Siswa SMK Bukit Asam Terpilih Menjadi “Duta Lingkungan Hidup” di ajang HLHS Tahun 2023

Sab, 15 Jul 2023 09:48:19am Dilihat 583 kali author aldo muara enim
EFCBB151-B1C0-4384-9BCB-CF9ABFF1EF2A
[Sassy_Social_Share]

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) – Perwakilan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bukit Asam Tanjung Enim bernama Regitha G Necca Lorencia (16) siswa kelas X jurusan Geologi Pertambangan (GP) yang berpasangan dengan Muhammad Dendy Satrio (16), siswa kelas XII Jurusan Geologi Pertambangan berhasil terpilih menjadi pasangan Duta Lingkungan Hidup tahun 2023 di ajang pemilihan yang di gelar PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) di Hotel Saka Tanah Putih PTBA Tanjung Enim, Kamis (6/7/2023) lalu. 
 
 
Regitha G Necca Lorencia yang bercita-cita menjadi Jaksa ini selain pintar bidang akademik, dia juga memiliki wawasan luas mengenai lingkungan yang berkelanjutan.
 
Menurut dia, jika di Indonesia ada lebih dari 18,2 juta sampah dari 154 kota/kabupaten dan hanya kurang dari 75% dari angka tersebut yang sudah dapat dikelola dengan baik? Nah, hal ini lah tentunya dapat mengakibatkan berbagai masalah terutama dari segi kesehatan dan kebersihan. Mayoritas sampah serta limbah tersebut berasal dari kegiatan rumah tangga. Artinya penyumbang sampah terbanyak itu dari masyarakat yang minim dengan kepedulian lingkungan.
 
Untuk itu kata dia diperlukan sebuah cara serta program yang dapat meningkatkan kesadaran serta kepedulian masyarakat. Campur tangan masyarakat juga amat sangat dibutuhkan.
 
“Bumi sudah mengasuh dan merawat kita, menemani dari bayi hingga tua. Tidak ada salahnya jika kita menunjukan bumi sedikit rasa cinta dengan merawatnya,”seru Regitha.
 
Menurut dia lagi, sangat banyak sekali tempat- tempat yang seharusnya dapat dinikmati keindahannya malah rusak dikarenakan minimnya tingkat kesadaran serta kepedulian masyarakat. Tidak jarang perbuatan yang mereka lakukan dianggap wajar hanya karena mereka tidak atau belum menjumpai kotak sampah. 
 
“Nah, Pola pikir yang seperti ini sangat amat salah. Saat melihat tersebut, saya bertekad menjadi  seseorang yang dapat mengkampanyekan maupun mengisnpirasi segala lapisan masyarakat dalam menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan,”urai Regitha.
 
Sementara itu, Kepala SMK Bukit Asam, Evi Komalasari,S.Sos mengaku bangga dengan prestasi diraih anak didiknya. Kata Evi, prestasi yang di raih itu tak terlepas dari peran para guru pembimbingnya. Selain melalui kegiatan ekskul sebagai wadah para siswa bisa mengembangkan bakat mereka.
 
“Tentunya bangga sekali ya, dan nanti Regitha bisa menjadi motor penggerak di sekolah dalam menjaga kebersihan lingkungan. Dan bersama-sama dengan warga sekolah membuat aksi-aksi nyata dalam pengelolaan sampah secara mandiri, dan berkelanjutan,”tutup Evi. (HAI) 

News Feed

Muara Enim Matangkan Pemberangkatan 395 orang JCH Tahun 2024

Rab, 24 Apr 2024 05:43:53pm

Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) - Guna mematangkan keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Muara Enim yang diagendakan keberangkatannya...

257 Peserta Didik Kelas XII dan XIII GP SMK Bukit Asam Tahun Ajaran 2023/2024 di Serahkan

Rab, 24 Apr 2024 04:48:43pm

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) -  Sebanyak 257 peserta didik Kelas XII dan XIII Geologi Pertambangan (GP) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)...

OSO Intruksikan Untuk Buka Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah

Rab, 24 Apr 2024 04:26:20am

Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Oesman Sapta Odang Dan jajaran Pengurus Pusat Hanura   Platmerah.net,Jakarta-Ketua Umum Partai...

Halal bi Halal DPC PKB Sékaligus Konsolidasi Penjaringan Bakal Calon Wali-Wakil Walikota Depok

Sel, 23 Apr 2024 09:38:28am

Halal bi Halal DPC PKB Sékaligus Konsolidasi Penjaringan Bakal Calon Wali-Wakil Walikota Depok Platmetah.net,Depok- Partai Kebangkitan Bangsa...

Ketua MK Suhartoyo Menolak Permohonan  Ganjar-Mahfud, Menolak Eksepsi Termohon dan Pihak Terkait

Sen, 22 Apr 2024 07:05:12pm

Ketua MK Suhartoyo Menolak Permohonan  Ganjar-Mahfud, Menolak Eksepsi Termohon dan Pihak Terkait Platmerah.net,Jakarta-Mahka mah Konstitusi (MK) ...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 100
  • Visit Today : 151
  • Visitors Total : 76557
  • Visit Total : 142405