Rakor PKH, Padatkan Pondasi Aksi Pengentasan Kemiskinan

Kam, 2 Mar 2023 05:40:22pm Dilihat 511 kali author lili purwakarta
WhatsApp Image 2023-03-02 at 16.17.18
[Sassy_Social_Share]

PURWAKARTA – Selain untuk mempererat tali silaturahmi, agenda Rapat Koordinasi Sumber Daya Manusia Program Keluarga Harapan (Rakor SDM PKH) Kabupaten Purwakarta juga bertujuan untuk memadatkan pondasi dan merencanakan aksi dalam pengentasan kemiskinan di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Dalam agenda yang digelar di Anomali Cafe Desa Dangdeur Kecamatan Bungursari, Kamis 02 Maret 2023 itu tampak hadir Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika bersama jajaran Dinsos P3A yang dipimpin Didi Suardi.

Dalam sambutannya, Bupati Purwakarta menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas diselenggarakannya kegiatan Rapat Koordinasi SDM Program Keluarga Harapan Kabupaten Purwakarta tahun 2023 ini.

Menurutnya, penyelenggaraan kesejahteraan sosial sangatlah penting bahkan harus ditingkatkan. Disisi lain, tantangan data menjadi fokus untuk terus bekerja nyata dengan data dan menjawab kebutuhan masyarakat serta menghadapi tantangan di masa mendatang.

“Untuk itu, diperlukan adanya kolaborasi dan konvergensi antara Pemda melalui Dinsos P3A dengan para pendamping sosial. Hal ini akan menjadi kunci dalam menjawab tantangan dimasa mendatang yang lebih komplek kebutuhan dan permasalahannya,” ujar Ambu Anne.

Lanjut Ambu Anne, pendamping sosial dalam pelaksanaan bantuan sosial adalah sebagai motor penggerak perubahan masyarakat untuk keluar dari jurang kemiskinan. Menurutnya, kini pendamping sosial kian beragam.

“Mulai dari Sagis, yaitu program yang memetakan rumah KPM, survei kemiskinan dan survei program yatim piatu yang membuat para pendamping harus apruk-aprukan atau keliling desa, hingga program permakanan atau pokmas bagi lansia. Dimana Kabupaten Purwakarta menjadi role model untuk pelaporan di Kementerian Sosial dan Rumah Sejahtera Terpadu,” beber Ambu Anne.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dirangkum penulis, tahun 2023 ini KPM PKH sudah masuk tahap verifikasi perbankan dan proses SPM. Selain itu, ada juga bantuan sembako yang didampingi sebanyak 84 pendamping dan 2 koordinator kabupaten yang mendampingi 17 kecamatan dan 192 desa dan kelurahan di Purwakarta.

Sementara, Korkab II SDM PKH Kabupaten Purwakarta Agus mengucapan terimakasih atas kehadiran Bupati Purwakarta yang menyempatkan hadir disela-sela kesibukannya.

Dalam Rakor, selain menyapa seluruh pendamping PKH, Ambu Anne juga berkenan untuk berdiskusi dengan seluruh SDM PKH tentang keluh-kesah pendampingan di lapangan. Ia sangat mengapresiasi kinerja pendamping PKH.

“Alhamdulillah, sebagi bentuk apresiasi ibu bupati akan memberikan sekretariat untuk Pendampng PKH Kabupaten yang represenntatif di gedung eks Puskesmas Maracang. Tak hanya itu, bupati juga siap memperjuangkan kesejahteraan pendamping dari mulai menambah biaya operasional pendamping, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan untuk pendamping,” demikian Agus.

News Feed

Pj. Bupati Muara Enim Lepas 450 Prajurit Satgas Pamtas Yonif 141/AYJP ke Perbatas RI-PNG

Kam, 13 Jun 2024 04:04:58pm

Platmerah.Net I MUARA ENIM (SUMSEL) - Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Ahmad Rizali, M.A., melepas 450 prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 141 Aneka...

Pendidikan Kejuruan Bintara Infanteri TNI AD Tahun 2024 Resmi Dibuka oleh Dandodiklatpur di Baturaja OKU

Kam, 13 Jun 2024 03:38:42pm

Platmerah. Net I BATURAJA (OKU) - Bertempat di Lapangan Chandra Dimuka Dodiklatpur Rindam II/Swj, Kemelak Batu Raja, Kabupaten Ogan Komering Ulu...

Pengunjung Sky Deck Bundaran Hotel Indonesia (HI) Kecewa Fasilitas Pelayanan Tidak Berfungsi.

Sel, 11 Jun 2024 03:20:34pm

Pengunjung Sky Deck Bundaran Hotel Indonesia (HI) Kecewa Fasilitas Pelayanan Tidak Berfungsi.   PlatMerah.Net,Jakarta- Sudah beberapa hari...

Sidang Paripurna Depok Bahas RPJPD Kota Depok 2025-2045

Sel, 11 Jun 2024 09:33:29am

Sidang Paripurna Depok Bahas RPJPD Kota Depok 2025-2045 Platmerah.net, Depok-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat...

Serikat Petani Jawa Barat Dukung KH.Dr M.Idris Lc.MA Maju Pilkada Jabar.

Ming, 9 Jun 2024 05:14:41pm

Walikota Depok KH Mohammad Idris Dan Sekretaris Panitia Pardong Serikat Petani Jawa Barat Dukung KH.Dr M.Idris Lc.MA Maju Pilkada...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 5
  • Visit Today : 6
  • Visitors Total : 78355
  • Visit Total : 145320