Dies Natalis Ke- 68, UHN Medan Unggul dan Berdaya Saing Global Menuju World Class University

Sab, 8 Okt 2022 07:13:54pm Dilihat 701 kali author Rintos Sastro Sinambela
IMG-20221008-WA0015
[Sassy_Social_Share]

PLATMERAH || MEDAN ||  Universitas HKBP Nommensen Medan merayakan hari lahirnya yang ke- 68 tahun bersamaan dengan berdirinya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas HKBP Nommensen Medan pada Jumat (07/10/2022).

Dengan mengusung tema “ Universitas HKBP Nommensen Medan Membangun SDM Unggul dan Berdaya Saing Global menuju World Class University (WCU)” secara hybrid di Auditorium UHN Medan Lantai 3 dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube resmi UHN Medan Official.

Tentunya di usia ke-68 tahun tersebut menandakan seberapa jauh perjalanan yang telah dilalui oleh UHN Medan dimana universitas ini telah banyak meraih pencapaian-pencapaian gemilang dan selalu mengambil peran yang signifikan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa terutama dalam Tri Dharma Perguran Tinggi.

Rangkaian kegiatan turut memeriahkan momentum Dies Natalis kali ini antara lain : Orasi Ilmiah “Penerapan Bioteknologi Reproduksi untuk Peningkatan Produktivitas Ternak Babi di Sumatera Utara” yang dibawakan oleh Dosen Fakultas Peternakan UHN Medan, Dr. Parsaoran Silalahi, S.Pt., M.Si; Pemberian Cenderamata kepada Dosen, Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa Berprestasi dan Aksi Penanaman Bibit 1 juta pohon yang merupakan kerja sama PT. Mahkota Group Tbk, Fakultas Hukum UHN Medan dan UKM Mahasiswa Pecinta Alam UHN Medan.

Acara ini juga dimeriahkan oleh persembahan tarian dari UKM Seni dan Budaya UHN Medan.

Rektor UHN Medan, St. Dr. Haposan Siallagan, SH., MH dalam sambutannya mengatakan semangat visi misi para pendiri UHN Medan melekat kuat di hati, pikiran dan kemauan para generasi penerus untuk tetap semangat memajukan universitas ini.

“Mengenang 68 taahun silam, para tokoh masyarakat dan tokoh gereja serta cendekiawan HKBP bersepakat untuk mendirikan universitas ini. Mereka berkeyakinan teguh bahwa perjuangan Negara Republik Indonesia adalah mengisi kemerdekaan ini dengan jalan mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia melalui pendidikan dan kebudayaan. Betapapun dalam perjalanannya banyak mengalami berbagai ujian, kepahitan dan kesulitan namun semangat juang kami tidak akan pernah goyah untuk menjadikan UHN Medan sebagai pengabdian dan ladang ibadah bagi kita semua dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,” ucap Haposan.

Pada hakekatnya,tambahnya, tujuan UHN adalah mengemban tugas yang diberikan oleh masyarakat untuk mendidik para mahasiswa.

“Motto UHN Medan ini yaitu Pro Deo et Patria yang merupakan kristalisasi pemikiran para pendiri yang mengandung makna bahwa kehadiran universitas ini tidak hanya sebatas membuat seseorang sukses untuk diri sendiri tetapi terutama untuk kemuliaan bagi Tuhan dan kesejahteraan Ibu Pertiwi,”tuturnya.

Hadir memberikan sambutan, Kepala LLDIKTI Wilayah I Sumut, Prof. Ibnu Hajar, M.Si.

Beliau berharap momentum ulang tahun ini dijadikan untuk terus bergerak menghasilkan karya-karya yang luar biasa dan terukur sesuai dengan parameter untuk mewujudkan World Class University.

Parameter itu adalah penguatan sinergi dengan sesama mitra kampus, sesama stakholder. Yang paling penting kita jadikan anak-anak itu menjadi orang yang berintegritas. Tidak hanya academic achievment tetapi juga character building itu menjadi penting. Yang patuh terhadap nilai-nilai agama sekaligus.

Saya senang sekali begitu saya datang, masih ada kegiatan keagamaan menjadi simbol bagaimana karakter tadi itu tetap dipertahakankan di kampus ini. Anak-anak itu menunjukkan diri nya sebagai orang yang beintegritas yang patuh kepada nilai-nilai agama dan budaya,” ucap Ibnu.

