Platmerah - Bongkar Fakta Tajam Dan Terarah

Sukses Digelar, Bibit Atlet Potensial Bermunculan di Kejurnas BMX 2022

Ming, 27 Mar 2022 08:23:37am Dilihat 514 kali author Wismo
IMG-20220327-WA0010

Sukses Digelar, Bibit Atlet Potensial Bermunculan di Kejurnas BMX 2022

Platmerah.net,Jakarta-Kejuaraan Nasional (Kejurnas) BMX atau 2022 atau BMX National Championship sukses bergulir di Jakarta International BMX, Pulomas, Jakarta, Sabtu (26/3/2022).

Sebanyak 103 atlet dari sembilan provinsi di Tanah Air unjuk gigi menampilkan performa terbaik mereka. Lebih dari itu, Kejurnas BMX 2022 menjadi harapan baru bagi dunia BMX Indonesia karena banyak bibit atlet potensial bermunculan dalam agenda pertama tahun 2022 dari Pengurus Besar Ikatan Sports Sepeda Indonesia (PB ISSI) tersebut.

Sekretaris Jenderal PB ISSI, Parama Nugroho, mengatakan tujuan dari Kejurnas BMX 2022 ini memang untuk mencari bibit baru dan melihat sejauh mana pembinaan atlet di daerah masing-masing.

“Kami menyiapkan kompetisi agar daerah tahu potensi atletnya. Misalnya di daerah itu mengirim 10 atlet, mereka akan mengetahui atlet mana yang terbaik dan menentukan langkah selanjutnya. Jadi Kejurnas ini menjadi alat ukur yang baik,” kata Parama di sela lomba Kejurnas BMX 2022.

Parama berharap dengan adanya Kejurnas BMX 2022, akan lebih banyak atlet yang lahir sehingga regenerasi tetap terjaga. Bahkan, dia juga mendorong agar setiap daerah di Tanah Air memiliki trek BMX agar pembinaan terus berkesinambungan.

Dalam kesempatan yang sama, Pelatih Timnas BMX Indonesia Ari Kristanto menilai potensi atlet BMX di Indonesia cukup besar. Terlihat dari banyaknya atlet muda yang turut serta dalam Kejurnas BMX 2022.

“Setelah lama tak ada kompetisi, Kejurnas BMX ini sangat ramai. Banyak potensi-potensi baru. Sehingga persaingan lebih kompetitif. Dari kategori challenge juga mulai terlihat banyak yang bagus. Pun demikian untuk U-23. Jadi Kejurnas ini cukup bagus untuk ke jenjang berikutnya dan saya berharap dari Kejurnas kali ini, atlet mengalami perkembangan,” ujar Ari.

Dia memberikan wejangan kepada atlet muda Indonesia untuk tidak mudah menyerah. “Atlet harus tekun berlatih karena semuanya butuh proses. Jangan sampai menyerah. Ketika mereka tampil bagus, kami dari pelatnas pasti akan terus memantau perkembangan atlet dan bukan tidak mungkin suatu saat bisa membela Merah Putih di pentas internasional,” kata Ari.

Fasya jadi jawara

Sementara itu berdasarkan hasil Kejurnas BMX 2022, atlet yang tergabung dalam skuad pelatnas Fasya Ahsana Rifki asal Jawa Tengah sukses menyabet dua gelar juara masing-masing untuk kategori Men Elite dan U-23.

Pada final kategori Men Elite, Fasya finis terdepan melibas trek sejauh 0,340km dengan catatan waktu 35,868 detik. Dia mengalahkan wakil Jawa Barat Rio Akbar yang menyelesaikan lomba di urutan kedua terpaut 0,156 detik. Sementara atlet pelatnas asal Jawa Timur Yussi Wakhidur Rizal di posisi ketiga terpaut 0,286 detik.

Sementara pada kategori Men U-23, Fasya tampil apik dengan finis di urutan pertama mencatatkan waktu 34,990 detik. Dia mengalahkan Yosi Saputro dari Jawa Barat dan atlet pelatnas asal DI Yogyakarta Aditya Fajar Putu Soekarno yang masing-masing finis di urutan kedua dan ketiga.

Bagi Fasya kemenangan ini menjadi istimewa karena dua kali menjadi yang terbaik. Selain itu, dia juga sangat antusias mengikuti Kejurnas BMX 2022 karena telah lama tak berkompetisi di tingkat nasional.

“Ini pertama kali saya juara. Kesan mengikuti Kejurnas BMX ini saya sangat excited karena sudah lama atau dari tahun lalu baru ada event di Jakarta. Awalnya memang capek turun di dua nomor. Tetapi saya terus bersemangat untuk bisa menjadi yang terbaik,” kata Fasya usai lomba.

Dia mengatakan Kejurnas kali ini dijadikan sebagai tolok ukur selama menjalani proses latihan.

