Sebanyak 245 Siswa/i Diploma 1 AKIPBA di Wisuda

Rab, 2 Nov 2022 04:47:15pm Dilihat 638 kali author aldo muara enim
AA8ECE71-6A6D-4E92-AC52-044D4E14F978
[Sassy_Social_Share]

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) – Akademi Komunitas Industri Pertambangan Bukit Asam atau yang disingkat AKIPBA mewisuda sebanyak 245 Diploma I dari 3 jurusan pertambangan. Acara wisuda serta pelapasan berlangsung di Gedung Serbaguna (GSG) Bukit Asam Tanah Putih Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Rabu (2/11/2022).

Turut hadir Direksi PT Bukit Asam (PTBA), Direksi PT Inalum, Direksi PT Antam, Direksi PT Timah, Pengurus Yayasan Bukit Asam (YBA), Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II, para dosen, dan orang tua wali mahasiswa.

Mereka yang diwisuda yakni Jurusan Teknik Pengoperasian Alat Tambang (TPAT) sebanyak 81 orang dengan spesialisasi Dump Truc, Exavator, Wheel Loader, dan Dozer. Kemudian Jurusan Pengolahan Hasil Tambang sebanyak 83 orang dengan spesialisasi pengoperasian mesin pengolah hasil tambang, pengolahan galian, serta metalurgi ekstaksi. Ketiga Jurusan Teknik Perawatan Alat Tambang (TPAT) sebanyak 81 orang dengan spesialisasi pemeliharaan peralatan mesin tambang, kontrol pneumati, hidrolik, PLC, dan HMI.

Direktur AKIPBA, Dra. Hj. Nurbaiti, M.M mengatakan, prosesi wisuda ini menandai selesainya pendidikan selama kurang lebih satu tahun. Kemudian setelah ini merupakan awal untuk mereka memasuki dunia kerja yang penuh persaingan.

“Ketika wisudawan nanti berada di dunia kerja, itulah sebenarnya tantangan yang harus mereka hadapi nantinya,”ucap Nurbaiti.

Untuk itu dia berpesan kepada para wisudawan untuk terus meningkatkan kompetensi, terutama dalam menghadapi abad 21, dan revolusi industri 4.0, yakni SDM yang adaptif, fleksibel, kreatif, inovatif, menguasai IT, menguasai bahasa internasional, komunikatif, leadership, kritis, dan mempunyai high order thingking.

Kemudian kepada semua mitra AKIPBA, instansi BUMN, Perusahaan swasta, dan media massa agar tetap terjalin kerjasama yang harmonis, dan dapat terus di tingkatkan lagi. Sebab, selama ini telah banyak memberikan kontribusi terhadap kemajuan AKIPBA.

Sementara itu, Yayasan Bukit Asam yang menaungi AKIPBA berharap kedepan AKIPBA bisa menjadi percontohan pendidikan pertambangan di Kabupaten Muara Enim. Ketua Yayasan Bukit Asam, Venpri Sagara mengucapkan selamat kepada wisudawan/i Akademi Komunitas Industri Pertambangan Bukit Asam yang hari ini sudah diwisuda untuk tahun akademik 2021-2022.

“Selamat untuk para alumni, Semoga nanti para alumni AKIPBA ini selepas dari sini bisa membawa nama baik almamater AKIPBA dan dapat diserap di dunia usaha maupun dunia industri segera mungkin. Nah, untuk di Bukit Asam groub sendiri saat ini memang lagi membutuhkan para alumni AKIPBA dan mudah-mudahan nanti bisa kita serap di tempat kita,”ucap Venpri Sagara yang juga menjabat sebagai General Manager Pertambangan Tanjung Enim (GM PTE) kepada platmerah.net.

Lebih lanjut kata Venpri pihaknya kedepan tengah merencanakan pengembangan AKIPBA agar bisa menjadi Politeknik Diploma 3 dan Diploma 4.

“Kita sudah grand desain, tahun 2023 nanti kita akan bangun Kampus Politeknik di kawasan Pendidikan Bukit Asam, kurang lebih selama 2 tahun pembangunannya, dan dalam waktu itu pula kita mempersiapkan perijinan untuk menyelenggarakan D3 dan D4 pertambangan,”tutup Venpri. (HAI)

News Feed

Muara Enim Matangkan Pemberangkatan 395 orang JCH Tahun 2024

Rab, 24 Apr 2024 05:43:53pm

Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) - Guna mematangkan keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Muara Enim yang diagendakan keberangkatannya...

257 Peserta Didik Kelas XII dan XIII GP SMK Bukit Asam Tahun Ajaran 2023/2024 di Serahkan

Rab, 24 Apr 2024 04:48:43pm

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) -  Sebanyak 257 peserta didik Kelas XII dan XIII Geologi Pertambangan (GP) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)...

OSO Intruksikan Untuk Buka Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah

Rab, 24 Apr 2024 04:26:20am

Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Oesman Sapta Odang Dan jajaran Pengurus Pusat Hanura   Platmerah.net,Jakarta-Ketua Umum Partai...

Halal bi Halal DPC PKB Sékaligus Konsolidasi Penjaringan Bakal Calon Wali-Wakil Walikota Depok

Sel, 23 Apr 2024 09:38:28am

Halal bi Halal DPC PKB Sékaligus Konsolidasi Penjaringan Bakal Calon Wali-Wakil Walikota Depok Platmetah.net,Depok- Partai Kebangkitan Bangsa...

Ketua MK Suhartoyo Menolak Permohonan  Ganjar-Mahfud, Menolak Eksepsi Termohon dan Pihak Terkait

Sen, 22 Apr 2024 07:05:12pm

Ketua MK Suhartoyo Menolak Permohonan  Ganjar-Mahfud, Menolak Eksepsi Termohon dan Pihak Terkait Platmerah.net,Jakarta-Mahka mah Konstitusi (MK) ...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 0
  • Visit Today : 0
  • Visitors Total : 76575
  • Visit Total : 142433