakan tradisi  warga masyarakat...

Koalisi 6 Partai Politik Semakin Solid Usung Kandidat Wali-Wakil Walikota Depok

Sab, 20 Apr 2024 04:08:30pm

    Ketua DPD Par tai Collar Depok Farabi     Koalisi 6 Partai Politik Semakin Solid Usung Kandidat Wali-Wakil Walikota...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 21
  • Visit Today : 31
  • Visitors Total : 76450
  • Visit Total : 142242