Platmerah - Bongkar Fakta Tajam Dan Terarah

Pj Bupati Muara Enim Launching Ruas Jalan Desa Pagar Dewa – Pagar Agung, Karya Bhakti TNI Tahun 2021

Jum, 1 Apr 2022 09:56:26pm Dilihat 392 kali author aldo muara enim
B993EAB9-30FE-4817-92D0-55D4EC3F32BC

PLATMERAH I MUARA ENIM (SUMSEL) – Setelah pagi harinya terlebih dahulu meresmikan Peningkatan Ruas Jalan Simpang Aur – Desa Muara Harapan, Kecamatan Muara Enim, Jumat pagi (01/04/2022), Pj Bupati Muara Enim Dr.H.Nasrun Umar,S.H.,M.M (HNU) dan rombongan langsung bertolak menuju ke Kecamatan Tanjung Agung untuk melakukan Launching Ruas Jalan Desa Pagar Dewa, Kecamatan Tanjung Agung – Desa Pagar Agung Kecamatan Semende Darat Laut (SDL), sepanjang 27,6 Km dengan lebar 10 meter dalam Karya Bhakti TNI Tahun 2021.
 
Pj Bupati dalam sambutannya menyampaikan, sebagaimana yang telah ia lakukan pagi tadi saat meresmikan Peningkatan Ruas Jalan Simpang Aur – Desa Muara Harapan yang menghubungkan Lubai Ulu, bahwa Karya Bhakti TNI ini dimulai dan dibuka di tempat yang sama seperti saat Ceremony pembukaan tahun 2021 kemarin.
 
“Saat itu (26/08/2021), masih bersama Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Erwin Iswari, yang kemudian karena mutasi dalam suatu organisasi dalam TNI khususnya di Kodim 0404 sedemikian cepatnya. Dan hari ini saya minta hadir Dandim 0404 yang baru yakni Letkol Arh. Rimba Anwar, S.I.P, M.IP., untuk hadir sekaligus perkenalan dengan masyarakat desa Pagar Dewa, bahwa inilah Dandim 0404 Muara Enim yang baru,”ujar HNU mengawali sambutannya.
 
Untuk itu lanjut HNU, atasnama pemerintah kab. Muara Enim hari ini merupakan suatu hari yang berbahagia bagi kita semua, karena rasanya sudah belasan tahun akses jalan Pagar Dewa Kecamatan Tanjung Agung ke Jalan Desa Pagar Agung Kecamatan Semende Darat Laut(SDL) sudah ada, tapi belum dapat di manfaatkan secara optimal oleh masyarakat.
 
“Nah, dengan adanya Karya Bhakti TNI yang dilaksanakan tahun 2021 dengan dana Rp. 5 miliar. Alhamdulillah, yang tadinya dari desa Pagar Dewa ke desa Pagar Agung Kec.SDL harus melewati Simpang Meo kalau naik mobil (Angkot,red), sekarang sudah bisa walaupun belum nyaman karena belum di aspal, nanti kalau sempat tidak keburu waktu sholat Jum’at, saya akan tes pakai motor meski tidak sampai ujung. Aku pengen nanti ini jalan semuanya mulus, Bapak-bapak bisa tidur dari Desa Pagar Dewa ke Desa Pagar Agung tau-tau sudah sampai di Pagar Agung dan sebaliknya. Tadinya kalau kita lewat Muara Meo/Simpang Meo bisa 2 jam, sekarang cukup barang kali 30 menit. Dan tentunya ini membuka terisolirnya suatu daerah agar bisa mengeluarkan hasil-hasil produksinya atau SDA nya keluar. Kalau nanti pendek jaraknya, maka produksi akan rendah, dan ketika kalau biaya produksi rendah tentu yang di untungkan adalah para masyarakatnya yang melakukan aktivitas ekonominya, menghasilkan kopi, dan pertanian lain sebagainya,”jelas HNU.
 
Dikatakan HNU, sebagai mana yang telah ia lakukan di Desa Harapan Jaya 1 yang menghubungkan antara Lubai Ulu Kab. Muara Enim yang sudah dibuka. “Kenapa saya lakukan itu? Karena sebetulnya yang paling utama didalam pembangunan suatu daerah, kita harus buka isolir suatu daerah dengan daerah yang lain. Jadi harus ada hubungan yang koneksivitas, harus ada hubungan yang luas yang bisa dilalui antar daerah,”tegasnya.
 
Oleh sebab itu Pj Bupati pada kesempatan ini mengucapkan terima kasih kepada TNI khususnya Komandan Kodim 0404 Muara Enim yang telah mampu menyelesaikan tugasnya dalam Karya Bhakti TNI, bersama-sama dengan suporting dari Pemerintah Kab. Muara Enim sebesar Rp.5 miliar.
 
“Nak dibagusi lagi dak jalan ini? Tanya HNU kepada perwakilan masyarakat Pagar Dewa yang hadir. Saya sudah menganggarkan Rp.4 miliar di tahun ini untuk dapat bagusi lagi jalan ini setelah sudah dibuka. Dan nanti pada ABT atau di anggaran belanja tambahan/perubahan saya target kan/tambahkan minimal Rp.10 miliar, ini ada dari Bappeda,”tegas HNU lagi, yang langsung di sambut tepuk tangan dari warga Pagar Dewa yang hadir di acara tersebut.
 
