Demi Selamatkan 2 Adik Hampir Tenggelam di Danau Toba, Sang Abang Jadi Korban

Kam, 22 Jun 2023 08:55:41pm Dilihat 832 kali author Rintos Sastro Sinambela
IMG-20230622-WA0004
[Sassy_Social_Share]

PLATMERAH || SUMUT || Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb ,S.H, S.I.K melalui Kasi Humas Polres Toba AKP B. Samosir membenarkan adanya korban tenggelam di Pantai Pasir Putih Parparean Kec. Porsea, pada Selasa , 20/6/2023 sekira pukul 17.00.wib.

Dimana Samuel Gultom (16) warga Desa Nauli Siahaan Toruan Kecamatan Sigumpar dan juga baru menyelesaikan sekolah di tingkat SMA pada tahun ini tenggelam saat menyelamatkan kedua adiknya yang hampir tenggelam di Danau Toba tepatnya di Pantai Pasir Putih Parparean Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara.

Diawali niatan mandi mandi korban bersama 5 orang temannya berangkat dari rumah menuju Pantai pasir Putih Parparean Kec.Porsea dan tiba di lokasi sekitar Pukul 16.00 Wib.

Mendapat informasi bahwa mereka berangkat dari kampung 6 orang dengan niatan mandi mandi di Danau Toba tepatnya di Pantai pasir putih Parparean Kecamatan Porsea.

Sebelum turun ke danau menurut keterangan salah satu teman korban bahwa saat itu mereka sedang melakukan aktifitas olahraga Shit Up dan Pulp Up di atas Pasir Putih di tepian Danau Toba di Pantai Pasir Putih Parparen

Setelah selesai melakukan olah raga, kemudian mereka melakukan aktifitas mandi mandi tepat di dekat galangan Kapal Parparean yang alirannya langsung ke sungai Asahan.

Ke 6 orang remaja tersebut Adi Paskah Siahaan (16), Ando Siagian (15), Ifan Marpaung (15), Daniel Gultom (13) adik ke Tiga Korban, Esron Gultom (15) adik Kedua Korban dan Samuel Gultom (16) yang jadi korban tenggelam. Di ketahui Samuel Gultom baru tamat SMA tahun 2023 ini.

Ando Siagian bersama Adi Paskah Sihaan menceritakan, berawal dari berenang sambil bermain di pantai Danau Toba tepatnya di samping kapal kayu yang sedang sandar di Pelabuhan Parparean dan sudah berenang +_ 1 jam lamanya.

Sesaat sebelum peristiwa terjadi, Ando Siagian dan Esron Gultom berenang disebelah Kanan kapal yang lagi bersandar di pelabuhan Galangan Kapal Parparean yang kedalamannya lumayan dalam.

Ando Siagian menyebutkan, disaat mereka berdua berenang tiba tiba Esron Gultom kelelap dan berupaya meraih kakinya sembari berteriak minta tolong.melihat itu saya berupaya memegang ban yang bergantung pinggir kapal dan berupaya menarik kaki saya yang dipegang Esron bermaksud membantunya naik keatas, disaat saya tarik tiba tiba tangan Esron lepas dari kaki saya.

Melihat itu saya berupaya kepinggir dan melihat Esron mulai kelelap, terus saya berteriak minta tolong kepada Daniel Gultom adik Esron sedangkan Samuel Gultom (Korban) saat itu berenang agak jauh dari kami.disaat Daniel berupaya menolong Esron tiba tiba mereka berdua jadi kelalap hingga terbawa air ke bawah Kapal yang bersandar mengarah kepantai pasir putih (Timur) terus saya berteriak minta tolong yang akhirnya didengar Samuel Gultom.

Begitu Samuel mendengar teriakan saya, Samuel berenang berupaya mengejar ke dua adiknya yang mulai kelelap dari Kanan terus ke bawah kapal, Samuel berupaya keras menolong Esron dan Daniel yang mulai kelelap.awalnya dari Kanan terus ke bawah lambung Kapal.sebegitu Samuel dekat dengan Esron dan Daniel, Samuel langsung berupaya sekuat tenaganya mendorong Esron dan Daniel ke Kiri lambung kapal kayu dengan kakinya supaya selamat namun Samuel masih di dalam air berupaya berenang dan mulai kelelap.

