Direktur Parameter Politik Indonesia : Sangat Mungkin Prabowo Di-SBY-kan oleh Megawati

Kam, 13 Jul 2023 09:14:07am Dilihat 564 kali author lili purwakarta
5d37f2f1e1f45
[Sassy_Social_Share]

JAKARTA – Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menilai hubungan PDIP dan Partai Gerindra saat ini berjarak setelah empat tahun cukup mesra di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Adi bahkan menilai Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto ‘di-SBY-kan’ oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Ini yang saya anggap, lihat dari jauh, jangan-jangan Prabowo sudah merasa difaksikan sebagai orang yang memang dianggap sebagai rival,” kata Adi Prayitno saat diskusi Adu Perspektif yang diadakan detikcom dan Total Politik, Rabu (12/7/2023).

Adi menilai politik Indonesia gampang berganti musim. Hal tersebut dinilai rumit, sebab empat tahun Prabowo bersama koalisi Jokowi, PDIP dan Gerindra. Dikutip dari detik.com 

“Tapi belakangan karena soal elektabilitas Gerindra dapat momentum, Prabowo dapat momentum. Makin rumit mempertemukan kutub ini,” ujarnya.

Kemudian, Adi Prayitno menilai sangat terbuka Partai Gerindra kini posisinya seperti Partai Demokrat pada Pilpres 2004, di mana PDIP menempatkan Demokrat sebagai rival hingga Pilpres 2019. Ketua Majelis Tinggi PD Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY tak pernah satu pilihan politik dengan Megawati sejak 2004.

“Menurut saya, sangat mungkin Gerindra itu di-Demokrat-kan,” ucapnya.

Menurut Adi, ada kemiripan posisi Partai Gerindra saat ini dengan Demokrat pada 2004 lalu, di mana saat ini Prabowo masih bagian pemerintahan Jokowi. Sementara pertanyaan Prabowo untuk bertemu Megawati pun hingga kini belum dijawab oleh pihak PDIP dan Megawati.

“Ya sangat mungkin Prabowo akan di-SBY-kan (oleh Megawati), dalam tanda kutip jadi rival di 2024,” sebut Adi.

“Dulu teman, SBY sama Mega berteman, lalu jadi rival,” tambahnya.

Senada dengan Adi Prayitno, pakar ilmu komunikasi politik Effendi Gazali juga menaruh perhatian pada hubungan PDIP dan Gerindra saat ini. Effendi menyoroti tak hadirnya Prabowo dan elite Gerindra saat acara PDIP di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

“Kenapa di acara Puncak Bulan Bung Karno itu tidak ada Gerindra di situ? Padahal ini momentum loh ini, kata momentum ini harusnya dipelihara ke depan terus,” sebut Effendi.

Effendi Gazali mengungkit cerita politikus senior PDIP Panda Nababan yang mengantarkan pertanyaan Megawati kepada SBY, namun tidak dijawab oleh SBY. Tapi, beberapa waktu belakangan, Partai Demokrat dan PDIP bertemu dan cukup mesra.

“Sementara ini, dua orang ini (Puan dan AHY) bisa bertemu, melintasi lima pertanyaan fundamental menurut buku (Panda Nababan),” imbuhnya.

 

News Feed

Meriahkan HUT Bhayangkara Ke-78, Polres Purwakarta Gelar Liga Nepak Tiga Pilar

Kam, 20 Jun 2024 06:58:19pm

PURWAKARTA - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Bhayangkara, Polres Purwakarta menggelar pertandingan bulutangkis bertajuk Liga...

Supian Suri Dijadwalkan Hadir Pada Hari Krida Pertanian Di Tapos

Kam, 20 Jun 2024 03:07:29pm

Supian Suri Dijadwalkan Hadir Pada Hari Krida Pertanian. Platmerah.net,Depok-Hari Krida pertanian yang diperingati setiap tanggal 21 Juni sebagai...

Polisi Amankan Pelaku Pencabulan dan Kekerasan Terhadap Anak

Rab, 19 Jun 2024 05:39:45pm

CIAMIS - Polres Ciamis gelar Konferensi Pers Kasus Pencabulan dan Kekerasan Terhadap anak di bawah umur, yang terjadi di Kecamatan Panumbangan...

Satpoliarud Polres Purwakarta Ingatkan Hal Ini Untuk Masyarakat Beraktifitas Di Perairan

Rab, 19 Jun 2024 02:11:19pm

PURWAKARTA - Sebagai upaya deteksi dini permasalahan yang terjadi di wilayah perairan di Kabupaten Purwakarta, Satuan Polisi Perairan dan Udara...

Ketua DPD Partai Golkar Kota Depok Farabi  Pimpin Langsung  Penyembelahan  Tujuh Ekor Sapi..

Sel, 18 Jun 2024 11:31:01pm

DPD Partai Golkar Kota Depok Farabi  Pimpin Langsung  Penyembelahan  Tujuh Ekor Sapi.. Platmerah.net,Depok-Seperti juga tahun-tahun sebelumnya...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 9
  • Visit Today : 9
  • Visitors Total : 78621
  • Visit Total : 145715