Masih kata HNU, sebenar tahun ini ia sudah alokasikan anggaran sebesar Rp.15 miliar, tetapi karena kepala dinas PUPR ada skala yang lebih prioritas yang harus di kerjakan, sehingga harus dilakukan rasionalisasi jadi baru di kasih Rp.4 miliar dan nanti akan ditambah lagi di anggaran perubahan menjadi Rp.10 miliar. 
 
“Tahun 2022 ini dengan anggaran Rp.4 miliar. Saya berharap pak Eko Kadin PUPR, kalau dimungkinkan secara aturan, kasihkan lagi Karya Bhakti TNI ini. Sehingga yang pertama TNI bisa lebih manunggal dengan rakyat dan yang kedua kalau saya liat kalo TNI yang melaksanakannya, banyak sekali kemudahannya. Kalu jingok baju loreng yang turun dilapangan, yang tadinyo awalnyo idak nginjuk izin, langsung diberi izin, yang tadi nyo panjang cerito nyo, jadi idak panjang lagi ceritonyo. Jadi hari inipun saya canangkan dengan segala aturan yang dimungkinkan, saya berharap, peningkatan jalan Pagar Dewa-Pagar Agung dapat dilaksanakan kembali oleh Karya Bhakti TNI. Tapi kepada masyarakat tolong bantu kami, tanpa bantuan dan kontribusi dari masyarakat maka tentu ini juga mustahil bisa terlaksana dengan baik,”tutup HNU. 
 
Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 0404 Muara Enim yang baru, Letkol Arh. Rimba Anwar, S.I.P, M.IP mengucapkan terima kasih atas suport dari Pemkab Muara Enim dalam kegiatan Karya Bhakti TNI ini.
 
“Perlu saya sampaikan untuk pekerjaan seperti ini kami dari Kodim 0404 Muara Enim tanpa di suport dengan yang sangat besar dari Pemkab Muara Enim, dalam hal ini pak Bupati, maka pembangunan jalan ini tidak akan berjalan dengan lancar. Tapi dengan suport yang sangat besar dari Pemda untuk membuka jalan ini bersama dukungan masyarakat dan pemerintah desa akhirnya jalan ini bisa terbuka,”ucap Letkol Arh. Rimba Anwar yang baru menjabat Dandim 0404 Muara Enim sejak dua minggu ini. 
 
Ia juga berharap semoga dengan terbukanya jalan ini dapat memudahkan akses, baik itu untuk memudahkan jalan menuju ke wilayah kecamatan Semendo, maupun sebaliknya dan juga dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat setempat. 
 
“Dan semoga dari apa yang telah di sampaikan dalam doa tadi, kedepan kegiatan untuk tahap berikutnya, mudah-mudahan kita akan terus di suport lagi oleh pak Bupati, baik itu pembangunan jalan, RTLH atau Rumah Tidak Layak Huni, karena beliau pak Bupati sangat sering turun ke bawah untuk melihat kondisi dan kehidupan-kehidupan masyarakatnya,”pungkasnya.
 
Turut hadir diacara tersebut, Kapolres Muara Enim diwakili oleh Kapolsek Tanjung Agung AKP. Feri Firdayanto, Camat Tanjung Agung Sahlan, S.H., M.Si, Danramil 404-05 Tanjung Enim Kapt. Czl Sujarwo, Kepala Desa (Kades) Pagar Dewa Hamdan beserta Ketua dan anggota BPD, para Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemkab Muara Enim, Ibu-ibu PKK desa Pagar Dewa, serta para Tokoh Agama, tokoh Masyarakat,dan tokoh Pemuda setempat. (HAI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Karang Taruna TP-PKK, dan Masya karat Kelurahan Cipayung,Depok  Peduli Cianjur

Sab, 3 Des 2022 07:49:16am

Karang Taruna TP-PKK, dan Masyakarat Kelurahan Cipayung,Depok  Peduli Cianjur Platmerah.net,Depok-Pemuda hari ini adalah pemimpin masa yang akan...

Lanud Husein Sastranegara Kembali

Jum, 2 Des 2022 08:41:51pm

  Platmerah.net, Cianjur,- Lanud Husein Sastranegara kembali mengirimkan bantuan logistik korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa...

Prajurit TNI AU Gelar Doa Bersama Dengan Warga Korban Gempa Cianjur.

Jum, 2 Des 2022 08:39:35pm

  Platmerah.net, Cianjur,- Personel Lanud Husein Sastranegara, Wing 1 Kopasgat dan personel RSAU dr. M Salamun, yang tergabung dalam Tim Satuan...

Sektor 2 Citarum Harum Laksanakan Penghijauan Lahan Kritis, Pembersihan

Jum, 2 Des 2022 08:36:54pm

Platmerah.net, Pacet, Kab Bandung,- Sungai terpanjang di tatar Pasundan adalah Sungai Citarum, merupakan sungai yang terbentang 297 kilo meter yang...

La Songo : Kehadiran Kementrian PUPR Bukti Perjuangan Ketua Komisi V, Ir Ridwan Bae

Jum, 2 Des 2022 01:38:42pm

Kendari || PLATMERAH.NET || Ketua Dewan Pengurus Daerah Persatuan Pewarta Warga Indonesia (DPD PPWI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) La Songo...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 39
  • Visit Today : 45
  • Visitors Total : 32132
  • Visit Total : 55970
Chat Whatsapp