Akhirnya Esron dan Daniel selamat ke pinggir namun naas Samuel Gultom akhirnya kelelap ke dasar Danau di Kiri lambung Kapal.tenggelamnya Samuel diduga karena kecapekan yang akhirnya membuat Samuel Gultom jadi tenggelam terbawa sedoton arus Danau Toba yang berdekatan dengan aliran sungai Asahan satu satunya aliran air Danau Toba menuju Laut.

Disebutkan Ando, begitu melihat Samuel ke lelap dia berupaya berteriak meminta tolong kepada para warga yang kebetulan ada dan berwisata di sekitaran lokasi.namun tidak ada yang mendengar karena tiupan angin dari arah Danau Toba (Barat) ke arah daratan (Timur) membuat suara Ando Siagian tidak bisa memantul ke arah warga yang ramai diarah Selatan pada lokasi pantai Pasir Putih Parparean.

Berselang +_ 15 menit ada Dua orang laki laki datang berlari dari arah Selatan pantai memakai jaket pelampung dan membawa Dua ban serta satu Jaket Pelampung.setiba di lokasi si pria yang membawa alat tersebut langsung melemparkan ban ke arah tenggelamnya Samuel Gultom namun Samuel tidak kelihatan lagi.

Selanjutnya si Pria itu berenang dan menyelam dari Kanan ke bawah Lambung terus menuju kiri Kapal.dan akhirnya Samuel ditemukan tersangkut dibawah Danau dan ditarik keluar.

Setiba di daratan pantai, Samuel langsung diberi pertolongan pertama oleh seorang laki laki yang tidak kami kenal dan berupaya mengeluarkan air yang masuk ke perut Samuel, saat itu ada seorang wanita memberikan nafas buatan dan si laki laki berupaya menekan nekan dada Samuel sambari berupaya mengeluarkan air.Korban Samuel juga sempat kaki nya diangkat ke atas untuk mengeluarkan air.seketika itu Samuel sempat batuk dan bernafas namun sudah lemah.

Begitu melihat Samuel batuk dan ada nafas para warga langsung membawa korban ke rumah sakit dengan melewati Caffe Napitulu dan korban dibawa ke RSUD Porsea dengan mengunakan mobil Carry warna merah.jadi Samuel tenggelam karena menolong dan menyelamatkan ke Dua adik kandungnya.terang Ando Siagian dan Adi Paskah Siahaan.
( Humas Polres Toba )

News Feed

Muara Enim Matangkan Pemberangkatan 395 orang JCH Tahun 2024

Rab, 24 Apr 2024 05:43:53pm

Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) - Guna mematangkan keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Muara Enim yang diagendakan keberangkatannya...

257 Peserta Didik Kelas XII dan XIII GP SMK Bukit Asam Tahun Ajaran 2023/2024 di Serahkan

Rab, 24 Apr 2024 04:48:43pm

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) -  Sebanyak 257 peserta didik Kelas XII dan XIII Geologi Pertambangan (GP) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)...

OSO Intruksikan Untuk Buka Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah

Rab, 24 Apr 2024 04:26:20am

Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Oesman Sapta Odang Dan jajaran Pengurus Pusat Hanura   Platmerah.net,Jakarta-Ketua Umum Partai...

Halal bi Halal DPC PKB Sékaligus Konsolidasi Penjaringan Bakal Calon Wali-Wakil Walikota Depok

Sel, 23 Apr 2024 09:38:28am

Halal bi Halal DPC PKB Sékaligus Konsolidasi Penjaringan Bakal Calon Wali-Wakil Walikota Depok Platmetah.net,Depok- Partai Kebangkitan Bangsa...

Ketua MK Suhartoyo Menolak Permohonan  Ganjar-Mahfud, Menolak Eksepsi Termohon dan Pihak Terkait

Sen, 22 Apr 2024 07:05:12pm

Ketua MK Suhartoyo Menolak Permohonan  Ganjar-Mahfud, Menolak Eksepsi Termohon dan Pihak Terkait Platmerah.net,Jakarta-Mahka mah Konstitusi (MK) ...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 116
  • Visit Today : 176
  • Visitors Total : 76573
  • Visit Total : 142430