Sosialisasi Pola Hidup Sehat, Dinkes Taput Lakukan Kegiatan GERMAS

Jum, 22 Apr 2022 02:44:20pm Dilihat 965 kali author aldo muara enim
20220422_143904
[Sassy_Social_Share]

Platmerah.Net (Taput) – Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik (Senam Rutin) 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin. Tiga kegiatan tersebut dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga, dan tidak membutuhkan biaya yang besar.
 
Untuk menekan angka kesakitan dan  kematian akibat penyakit tidak menular ( PTM ) Hari ini Jumat ( 22/04/2022) Dinas Kesehatan kabupaten Tapanuli Utara melaksanakan GERMAS di halaman stadion Tarutung  dengan melakukan senam fisik dan mengkonsumsi buah dan sayuran.
 
Senam Fisik yang dilaksanakan Dilapangan serba guna diikuti Kepala Dinas Kesehatan Taput Alexander Gultom, Kabid Kesmas Dintar Hutabalian, Lurah,  ASN dari dinas kesehatan, dan seluruh perwakilan OPD.
 
Kadis Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara melalui Kabid Kesmas Dintar Hutabalian mengatakan kegiatan ini dilakukan Dinkes Taput secara rutin perbulannya guna untuk mengajak masyarakat untuk melakukan Pola Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS ).
 
“Untuk kali ini Kegiatan GERMAS melibatkan seluruh ASN di dinas kesehatan dan dinas lingkungan hidup kabupaten Tapanuli Utara.Tetapi yang terpenting sasaran kita adalah masyarakat agar bisa melaksanakan pola hidup sehat dengan melakukan Gerakan Kesehatan Masyarakat, sehingga mulai bulan depan kegiatan GERMAS akan dilaksanakan di setiap puskesmas dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat,”jelasnya.
 
Selesai melaksanakan senam rutin dan membagikan buah- buahan kepada peserta senam, Kabid Kesmas Dintar Hutabalian memberikan pemaparan tentang 7 langkah GERMAS yang dapat menjadi panduan menjalani pola hidup yang lebih sehat.
 
Adapun 7 langkah GERMAS tersebut yaitu: 
1. Melakukan Aktivitas Fisik. 
2. Budaya Konsumsi Buah dan Sayur.
3. Tidak Merokok.
4. Tidak Mengkonsumsi Minuman        Beralkohol.
5. Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Secara Berkala.
6. Menjaga Kebersihan Lingkungan.
7. Menggunakan Jamban.
 
Dintar berharap peserta GERMAS agar melakukan ke 7 langkah tersebut untuk mensukseskan Pola Hidup Sehat dengan melakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.
 
“Saya mengharapkan kepada seluruh peserta agar dapat menerapkan Pola Hidup Sehat dengan melakukan Gerakan Kesehatan Masyarakat  Di Tengah- tengah masyarakat,”pungkasnya. (JM)

News Feed

Pj. Bupati Muara Enim Lepas 450 Prajurit Satgas Pamtas Yonif 141/AYJP ke Perbatas RI-PNG

Kam, 13 Jun 2024 04:04:58pm

Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) - Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Ahmad Rizali, M.A., melepas 450 prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 141 Aneka...

Pendidikan Kejuruan Bintara Infanteri TNI AD Tahun 2024 Resmi Dibuka oleh Dandodiklatpur di Baturaja OKU

Kam, 13 Jun 2024 03:38:42pm

Platmerah. Net I BATURAJA (OKU) - Bertempat di Lapangan Chandra Dimuka Dodiklatpur Rindam II/Swj, Kemelak Batu Raja, Kabupaten Ogan Komering Ulu...

Pengunjung Sky Deck Bundaran Hotel Indonesia (HI) Kecewa Fasilitas Pelayanan Tidak Berfungsi.

Sel, 11 Jun 2024 03:20:34pm

Pengunjung Sky Deck Bundaran Hotel Indonesia (HI) Kecewa Fasilitas Pelayanan Tidak Berfungsi.   PlatMerah.Net,Jakarta- Sudah beberapa hari...

Sidang Paripurna Depok Bahas RPJPD Kota Depok 2025-2045

Sel, 11 Jun 2024 09:33:29am

Sidang Paripurna Depok Bahas RPJPD Kota Depok 2025-2045 Platmerah.net, Depok-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat...

Serikat Petani Jawa Barat Dukung KH.Dr M.Idris Lc.MA Maju Pilkada Jabar.

Ming, 9 Jun 2024 05:14:41pm

Walikota Depok KH Mohammad Idris Dan Sekretaris Panitia Pardong Serikat Petani Jawa Barat Dukung KH.Dr M.Idris Lc.MA Maju Pilkada...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 6
  • Visit Today : 7
  • Visitors Total : 78356
  • Visit Total : 145321