Screenshot_2023_0225_103031
[Sassy_Social_Share]

PLATMERAH.NET-Sarana dan Prasarana merupakan aspek yang tidak dapat dilepaskan keterkaitanya dengan perkembangan suatu wilayah bahkan suatu negara. Sarana dan Prasarana memegang peran penting dalam meningkatkan dan menopang berbagai aspek sektoral sebagai rangkaian sistem yang menjadi kerangka berjalanya semua kegiatan dari berbagai aspek. Mengingat pentingnya peran Prasarana dalam mendukung integrasi pertumbuhan ekonomi, Pusat Studi Perencanaan Pembangunan Pengembangan Prasarana (PSP4) menginisiasi peluang dengan menggencarkan berbagai kegiatan dan kajian dalam bidang Prasarana.

“Kami banyak melakukan kajian dan kegiatan perencanaan prasarana, untuk saat ini khususnya kami berfokus pada pengembangan transportasi, sehingga harapan ke depan, transportasi baik dari segi intermoda, antarmoda dan multimoda dapat berjalan efektif”, ungkap Ketua Umum PSP4 Dr. Ir. Lucky Caroles, S.T., M.T., IPM, dalam prosesi penerimaan Rekor MURI dengan tajuk Penulis Buku Teknik Prasarana dan Transportasi dalam Setahun, di Jakarta, Jumat 24/02/2023.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pakar PSP4 Prof. Ir. Sakti Adji Adisasmita, M.Si., M.Eng.Sc., Ph.D., IPU., ASEAN.Eng juga meraih Rekor MURI dengan tajuk Penulis Buku Teknik Transportasi dan Bandar Udara Terbanyak. Kedua tajuk rekor yang diraih telah mendapat persetujuan, verifikasi dan pengakuan oleh pihak Persatuan Insinyur Indonesia (PII).
Dalam prosesi tersebut, turut hadir Direktur Eksekutif PII Pusat Ir. Habibie Razak, IPU., ACPE., APEC Eng, Sekretaris Umum PSP4 Pramudyo Bayu Pamungkas, S.T., CEO Penerbit Wawasan Ilmu Nur Wahid, S.H., M.H, Direktur Utama Graha Ilmu Josep Ediyanto dan beberapa tamu lain.

“Sebuah kota dapat berkembang dengan baik jika ada empat prasarana penting sudah tersedia, diantaranya transportasi, sumber daya air, listrik dan komunikasi. Oleh karena itu kami berfokus menginisiasi dari sisi transportasi, mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan yang membutuhkan perhatian khusus dalam hal aksesibilitas dan konektivitas transportasi wilayah”, tutur Ketua Dewan Pakar PSP4, Prof Sakti.

Perkembangan transportasi saat ini diketahui sedang masif berjalan seperti dengan adanya berbagai rencana bandar udara baru di berbagai daerah, infrastruktur rel, dan adanya rencana tol laut.

“Kami mendukung sepenuhnya untuk pengembangan transportasi, karena kami juga mempunyai andil serta tugas penting dalam berperan serta, bersinergi sebagai pihak yang diwajibkan memiliki expertise terkait aspek teknisnya”, ungkap Direktur Eksekutif PII Habibie Razak.

Dalam kesempatan yang sama, CEO Penerbit Wawasan Ilmu dan Direktur Utama Graha Ilmu mengungkapkan bahwa penerbitan buku merupakan salah satu langkah untuk memberikan multiplier effect sebagai pendorong pengembangan keilmuan. Menurut mereka, buku merupakan jendela bersama untuk mencari acuan yang valid. Menulis buku merupakan hal yang relatif sulit karena diwajibkan untuk memberikan pandangan yang komprehensif. Penerbit sangat apresiasi upaya dari PSP4 ini, terutama mengingat pentingnya transportasi wilayah bagi kepentingan publik.

Ketua PSP4 berharap bahwa dengan pemecahan rekor ini, bukan berarti suatu pencapaian yang final, namun sebagai bab baru dalam upaya peran serta mengembangkan transportasi di Indonesia. Dengan berbagi ilmu melalui buku, dinilai dapat menjadi katalis tersendiri bagi peningkatan wawasan pembangunan.

“Syukur, saya mengucapkan terima kasih kepada keluarga dan semua pihak yang membantu mencapai rekor ini. Kami berharap melalui PSP4 kami bisa memberikan sumbangsi yang lebih besar dan nyata bagi pembangunan di negeri ini. Baik melalui peran kita sebagai warga negara Indonesia, sebagai seorang akademisi, maupun sebagai seorang praktisi. Terima kasih”, pungkas Lucky, Ketua Umum PSP4.

News Feed

180 Koordinator Masyarakat Di Tiga Kecamatan “Saboci” Bertekad Menangkan SS.

Jum, 19 Jul 2024 08:24:42pm

180 Koordinator Masyarakat Di Tiga Kecamatan  Dapil 6 "Saboci" Bertekad Menangkan SS. Platmerah.net,Depok- H. Iman Yuniawan Politisi Partai...

Ratusan Massa Geruduk Kantor Pemkot  Dan Gedung DPRD Depok

Kam, 18 Jul 2024 04:10:39pm

  Ratusan Massa Geruduk Kantor Pemkot  Dan Gedung DPR Depok Platmerah.net,Depok-Forum Penyelamat Pendidikan Kota Depok yang tergabung dari...

Dede Yusup: Demokrat Ajukan B1KWK untuk Pasangan Kang DS Ali Syakieb di Pilbup Bandung

Kam, 18 Jul 2024 08:45:28am

KAB. BANDUNG   PLATMERAH NET.  - Ketua DPP Partai Demokrat Dede Yusuf Macan Efendi menyatakan,  pihaknya menyambut baik atas rekomendasi DPP...

Menilik Akar Dan Solusi Konflik Tambang Di Indonesia.

Rab, 17 Jul 2024 06:02:23pm

  Oleh: Dr.Yossita Wisman,M.M.Pd (Dosen S2 Program studi Pendidikan IPS/Pengamat Sosial Dan Budaya/Sekjen Perkumpulan Intelektual Dayak...

PWI Beri Materi Cerdas Bermedsos di 34 MPLS SMPN di Depok.

Sel, 16 Jul 2024 10:20:21am

PWI Beri Materi Cerdas Bermedsos di 34 MPLS SMPN di Depok. Platmerah.net,Depok-Saat ini bermedsos menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari....

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 69
  • Visit Today : 71
  • Visitors Total : 81435
  • Visit Total : 149862