Platmerah - Bongkar Fakta Tajam Dan Terarah

Embung Tempat Penampungan Air Untuk Mengatasi Kekeringan

Ming, 17 Jul 2022 08:42:19am Dilihat 184 kali author lili purwakarta
Screenshot_2022_0717_150648

PURWAKARTA – Para petani Kampung Ciwareng Kulon Rt 10 Rw 04 Desa Cibogogirang Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta kini merasa tenang.

Pasalnya sejak selesai pembuatan embung atau tempat penampungan air di Desa Cibogogirang Kecamatan Plered mereka tak merasa takut lagi sawah sawahnya kekeringan air bila musim kemarau datang.

Menurut Kabid SDP Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta H. Erlan Diansyah, SE, MP kepada pijarnusa.com mengatakan embung itu bantuan dari kementerian setelah sebelumnya kelompok tani mengajukan permohonan bantuan.

Embung itu di bangun sejak akhir 2021 lalu dan sejak adanya embung itu para petani di desa itu mulai merasakan manfaat keberadaan embung tersebut.

Ratusan hektar pesawahan terairi bila memasuki musim kemarau tiba, karena suplai air menurun sehingga air embung dapat disalurkan ke areal sawah milik para petani..

Jumlah kebutuhan tersebut akan menentukan tinggi tubuh embung, dan kapasitas tampung embung.

Embung berada di Desa Cibogogirang berukuran 60 kali 120 meter persegi itu dapat menampung debit air cukup banyak.

Ketua Kelompok Tani Saluyu Desa Cibogogirang H Tata Karta menambahkan embung salah satu bangunan penyimpan air yang dibangun didaerah depresi, biasanya diluar sungai.

Kolam embung akan menyimpan air di musim hujan dan kemudian air dimanfaatkan bagi suatu desa atau kelompok masyarakat hanya selama musim kemarau untuk memenuhi kebutuhan dengan urutan prioritas penduduk, ternak dan kebun Minggu (17/7/2022).

Dijelaskannya, embung digunakan untuk menjaga kualitas air tanah, mencegah banjir, estetika, hingga pengairan area sawah para petani.

Tata sangat berterimakasih kepada Dinas Pertanian Purwakarta yang telah membangun embung tersebut.

Ia mengakuinya, telah merasakan manfaat keberadaan embung untuk mengaliri areal pesawahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Luar Biasa! Inovasi Water Treatment Siswa SMK Bukit Asam Juara Tingkat Sumsel

Sen, 5 Des 2022 09:28:30pm

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bukit Asam Tanjung Enim kembali ukir prestasi yang di dapat para siswa...

Maguwo Saktii 97 Kembali Distribusikan Logistik Ke Korban Gempa Cianjur.

Ming, 4 Des 2022 02:18:55pm

  Platmerah.net, Cianjur,- Hari ke-14 pasca bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Ikatan Alumni Akademi Angkatan Udara 1997 (Maguwo Sakti...

Gempa Kembali Guncang Jawa Barat

Ming, 4 Des 2022 02:16:29pm

Platmerah.net. Garut – Gempa kembali mengguncang wilayah Jawa Barat. Setelah cianjur di guncang gempa, terjadi lagi di Kabupaten Garut yang...

Sektor 2 Citarum Harum Subsektor 04 Melaksanakan Komsos dan Berikan Edukasi Kepada Warga.

Ming, 4 Des 2022 01:43:05pm

    Platmerah.net, Pacet, Kab Bandung,- Anak Sungai Ciburial Adalah anak sungai yang berada di Desa Sukarame anak sungai ini merupakan...

Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang Berkunjung ke Makassar

Sab, 3 Des 2022 10:55:06pm

MAKASSAR - Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat atau Hanura, Oesman Sapta Odang alias Oso berkunjung ke Makassar. Kedatangan orang nomor satu di...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 1
  • Visit Today : 2
  • Visitors Total : 32499
  • Visit Total : 57721
Chat Whatsapp