Platmerah - Bongkar Fakta Tajam Dan Terarah

Sektor 2 Citarum Harum Menanam Talas Bening Dalam Rangka Ketahanan Pangan

Rab, 9 Nov 2022 04:42:13pm Dilihat 37 kali author Ependi
IMG-20221109-WA0141

Platmerah.net, Pacet, Kab Bandung,- Sektor 2 Citarum Harum, dalam upaya mensukseskan program Citarum Harum dengan tugas pokoknya dalam pengembalian Sungai Citarum menjadi bersih kembali banyak kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Sektor 2 Citarum Harum baik dari pembersihan sungai, pembuatan lobang Biospori, penanaman pohon di lahan kritis dan lahan lainnya, pengangkutan sampah, komsos, demplot lele, demplot Strawberry, demplot jagung, membuat taman dan memperindah Danau Alam Lestari yang kemudian menjadi objek wisata lokal.

Komandan Sektor 2 Citarum Harum Kolonel Infanteri Tri S.I.P melaksanakan terobosan di wilayah Sektor 2 Citarum Harum dengan menanam talas (keladi) yang akan di ambil daunnya yang bisa di jadikan sebagai pengganti tembakau.

Disamping itu dalam rangka ketahanan pangan juga menanam pohon Talas Bening yang kesemuanya dibantu/didukung oleh masyarakat yang sangat antusias mengerjakannya.

Penanaman talas (keladi) ini dilaksanakan di Kampung Argasari Desa Sukapura Kecamatan Kertasari dan menggunakan penyubur pupuk organik BIOS 44, giat ini dilaksanakan Sektor 2 Citarum Harum untuk menjadi percontohan kepada masyarakat untuk menanam pohon talas (keladi) yang bisa memanfaatkan lahan-lahan pekarangan rumah bagi warga yang tidak mempunyai lahan untuk berkebun.

Talas (keladi) ini adalah salah satu tanaman dengan prospek yang cukup bagus buat ke depannya karena bisa mengangkat penghasilan warga sebagai penghasilan tambahan yang dengan memanfaatkan lahan-lahan pekarangan bisa menghasilkan uang.

Keunggulan dari daun talas ini karena dari hasil riset bahwa daun talas cukup rendah kadar nikotinnya sehingga sekarang masyarakat mulai ada yang beralih dari tembakau ke daun talas dan bahkan bisa dijadikan komoditi Ekspor.

Melihat contoh dari Bapak Muhammad Nursalim dan adiknya Ike Istia Wahyu, Warga Desa Doko, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Banyuwangi, Beliau adalah pencetus pertama yang menjadikan daun talas menjadi penganti tembakau dan Alhamdulillah sekarang beliau telah mengekspor daun talas ini ke negara Australia.

Untuk itu Sektor 2 Citarum Harum dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat membuat demplot percontohan kepada masyarakat yaitu budidaya talas dan talas yang bisa di manfaatkan adalah talas jenis bening yang sudah di tanam sekitar 300 pohon dan akan terus ditambah lagi.

Komandan Sektor 2 Citarum Harum dalam akhir penjelasan mengatakan semua di lakukan demi keberhasilan tugas dan kesejahteraan masyarakat.

(Purwadhi JSI)

Sektor 2 Citarum Harum Kerja Ikhlas Kerja Tuntas-Tetap Semangat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Wujudkan Pembentukan Provinsi Tapanuli, Bupati Tapanuli Utara Tanda Tangani Akta Pendirian PPPT

Kam, 1 Des 2022 10:01:51pm

PLATMERAH || TAPUT || Bupati Tapanuli Utara Dr. Can. Drs. Nikson Nababan, MSi turut menandatangani Akta Pendirian Panitia Percepatan Provinsi...

Pussenkav Gelar Focus Group Discussion Tahun 2022.

Kam, 1 Des 2022 08:49:08pm

Platmerah.net, Bandung,- Bertempat Gedung Manunggal Tri Daya Cakti Pussenkav Jalan Ciremai No.9 Kota Bandung, telah dilaksanakan kegiatan Focus Group...

Antusias Warga Landono Sambut Kedatangan Ketua Komisi V DPR – RI, Ir Ridwan Bae

Kam, 1 Des 2022 07:46:56pm

Konawe Selatan || PLATMERAH.NET || Kunjungan kerja ketua Komisi V DPR RI ridwan Bae sudah lama di tunggu tunggu oleh warga Kecamatan Landono, untuk...

Antusias Warga Landono sambut kedatangan Ketua Komisi V DPR – RI. Ir Ridwan Bae.

Kam, 1 Des 2022 06:59:45pm

Antusias Warga Landono sambut kedatangan Ketua Komisi V DPR - RI. Ir Ridwan Bae.   Platmerah.nrt,KowaneSelatan-Kunjungan kerja ketua Komisi V...

MT Balai Wartawan Depok Peduli Korban Bencana Gempa Bumi Ciajur

Kam, 1 Des 2022 02:33:57pm

MT Balai Wartawan Depok Peduli Korban Bencana Gempa Bumi Ciajur   Platmerah.ney,Cianjur- Sepekan setelah menggelar Maulid Nabi dan Santunan...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 9
  • Visit Today : 40
  • Visitors Total : 32023
  • Visit Total : 55742
Chat Whatsapp