Platmerah - Bongkar Fakta Tajam Dan Terarah

Presiden Jokowi Mencanangkan Revitalisasi Lapangan Merdeka, Upaya Pemkot Medan Mencapai Pembangunan Berkelanjutan

Kam, 7 Jul 2022 07:19:42pm Dilihat 218 kali author Rintos Sastro Sinambela
MN

PLATMERAH || MEDAN || Sebelumnya Pemko Medan berencana revitalisasi Lapangan Merdeka Medan, dengan menganggarkan Rp 93,5 miliar. Kode tender 13324308 dan saat ini dalam tahapan pengumuman pasca kualifikasi. Satuan kerja tender pada Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Kota Medan.

Diketahui, Pada hari Kamis (7/7/2022), Presiden Joko Widodo mencanangkan revitalisasi Lapangan Merdeka dalam rangka kunjungan kerja (kunker) presiden ke Provinsi  sumatera utara. didampingi oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution yang juga menantunya.

Selain Bobby, Jokowi turut didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini secara resmi saya nyatakan revitalisasi Lapangan Merdeka di Medan, Sumatera Utara dimulai,” kata Jokowi, dikutip dari siaran pers, Kamis.

Revitalisasi Lapangan Merdeka ini merupakan salah satu upaya Kota Medan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs).

Bobby menyebutkan, salah satu bagian Lapangan Merdeka yang direvitalisasi adalah pendopo yang akan dibuat menjadi panggung rakyat. Lapangan ini juga akan diintegrasikan dengan stasiun kereta api untuk mendukung pembangunan kawasan rendah karbon dan memperkuat potensinya sebagai transit hub dan transit oriented development (TOD).

“Nanti jadi buat panggung rakyat dan ini kita buat dua lantai tapi ke bawah. Di bawah nanti ada bangunan yaitu bangunan pertama museum, dan ruang pertemuan, dan ini integrated antara Lapangan Merdeka dan stasiun yang nanti akan kita buka aksesnya,” kata Bobby. Adapun konsep utama revitalisasi Lapangan Merdeka adalah pelestarian ruang kota bersejarah dan dinamika rancang kota kontemporer.

Revitalisasi Lapangan Merdeka akan mempertahankan pohon trembesi tua dan karakter lapangan terbuka untuk melestarikan nilai signifikansi sejarah dan nilai cagar budayanya. Revitalisasi Lapangan Merdeka juga dilakukan sebagai upaya konservasi lingkungan alam melalui konsep rain garden dan sponge city. Di samping itu, revitalisasi ini juga diharapkan akan menciptakan kembali ruang publik sebagai ruang perjumpaan dan ruang interaksi antarwarga kota. (PM/detik).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Karang Taruna TP-PKK, dan Masyarakat Kelurahan Cipayung,Depok  Peduli Cianjur

Sab, 3 Des 2022 07:49:16am

Karang Taruna TP-PKK, dan Masyarkat Kelurahan Cipayung,Depok  Peduli Cianjur Platmerah.net,Depok-Pemuda hari ini adalah pemimpin masa yang akan...

Lanud Husein Sastranegara Kembali

Jum, 2 Des 2022 08:41:51pm

  Platmerah.net, Cianjur,- Lanud Husein Sastranegara kembali mengirimkan bantuan logistik korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa...

Prajurit TNI AU Gelar Doa Bersama Dengan Warga Korban Gempa Cianjur.

Jum, 2 Des 2022 08:39:35pm

  Platmerah.net, Cianjur,- Personel Lanud Husein Sastranegara, Wing 1 Kopasgat dan personel RSAU dr. M Salamun, yang tergabung dalam Tim Satuan...

Sektor 2 Citarum Harum Laksanakan Penghijauan Lahan Kritis, Pembersihan

Jum, 2 Des 2022 08:36:54pm

Platmerah.net, Pacet, Kab Bandung,- Sungai terpanjang di tatar Pasundan adalah Sungai Citarum, merupakan sungai yang terbentang 297 kilo meter yang...

La Songo : Kehadiran Kementrian PUPR Bukti Perjuangan Ketua Komisi V, Ir Ridwan Bae

Jum, 2 Des 2022 01:38:42pm

Kendari || PLATMERAH.NET || Ketua Dewan Pengurus Daerah Persatuan Pewarta Warga Indonesia (DPD PPWI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) La Songo...

Baca Juga

Berita Terbaru

International

Fokus

Visitor

  • Visitor Today : 69
  • Visit Today : 109
  • Visitors Total : 32162
  • Visit Total : 56034
Chat Whatsapp