Tertembak Saat Kampanye Mantan PM Jepang Shinzo Abe Tak Sadarkan Diri

Jum, 8 Jul 2022 11:51:11am Dilihat 1197 kali author lili purwakarta
[Sassy_Social_Share]

PLATMERAH – Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (67) dilarikan ke rumah sakit, setelah dikabarkan tertembak di bagian dada saat berkampanye di Nara, dekat Stasiun Yamatosaidaiji, Jumat (8/7) sekitar pukul 11.30 waktu setempat.

Dia pun segera dilarikan ke rumah sakit, dan langsung tak sadarkan diri. Sepertinya, politisi Partai Demokratik Liberal itu mengalami henti jantung.

Seorang pria paruh baya yang diduga menjadi pelaku penembakan, sudah diamankan polisi.

Insiden penembakan ini benar-benar mengejutkan publik. Pasalnya, Jepang adalah negara yang memiliki undang-undang senjata paling ketat di antara negara ekonomi terkemuka. Jarang sekali terjadi penembakan di Negeri Sakura.

Selama pemerintahannya, Abe berhasil membawa stabilitas ekonomi yang baik. Sebelum ditunjuk pada tahun 2012, Jepang sempat mengalami enam kali gonta-ganti Perdana Menteri. Dikutip dari RM.id.

Tangan dingin Abe berhasil meloloskan Jepang dari jerat deflasi. Abenomics yang digagasnya, berhasil menghidupkan kembali ekonomi Jepang.

Dia juga menghadapi pemerintahan Amerika Serikat di bawah Donald Trump, yang mempertanyakan satu-satunya aliansi militer negara itu. Serta meningkatkan hubungan dengan mitra dagang terbesarnya China, yang juga sempat bersitegang dengan Jepang selama beberapa dekade.

Abe resmi mengumumkan pengunduran diri dari jabatannya karena alasan kesehatan, pada 28 Agustus 2020. Kala itu, dia disebut mengalami radang sistem pencernaan yang terus memburuk.

Abe yang tak ingin penyakitnya mengganggu pengambilan keputusan, minta maaf kepada rakyat Jepang karena tidak bisa menyelesaikan masa jabatannya.

Pria kelahiran Shinjuku, Tokyo 21 September 1954 itu merupakan salah satu Perdana Menteri Jepang terlama, setelah masa Perang Dunia II, dengan masa jabatan 8 tahun.

News Feed

Warga Pondok Jaya, Cipayung Depok, Dukung Supian Suri Menjadi Walikota

Jum, 24 Mei 2024 06:26:19pm

Warga Pondok Jaya, Cipayung Depok, Dukung Supian Suri Menjadi Walikota Platmerah.Net,Depok- Kembali dukungan datang dari masya rakat Kota Depok...

Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali Tinjau Warga Terdampak Banjir akibat Luapan Sungai Enim di Tanjung Enim

Kam, 23 Mei 2024 08:58:32pm

Platmerah.Net I TANJUNG ENIM (SUMSEL) - Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap ribuan warga masyarakat dibeberapa desa dalam Kecamatan Lawang Kidul...

Partai Gerindra Kota Depok Rekomendasikan  Dukungan Kepada Supian Suri Menjadi Bacalon Walikota Depok.

Kam, 23 Mei 2024 07:17:46pm

Partai Gerindra Kota Depok Rekomendasikan  Dukungan Kepada Supian Suri Menjadi Bacalon Walikota Depok. Platmerah.net,Depok- Setelah melalui...

Polres Bandara Soekarno-Hatta Gagalkan Penyelundupan Puluhan Ribu Benih Lobster.

Rab, 22 Mei 2024 10:43:07am

  Polres Bandara Soekarno-Hatta Gagalkan Penyelundupan Puluhan Ribu Benih Lobster. Platmerah.Net,Jakarta - Kepolisian resor Bandara...

MoU KOPITU Dengan Direktur PSP Kementan, Dalam Mendukung Program Ketahanan Pangan

Rab, 22 Mei 2024 10:16:31am

MoU KOPITU Dengan Direktur PSP Kementan, Dalam Mendukung Program Ketahanan Pangan Platmerah.Net, Jakarta -Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 38
  • Visit Today : 69
  • Visitors Total : 77631
  • Visit Total : 144054