“Saya terus berjuang hingga akhir. Untuk semua pesepeda muda pastinya jangan mudah menyerah. Kalau belum berhasil menjadi juara terus berusaha. Kalau jatuh jangan sampai berhenti, tapi harus berjuang hingga garis finis,” Fasya menambahkan.

Sementara pada ketegori Women Elite, Cupi Nopianti dari Jawa Barat menjadi yang terbaik. Dia mengalahkan atlet pelatnas Amellya Nur Sifa yang membela Jawa Tengah dan Tifania Adine Almira Azaria asal Jawa Timur.

Adapun di kategori Women U-23, Amellya Nur Sifa menjadi yang terbaik mengalahkan Ananda Diva Saputri.

Berikut hasil lengkap Kejurnas BMX 2022:

BMX Challenge Girls 13-14
1. Arabella Billqies Giulliani Nurmada (DI Yogyakart)
2. Yasmin Aulia Atalanisa (Jawa Barat)
3. Arisya Lembayung (DKI Jakarta)

BMX Challenge Boys 13-14
1. Arma Yoga Saputra (Jawa Tengah)
2. Desmon Andriyanto (DI Yogyakarta)
3. Adiasa Kurnia Putra (DI Yogyakarta)

Challenge Girls 15-16
1. Shifa Maulidina Qotrun Nada (Jawa Timur)
2. Shahnas Mumtaz (DKI Jakarta)
3. Reyna Djada (DI Yogyakarta)

Challenge Boys 15-16
1. Raiden Raga (PB ISSI)
2. Muhammad Irsyad Panji Putra Asywa (Jawa Timur)
3. Ahmad Candra Winata (Jawa Tengah)

BMX Women Junior
1. Nilna Murni Ningtias (Jawa Timur)
2. Latifah (Jawa Tengah)
3. Adesta Cahaya Putri (DI Yogyakarta)

BMX Men Junior
1. Andhika Dheno Pradana (DI Yogyakarta)
2. Rafelino Rahendra (Jawa Tenga)
3. Muhammad Fattahila (Jawa Tengah)

BMX Women U-23
1. Amellya Nur Sifa (Jawa Tengah)
2. Ananda Diva Saputri (DI Yogyakarta)

BMX Men U-23
1. Fasya Ahsana Rifki (Jawa Tengah)
2. Yosi Saputro (Jawa Barat)
3. Aditya Fajar Putu Soekarno (DI Yogyakarta)

BMX Women Elite
1. Cupi Nopianti (Jawa Barat)
2. Amellya Nur Sifa (Jawa Tengah)
3. Tifania Adine Almira Azaria (Jawa Timur)

BMX Men Elite
1. Fasya Ahsana Rifki (Jawa Tengah)
2. Rio Akbar (Jawa Barat)
3. Yussi Wakhidur Rizal (Jawa Timur).(*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Wujudkan Pembentukan Provinsi Tapanuli, Bupati Tapanuli Utara Tanda Tangani Akta Pendirian PPPT

Kam, 1 Des 2022 10:01:51pm

PLATMERAH || TAPUT || Bupati Tapanuli Utara Dr. Can. Drs. Nikson Nababan, MSi turut menandatangani Akta Pendirian Panitia Percepatan Provinsi...

Pussenkav Gelar Focus Group Discussion Tahun 2022.

Kam, 1 Des 2022 08:49:08pm

Platmerah.net, Bandung,- Bertempat Gedung Manunggal Tri Daya Cakti Pussenkav Jalan Ciremai No.9 Kota Bandung, telah dilaksanakan kegiatan Focus Group...

Antusias Warga Landono Sambut Kedatangan Ketua Komisi V DPR – RI, Ir Ridwan Bae

Kam, 1 Des 2022 07:46:56pm

Konawe Selatan || PLATMERAH.NET || Kunjungan kerja ketua Komisi V DPR RI ridwan Bae sudah lama di tunggu tunggu oleh warga Kecamatan Landono, untuk...

Antusias Warga Landono sambut kedatangan Ketua Komisi V DPR – RI. Ir Ridwan Bae.

Kam, 1 Des 2022 06:59:45pm

Antusias Warga Landono sambut kedatangan Ketua Komisi V DPR - RI. Ir Ridwan Bae.   Platmerah.nrt,KowaneSelatan-Kunjungan kerja ketua Komisi V...

MT Balai Wartawan Depok Peduli Korban Bencana Gempa Bumi Ciajur

Kam, 1 Des 2022 02:33:57pm

MT Balai Wartawan Depok Peduli Korban Bencana Gempa Bumi Ciajur   Platmerah.ney,Cianjur- Sepekan setelah menggelar Maulid Nabi dan Santunan...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 9
  • Visit Today : 40
  • Visitors Total : 32023
  • Visit Total : 55742
Chat Whatsapp