Usung Optimisme di Bidang Pertanian, Ganjar-Mahfud Siap Bawa Keluarga Petani Sejahtera

Kam, 9 Nov 2023 07:53:53pm Dilihat 340 kali author Wismo
IMG-20231109-WA0138(1)
[Sassy_Social_Share]

 

Usung Optimisme di Bidang Pertanian, Ganjar-Mahfud Siap Bawa Keluarga Petani Sejahtera

Platmerah.net,Medan- Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengusung optimisme yang tinggi di sektor pertanian.

Keduanya menekankan program yang akan menjadikan para petani dalam kegiatannya bertani tidak sekadar untuk bertahan hidup, tetapi bagaimana kegiatan bertani justru akan membawa perubahan mencapai keluarga yang sejahtera.

Hal tersebut disampaikan Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud, Togar Manahan Nero dalam sosialisasi visi-misi Ganjar-Mahfud kepada mahasisa/mahasiswi yang juga putra/putri petani di Kota Medan, Sumatra Utara, Kamis (9/11/2023).

“Kebutuhan pangan 280 juta penduduk Indonesia yang setara dengan 2.400 triliun per tahun, apabila kebutuhan tersebut disuplai oleh 40 juta petani Indonesia akan setara dengan rata-rata penghasilan para petani sebesar Rp60 juta per tahun,” kata Togar.

Dengan besaran penghasilan tersebut, petani Indonesia akan dapat menjadi keluarga yang sejahtera.

“Oleh karena itu Ganjar-Mahfud mempelajari semua permasalahan pertanian dan siap dengan solusi,” ujar Togar.

Diantara solusinya adalah, diperlukannya teknik pertanian yang presisi dengan penyediaan serta akses modal yang mudah berupa kredit usaha tani. Selain itu juga diperlukan keberpihakan pemerintah dalam menyiapkan lahan pertanian.

Togar memberikan contoh penggunaan lahan di sepanjang jalan dari Manado ke Bolaang Mongondow di Sulawesi Utara, yang panjangnya melebihi 100 kilometer. Sepanjang jalan tersebut telah ditanami tanaman-tanaman produktif oleh masyarakat sekitar jalan.

“Hal yang sama dapat dilakukan di seluruh Indonesia terhadap lahan-lahan yang kosong. Bentuknya bisa sewa, bisa kerja sama dengan yang punya lahan,” ujar Togar.

Togar juga menyampaikan bahwa dalam dunia pertanian tentu terdapat masalah-masalah hukum. Posisi Mahfud MD yang seorang ahli hukum, akan memainkan peran dengan mengupayakan penyelesaian segala masalah hukum yang merugikan para petani.

Seperti penyalahgunaan pupuk ini seharusnya diberikan kepada petani tapi justru banyak disalahgunakan atau dijual ke pihak perkebunan. Hal itu tentu sangat merugikan petani karena nilainya mencapai ratusan miliar rupiah.

“Mahfud juga akan menugaskan pengawasan terhadap rantai niaga yang merugikan para petani,” kata Togar.

Ganjar adalah seorang Teknokrat yang telah berpengalaman dalam pembangunan desa juga pembangunan masyarakat dan telah terbukti di Jawa Tengah. Kinerjanya akan dikawal oleh Mahfud MD sebagai penegak hukum untuk mengawasi semua penyelewengan yang terjadi di sekitar pertanian.

“Oleh karena itu kepada para mahasiswa-mahasiswi yang juga putra-putri petani supaya memberikan perhatian. Sebagai milenial memberikan perhatian bahwa petani Indonesia kelak bukan lagi sekadar bertahan hidup tapi adalah salah satu cara untuk mencapai kesejahteraan,” ujar Togar(*).

News Feed

Warga Pondok Jaya, Cipayung Depok, Dukung Supian Suri Menjadi Walikota

Jum, 24 Mei 2024 06:26:19pm

Warga Pondok Jaya, Cipayung Depok, Dukung Supian Suri Menjadi Walikota Platmerah.Net,Depok- Kembali dukungan datang dari masya rakat Kota Depok...

Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali Tinjau Warga Terdampak Banjir akibat Luapan Sungai Enim di Tanjung Enim

Kam, 23 Mei 2024 08:58:32pm

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) - Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap ribuan warga masyarakat dibeberapa desa dalam Kecamatan Lawang Kidul...

Partai Gerindra Kota Depok Rekomendasikan  Dukungan Kepada Supian Suri Menjadi Bacalon Walikota Depok.

Kam, 23 Mei 2024 07:17:46pm

Partai Gerindra Kota Depok Rekomendasikan  Dukungan Kepada Supian Suri Menjadi Bacalon Walikota Depok. Platmerah.net,Depok- Setelah melalui...

Polres Bandara Soekarno-Hatta Gagalkan Penyelundupan Puluhan Ribu Benih Lobster.

Rab, 22 Mei 2024 10:43:07am

  Polres Bandara Soekarno-Hatta Gagalkan Penyelundupan Puluhan Ribu Benih Lobster. Platmerah.Net,Jakarta - Kepolisian resor Bandara...

MoU KOPITU Dengan Direktur PSP Kementan, Dalam Mendukung Program Ketahanan Pangan

Rab, 22 Mei 2024 10:16:31am

MoU KOPITU Dengan Direktur PSP Kementan, Dalam Mendukung Program Ketahanan Pangan Platmerah.Net, Jakarta -Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 38
  • Visit Today : 64
  • Visitors Total : 77631
  • Visit Total : 144049