Mewakili Wali Kota Medan, Renward Parapat selaku Asisten Administrasi Umum Pemko Medan berharap di usia ke-68 tahun ini agar para alumni UHN Medan berkiprah memberikan sumbangsih kepada bangsa ini dalam bentuk pemikiran maupun saran agar keberadaan UHN Medan akan makin kokoh di tanah air.

“Ini juga bisa dijadikan momentum untuk melakukan introspeksi atas apa yang telah dilakukan di masa lalu, yang sedang dilakukan saat ini dan yang akan dilakukan di masa yang akan datang dengan memaksimalkan berbagai potnsi yang belum diekplorasi secara maksimal. Semoga semakin banyak meraih prestasi yang membanggakan,” tutupnya.

Kata sambutan juga disampaikan oleh Pembina Yayasan yang diwakilkan oleh Kepala Departemen Marturia Pdt. Daniel T. Harahap, M.Th; Ketua Pengawas Yayasan, Dr. (HC) Capt. Anton Sihombing; Pengurus Yayasan, Prof. Ramlan Silaban, MS; Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHN Medan, DR. E. Hamonangan Siallagan, M.SI; Tokoh Masyarakat, Kombes Pol. (Purn), Dr. Maruli Siahaan, SH., MH; Mewakili Mitra Kerjasama, Usli Sarsi selaku Direktur Utama PT. Mahkota Group.

Turut hadir Kadep Diakonia HKBP Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th, Praeses Distrik X Medan Aceh Pdt. Henri Napitupulu, M.Th, Perwakilan Pengawas dan Anggota Pengurus Yayasan, Rektor UNPRI Prof. Dr. Chrismis Novalinda Ginting, M.Kes, Kepala Divisi Pelayanan SDM dan Umum PT. Pelindo 1, Kasih Dwi Yanti, Para Wakil Rektor, Anggota Senat Universitas, Dekanat, Ketua Lembaga, Dir. Pascasarjana, Dosen, Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa.

Pada kesempatan ini juga Universitas memberikan penghargaan kepada Dosen, Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa Berprestasi. Tahun ini, 2 (dua) orang Dosen Tetap UHN Medaan telah berhasil mendapatkan gelar Guru Besar/ Profesor, yaitu Prof. Dr. Efron Manik, M.Pd dan Prof. Junita Batubara, S.Sn., M.Sn., Ph.D. Sehingga total keseluruhan Dosen Besar di UHN Medan ada 8 (delapan) orang Guru Besar.

Tidak hanya itu, UHN Medan juga memberikan penghaargaan kepada dosen yang sudah menyelesaikan tugas belajar S3 (Program Doktor) dan 3 (tiga) orang Dosen Berprestasi SINTA, 3 (tiga) orang Pegawai Berprestasi dan 2 (dua) orang mahasiswa berprestasi.

News Feed

Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali Ajak KNPI Satukan Langkah Bangun Kabupaten Muara Enim

Sen, 27 Mei 2024 03:47:46pm

Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) - Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali mengajak Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Muara...

UPT Rusunawa, Cilangkap, Depok Gelar Pemilihan Ketua UMKM

Sen, 27 Mei 2024 01:07:18pm

UPT Rusunawa, Cilangkap, Depok Gelar Pemilihan Ketua UMKM   Platmerah.Net,Depok-–Guna menggali potensi warga rusunawa Kelurahan Cilangkap...

Rotasi Besar-Besaran Di Kejaksaan Agung Republik Indonesia Untuk Pejabat Eselon II dan Eselon III

Sab, 25 Mei 2024 06:18:37pm

Rotasi Besar-Besaran Di Kejaksaan Agung Republik Indonesia Untuk Pejabat Eselon II dan Eselon III Platmerah.Net,Jakarta- Jaksa Agung ST Burhanuddin...

Warga Pondok Jaya, Cipayung Depok, Dukung Supian Suri Menjadi Walikota

Jum, 24 Mei 2024 06:26:19pm

Warga Pondok Jaya, Cipayung Depok, Dukung Supian Suri Menjadi Walikota Platmerah.Net,Depok- Kembali dukungan datang dari masya rakat Kota Depok...

Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali Tinjau Warga Terdampak Banjir akibat Luapan Sungai Enim di Tanjung Enim

Kam, 23 Mei 2024 08:58:32pm

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) - Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap ribuan warga masyarakat dibeberapa desa dalam Kecamatan Lawang Kidul...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 16
  • Visit Today : 35
  • Visitors Total : 77754
  • Visit Total : 144374