Platmerah - Bongkar Fakta Tajam Dan Terarah

Kabid Tata Ruang PUPR Kota Kendari, Seko S.T : Kami Telah Menyurati dan Panggil Pihak The Bonte Hotel

Rab, 23 Mar 2022 03:05:59pm Dilihat 192 kali author Rintos Sastro Sinambela
IMG-20220323-WA0040

PLATMERAH ||SULTRA||Daerah Milik Jalan (DAMIJA) adalah ruang sepanjang jalan yang dibatasi oleh lebar dan tinggi tertentu yang dikuasai oleh pembina jalan. Damija juga disebut dengan Ruang Milik Jalan (Rumija) yang berupa sejalur tanah tertentu di luar ruang manfaat jalan yang masih menjadi bagian dari ruang milik jalan.

Damija dibatasi oleh suatu hak tertentu sesuai dengan aturan undang – undang. Adakalanya, lajur lalu lintas dengan adanya Damija ini bisa mengurangi kemacetan. Nah, Selain itu juga, area Damija juga bisa dimanfaatkan sebagai penambahan lalu lintas ketika dibutuhkan. Khususnya di bagian perempatan jalan, pertigaan, dan bahkan untuk penambahan lampu lalu lintas Ungkap Manton salah satu penggiat anti Korupsi di Kota Kendari.

Tetapi apa yang terjadi di Kota Kendari saat ini, dalam pantauan media ini PM.Net (Rabu, 23/03/2022), salah satu Hotel sebut saja The Bonte Hotel diduga leluasa merusak bangunan pemerintah dan mengalihkan Damija tersebut sebagai kepentingan usaha atau kepentingan secara pribadi melalui usaha (Hotel) tersebut.

Untuk diketahui, The Bonte Hotel terletak di Perempatan Lampu Merah THR menuju SPBU THR yang jaraknya kurang lebih 30 meter dari Lampu merah sebelah kiri dari arah Pasar Baru.

Media ini juga menduga bahwa keras diduga The Bonte Hotel telah merusak bangunan negara yaitu Trotoar. Selain itu, juga diduga telah terjadi pembiaran pada pelaku usaha tersebut dari pemerintah daerah setempat. Seharusnya pihak dinas terkait dalam hal ini Dinas PUPR Kota Kendari bagian Tata Ruang melakukan pengawasan dan penindakan bagi para pelaku yang diduga telah melanggar ketentuan aturan undang – undang.

Sementara itu, Daerah Milik Jalan diatur dalam undang-undang yang harus dipatuhi oleh masyarakat. Adapun dasar hukum dari Damija adalah sebagai berikut:

1. Undang-undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 132, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 132).

2. Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2006 tentang jalan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2006 Nomor 86, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4655).

3. Peraturan Menteri Umum Nomor : 20/PRT/M/2010 tentang Pedoman Pemanfaatan dan Penggunaan Bagian-bagian Jalan.

Terkait hal itu, Media ini mencoba menkonfirmasi kepada dinas PUPR Bidang Tata Ruang pihaknya mengatakan bahwa terkait Damija yang diduga dilanggar oleh oknum pelaku usaha (The Bonte Hotel) pihaknya sudah menyurati dan memanggil sebanyak 2 kali untuk segera dihentikan pembangunan tersebut. Tetapi sampai hari ini belum juga dihentikan. Adapun teguran yang ke tiga kalinya ini akan dilakukan penghentian dan pembongkaran.

“Intinya, kami sudah melakukan sesuai SOP dengan aturan undang – undang yang berlaku. Kami sudah memberikan teguran bahkan memanggil agar pekerjaan pembangunan itu di hentikan, tapi ini tidak dilakukan. Rencana untuk yang ketiga kalinya, kami lakukan penindakan keras hingga menghentikan atau membongkar kembali apa yang sudah mereka bangun,” Tegas Kepala Bidang Tata Ruang itu

Lanjut dia, “apalagi mereka ini sudah merusak bangunan negara, seperti trotoar tanpa izin,” Ungkapnya

Kemudian, media ini mencoba konfirmasi kepada pihak managemen The Bonte Hotel pada Hari Rabu, 23 Maret 2022, sekitar Pukul 12.45 siang. Tetapi hanya ada pihak pekerja dan mereka pun tidak tau menau persoalan ini.

“Kami disini hanya pekerja, kami tidak tau menau soal ini,” ucap pekerja yang enggan diketahui namanya itu

Kemudian, berselang beberapa menit kemudian, pekerja itu menghubungkan media ini dengan salah satu kemenakan pemilik Hotel yang juga selaku penanggungjawab hotel tersebut.

Saat dihubungi melalui via telfon sellulernya, Yusuf Bonte tidak bisa memberikan keterangan pada media ini.

“Saya bukan yang punya hotel, jadi saya tidak bisa berikan keterangan tentang itu. Beliau (Pemilik Hotel) masih di Jakarta,” Ucap Yusuf Bonte lewat Telpon selularnya.

Kontributor Sultra : Iskandar Rapi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Rakernas dan Konsolidasi HKTI tahun 2022

Sab, 2 Jul 2022 07:55:42am

Platmerah.net,Jakarta - Generasi muda hendaknya dapat berpe ran aktif di sektor pertanian, karena generasi muda merupa kan generasi melek digital...

Ketua BPO HKTI Meminta Serius Memperjuangkan Nasib Petani

Jum, 1 Jul 2022 08:05:21am

JAKARTA - Ketua Badan Pertimbangan Organisasi (BPO) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Oesman Sapta Oedang (OSO), meminta seluruh jajaran...

Oesman Sapta Odang Hadiri Pembekalan Antikorupsi di Gedung ACLC KPK

Kam, 30 Jun 2022 10:22:58am

JAKARTA - Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) mendapat giliran pembekalan antikorupsi di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi (ACLC) KPK hari ini, Kamis...

Satpol PP Depok Robohkan Lebih 33 Bangun Liar di Bantaran Kali Baru Citayam

Rab, 29 Jun 2022 02:03:11pm

Satpol PP Depok Robohkan Lebih 33 Bangun Liar di Bantaran Kali Baru Citayam Platmerah.Net,Depok-Penertiban lebih dari 33 kapal pedagang...

Dansektor 2 Citarum Harum Terus Himbau Kepada Masyarakat Untuk Jaga Alam dan Lingkungan.

Sel, 28 Jun 2022 12:48:09pm

Platmerah.net, Pacet-Kab Bandung,-Kolonel Inf Belyuni Herliansyah S.Sos selaku Dansektor 2 Citarum Harum memerintahkan kepada seluruh anggota dan...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 19
  • Visit Today : 36
  • Visitors Total : 16243
  • Visit Total : 26218
Chat Whatsapp