Selama Tahun 2022 Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Tangani 500 kasus

Sel, 31 Jan 2023 01:33:11am Dilihat 513 kali author Wismo
[Sassy_Social_Share]

Selama Tahun 2022 Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Tangani 500 kasus

Platmerah.net,Depok- Dinas Pema dam Kebakaran adalah salah satu dinas yang tertua  di Indonesia berdiri sejak zaman Belanda 1 Ma ret 1919  dan tahun 2023 ini  Pema dam   Kebakaran akan mempe ringati Hari Baktinya yang ke-104.

Peringatan hari ulang tahun ke 104 dilakukan  mulai Tingkat Pusat Provinsi Kota dari Kabupaten di Indonesia.

Di tingkat pusat satu 1 Maret  2023 yang akan datang dilakukan di Jakarta dan menyusul di tingkat provinsi lalu tingkat kota dan kabupaten di Indonesia.

Provinsi Jawa Barat  pelaksanakan dijadwalkan  di  Kabupaten Maja lengka serta tingkat kota dan Kabupaten.

Pada peringatan hari Bakti Pema dam Kebakaran Tingkat Jawa Barat yang berlangsung di Bogor tahun 2022 lalu Kota Depok memperoleh juara  ketiga  untuk Kejuaraan Lomba Kecepatan Pemadaman Kebakaran.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Gandara Budiana mengungkapkan hal itu di ruang kerjanya Senin  (30/01/2023).

Menyinggung tentang ancaman tantangan hambatan dan rintangan  ATHG di Kota Depok,Gandara men jelaskan   secara umum memang  perlunya peningkatan pemahaman tentang  pemadam kebakaran masyarakat dan juga partisipasi yang  perlu ditingkatkan dari masyarakat.

Ke dua  yaikni masalah lalu lintas dan transportasi serta kesiapan petugas  juga menjadi permasala han untuk meningkatkan kecepatan pemadaman kebakaran itu sendiri.

“Jadi dalam upaya  pemadam kebakaran memang perlunya  pe ningkat kesadaran masyarakat.” ujar Gandara.

Dalam upaya peningkatan   pemaha man tentang kebakaran perlu dita namkan kepada anak-anak  usia dini agar lahir jiwa patriotisme dan tolong  menolong dan ini  biasanya sudah dimasuk dalam program ekstrakurikuler mulai anak-anak PAUD sebagai edukasi mereka.

” Tugas hero seorang pemadam kebakaran dan itu diberikan siswa-siswa PAUD tidak saja ke Pemadam  Kebakaran saja tetapi juga ke  Kepolisian dan Koramil .”terangnya.

Tugas penyelamatan di Depok menurut Gandara 2 kali lipat banyaknya jika  dibanding dengan tugas pemadam kebakaran itu sendiri, dalam sebulannya tercatat 20 hingga 30 kali tugas penye lamatan dan jika dihitung hari dalam satu hari bisa satu kejadian penyela matan di kota Depok.

“Dalam satu tahunnya kejadian pe nyelamatan mencapai 300 sampai dengan 500 kasus penyelamatan di masyarakat mulai dari penyela matan dari hewan liar dari hewan peliharaan kecebur sumur dan juga binatang buas ular dan rumah warga yang terkunci dalam rumah dan mereka dapat minta bantuan kepada Dinas Pemadam kebakaran Kota Depok.”papar Gandara.

Menyinggung tentang Armada pe madam kebakaran untuk menga tasi kebakaran di  gedung berting kat, Dinas Pemadam Kebakaran dalam tahun 2023 dijadwalkan menerima bantuan unit kendaraan pemadam kebakaran mobil tangga dengan ketinggian tangga mencapai lebih dari 30 meter dari pemerintah Jepang,papar Gandara.

” Mobil tangga ini memang mempunyai tugas khusus untuk evakuasi penyelamatan dari sebuah kebakaran.” jelas Gandara.

Jumlah Petugas pemadam kebakaran di kota Depok saat ini berjumlah 300 personil yang ditem patkan di delapan pos yang ada di beberapa kecamatan di wilayah Kota Depok,pungkas Gandara. ( Wismo).

News Feed

Halal Bil Halal Forkabi Kota Depok Pererat Silahturami

Kam, 18 Apr 2024 02:27:50pm

Halal Bil Halal Forkabi Kota Depok Pererat Silahturami Platmerah dot net ,Lebih dari seribu orang dari berbagai anggota organisasi...

Pelayan Masyarakat Hari Pertama Paska Liburan Panjang Romadhon 1445 H Di Kelurahan Tanah Baru, Berjalan Normal

Sel, 16 Apr 2024 11:18:20am

  Pelayan Masyarakat Hari Pertama Paska Liburan Panjang Romadhon 1445 H Di Kelurahan Tanah Baru, Berjalan Normal   Platmerah.net,...

Wali Kota Depok Ada Lima Nilai yang Harus Dipelihara – Dirawat Pasca Ramadan.

Sab, 13 Apr 2024 01:33:53am

Wali Kota Depok Ada Lima Nilai yang Harus Dipelihara - Dirawat Pasca Ramadan. Platmerah.net,Depok-Ribuan umat Islam Kota Depok melaksanakan Sholat...

Membludak Arus Mudik Menggunakan Pesawat Terbang Lebaran 1445 Hijriah

Sen, 8 Apr 2024 09:51:38am

Membludak Arus Mudik Menggunakan Pesawat Terbang Lebaran 1445 Hijriah Platmerah.net, Tangerang- Ratusan ribu orang mudik menggunakan pesawat...

Polresta Bandara Soekarno -Hatta mendirikan Pos Ramah Ibu dan Anak Ramadhan Presisi 2024,Selama Arus Mudik Dan Balik

Sen, 8 Apr 2024 09:21:55am

Polresta Bandara Soekarno -Hatta mendirikan Pos Ramah Ibu dan Anak Ramadhan Presisi 2024,Selama Arus Mudik Dan Balik Platmerah.net– Tangerang-...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 12
  • Visit Today : 13
  • Visitors Total : 76366
  • Visit Total : 142100