Gelar Kuliah Umum dan Diskusi Interaktif, UHN Medan Hadirkan Anggota DPR RI Komisi IV

Kam, 20 Okt 2022 10:38:51pm Dilihat 669 kali author Rintos Sastro Sinambela
IMG-20221020-WA0084
[Sassy_Social_Share]

PLATMERAH || Sumut || Beberapa minggu belakangan ini kita disuguhi berita terkait bayang bayang resesi global di tahun yang akan datang. Oleh karena itu perlu dilakukan usaha untuk menghadapi berbagai masalah ekonomi yang nantinya akan berpengaruh terhadap ketahanan keluarga.

Dalam rangka membuka wawasan mahasiswa tentang pengembangan ekonomi kerakyatan dalam keluarga yang menjadi andalan dalam menghadapi bayang-bayang resesi global dimasa yang akan datang, maka Universitas HKBP Nommensen Medan mengadakan Kuliah Umum dan Diskusi Publik : “Pengembangan Ekonomi Kerakyatan untuk Mmembangun Usaha Keluarga yang Berbasis Peternakan dalam Menghadapi Resesi Global”, dengan menghadirkan Narasumber, Ir. Mindo Sianipar, Anggota DPR RI Komisi IV- Pertanian, Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Kelautan, Rabu (19/10/2021) di Aula Fakultas Kedokteran UHN Medan Lt. 6.

Turut hadir dalam forum, Rektor UHN Medan dan Para Wakil Rektor, Dekan dan Para Wakil Dekan dan Bapak/Ibu Dosen Fakultas Peternakan, Pertanian, Fisipol dan Fakultas Ekonomi & Bisnis; Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Medan; Anggota DPRD Sumut, Sugianto Makmur, Edward Hutabarat, Anggota DPR RI Komisi V, Bob Sitepu; drh. Angelina Butar-butar, M.Pt Balai Karantina; drh. H. Agustina, MP Balai Veteriner Medan, Drs. Maringan Panjaitan selaku moderator dan Ir. Mangonar Lumbantoruan, MS selaku Dosen Penanggap, dengan jumlah peserta mahasiswa sebanyak kurang lebih 350 orang.

Pada kesempatan itu, Ir. Mindo Sianipar untuk adik-adik mahasiswa, diharapkan menjadi agen perubahan di kampung nya dalam segala segi berikan pencerahan. “Saudara-saudara kalau mau berhasil mulai sekarang harus disiplin. Kalau mau memajukan ekonomi, desa harus menjadi tempat pertumbuhan ekonomi. Juga pemahaman tentang ilmu mikrobiologi harus diperkuat kalau mau Fakultas Peternakan ini menjadi fakultas terkenal di Indonesia.

Ketua Panitia Dr. Parsaoran Silalahi, S.Pt., M.Si dalam laporannya berharap mudah-mudahan tujuan universitas mengadakan kuliah umum ini adalah agar teman-teman mahasiswa mendapatkan inspirasi bagaimana pengembangan ekonomi kerakyatan, ekonomi keluarga. “Harapan dari kuliah umum ini semoga memberikan inspirasi pada teman-teman mahasiswa, manfaatkan waktu ini,” ucap Doktor lulusan dari AgroParisTech, Perancis.

Hal senada juga disampaikan Dekan Fakultas Peternakan UHN Medan, yang diwakilkan oleh Wakil Dekan I, Ir. Tunggul Ferry Sitorus, MP. “Kami sangat berterimakasih dengan kehadiran narasumber. Semoga adik-adik mahasiswa bisa mengambil hikmah dan pelajaran kuliah umum yang akan disampaikan Pak Mindo Sianipar. Kuliah umum ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang cara pengembangan ekonomi keluarga berbasis peternakan,” ucap Tunggul.

Sementara itu, Rektor St. Dr. Haposan Siallagan, SH., MH dalam sambutannya mengatakan, ada 3 hal yang menjadi motivasi universitas dalam menyelenggerakan kuliah umum/ dialog-dialog seperti ini. “Pertama, supaya mahasiswa/i kami ini bertambah luas wawasannya. Dengan kehadiran Pak Mindo nanti memberikan wawasan baru yang mungkin tidak mereka dapatkan di bangku kuliah.

Ia menekankan, pembelajaran di dapatkan tidak hanya di bangku kuliah, melainkan melalui pengalaman-pengalaman yang didapatkan melalui magang, karena mahasiswa harus multi disiplin juga interdisiplin atau juga pengetahuan interaksi supaya mahasiswa kedepan juga semakin dewasa,” ujar Haposan.

“Kedua, kami ingin menunjukan kepada anak-anak kami ini agar menemukan tokoh/panutannya misalnya seperti ilmuwan, praktisi, tokoh-tokoh negarawan. Terakhir, harapan kami, materi yang akan kita dengarkan nanti coba resapi, fokus karena kedepan ini ada ancaman besar yang kita hadapi, resesi global. Ini tidak main-main. Tapi disini kita akan dengarkan bagaimana resesi ini bisa kita hadapi dengan pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis peternakan,” tutup Haposan.

News Feed

KAKI desak POLRI tangkap mantan walikota Palembang

Jum, 17 Mei 2024 01:51:54pm

KAKI desak POLRI tangkap mantan walikota Palembang Platmerah.Net, Jakarta.Kasus Dugaan Mark Up dalam pengadaan lahan untuk pembangunan Kolam Retensi...

Ketegangan Geopolitik dan Resesi Global jadi Tantangan 100 Hari Kerja Prabowo- Gibran Bidang UMKM

Kam, 16 Mei 2024 03:30:38pm

Ketegangan Geopolitik dan Resesi Global jadi Tantangan 100 Hari Kerja Prabowo- Gibran Bidang UMKM Platmerah.net, Jakarta - Dunia saat ini diwarnai...

Satpol PP Depok Turunkan Spanduk Bernada Provokatif Dari Bang Udin.

Rab, 15 Mei 2024 06:53:50pm

Satpol PP Depok Turunkan Spanduk Bernada Provokatif Dari Bang Udin.   Platmetah.Net,Depok-Satpol PP Turunkan spaduk. Bernada provokatif yang...

Pertemuan Indonesia -Belanda Angkat Topik, Kerja Sama Penanganan Isu-Isu kekon suleran, visa dan fasilitas diplomatik,

Rab, 15 Mei 2024 11:57:03am

Pertemuan Indonesia -Belanda Angkat Topik, Kerja Sama Penanganan Isu-Isu kekon suleran, visa dan fasilitas diplomatik, Platmerah.net, Bandung-...

Memberatkan Masyarakat, PKB Minta Study Tour Dihapus

Sen, 13 Mei 2024 03:13:13pm

Memberatkan Masyarakat, PKB Minta Study Tour Dihapus Platmerah.net,Depok-Tragedi kecelakaan bus yang ditumpangi siswa SMK Lingga Kencana, Depok 11...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 7
  • Visit Today : 9
  • Visitors Total : 77414
  • Visit Total : 143718