Platmerah - Bongkar Fakta Tajam Dan Terarah

Mafia Tanah Bikin Gerah, Menteri Hadi Tak Akan Lindungi Pejabat BPN yang Terjerat Kasus Mafia Tanah

Sab, 16 Jul 2022 02:09:46pm Dilihat 498 kali author Rintos Sastro Sinambela

PLATMERAH || JAKARTA || Enam pejabat Badan Pertahanan Nasional (BPN) di sejumlah wilayah ditangkap polisi karena diduga terlibat kasus mafia tanah. Juru bicara Kementerian ATR/BPN T Hari Prihantono mengungkapkan Menteri Hadi Tjahjanto tak merasa nyaman atas kejadian-kejadian tersebut.
“Tentu, sebagai pimpinan, Pak Hadi juga merasa tidak nyaman dengan kejadian-kejadian belakangan ini,” kata Hari dalam diskusi ‘Mafia Tanah Bikin Gerah’ di YouTube MNC Trijaya, Dilansir dari detik.com hari ini, Sabtu (16/7/2022).

Hari mengatakan Hadi, yang mahir di medan tempur, tentunya tidak akan mengorbankan anak buahnya.

“Tidak ada seorang pimpinan, apalagi seorang pimpinan yang terbukti andal dalam medan tempur, akan mengorbankan anak buahnya, itu tidak, tapi melindungi jika tidak (salah),” katanya.

“Kalau terbukti bersalah dan pihak kepolisian, yang mempunyai kewenangan dalam penyidikan itu dan itu terbukti, dipersilakan dan kami juga bersama akan memprosesnya di internal,” sambungnya.

Selanjutnya, Hari mewakili Kementerian ATR/BPN tentu berharap kejadian ini tidak berulang. Tapi pihaknya tentu tidak pandang bulu untuk menuntaskan mafia tanah di tingkat eselon I sekalipun.

“Tapi, sekali lagi, kita tentu juga tidak berharap kemudian dari satu, dua, tiga, empat kasus yang mengemuka hari ini besok menjadi seratus dan sebagainya. Tentu tidak. Kita tentu berharap ini adalah yang terakhir,” ujarnya.

“Siapa pun (termasuk eselon I). Pesan Bapak Menteri, siapa pun, baik di pusat, di daerah, di provinsi, maupun pihak-pihak eksternal yang bermain, tidak mengenal pandang bulu,” imbuhnya.

Sejauh ini total ada enam pejabat BPN yang ditangkap polisi. Mereka ditangkap di beberapa wilayah. Dua di antaranya PS, yang merupakan Koordinator Substansi Penataan Pertanahan BPN Jakarta Utara saat tindak pidana terjadi, dan MB, yang merupakan Ketua Tim Adjudikasi PTSL BPN Jakarta Utara.

PS dan MB serta dua pejabat lainnya ditetapkan tersangka bersama 25 orang lainnya. Puluhan tersangka itu terdiri atas pegawai tidak tetap di BPN wilayah Jakarta dan Bekasi, ASN pemerintahan, kepala desa, hingga orang jasa perbankan.

Dua pejabat BPN lainnya yang terlibat kasus mafia tanah di Bekasi kemudian ditangkap juga. Dua pejabat tersebut adalah Kepala Kantor BPN Kota Palembang berinisial NS (50) dan Kasi Survei Kantor BPN Bandung Barat RS (58). RS sebelumnya menjabat Kasi Pengukuran dan Pemetaan Kantor BPN Bekasi Kabupaten.

Selain RS dan NS, polisi menangkap pensiunan pejabat BPN berinisial PS (59). PS sebelumnya merupakan mantan Koordinator Pengukuran Kantor BPN Kabupaten Bekasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Karang Taruna TP-PKK, dan Masyarakat Kelurahan Cipayung,Depok  Peduli Cianjur

Sab, 3 Des 2022 07:49:16am

Karang Taruna TP-PKK, dan Masyarkat Kelurahan Cipayung,Depok  Peduli Cianjur Platmerah.net,Depok-Pemuda hari ini adalah pemimpin masa yang akan...

Lanud Husein Sastranegara Kembali

Jum, 2 Des 2022 08:41:51pm

  Platmerah.net, Cianjur,- Lanud Husein Sastranegara kembali mengirimkan bantuan logistik korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa...

Prajurit TNI AU Gelar Doa Bersama Dengan Warga Korban Gempa Cianjur.

Jum, 2 Des 2022 08:39:35pm

  Platmerah.net, Cianjur,- Personel Lanud Husein Sastranegara, Wing 1 Kopasgat dan personel RSAU dr. M Salamun, yang tergabung dalam Tim Satuan...

Sektor 2 Citarum Harum Laksanakan Penghijauan Lahan Kritis, Pembersihan

Jum, 2 Des 2022 08:36:54pm

Platmerah.net, Pacet, Kab Bandung,- Sungai terpanjang di tatar Pasundan adalah Sungai Citarum, merupakan sungai yang terbentang 297 kilo meter yang...

La Songo : Kehadiran Kementrian PUPR Bukti Perjuangan Ketua Komisi V, Ir Ridwan Bae

Jum, 2 Des 2022 01:38:42pm

Kendari || PLATMERAH.NET || Ketua Dewan Pengurus Daerah Persatuan Pewarta Warga Indonesia (DPD PPWI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) La Songo...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 68
  • Visit Today : 102
  • Visitors Total : 32161
  • Visit Total : 56027
Chat Whatsapp